Kue Bagiak, Cemilan Khas Bali yang Cocok Jadi Pilihan Oleh-Oleh

Kue Bagiak

Memilih oleh-oleh berupa makanan kerap menjadi pertimbangan utama saat liburan. Alasannya bisa beragam, termasuk di antaranya adalah karena harganya yang relatif lebih murah dan bisa dibagikan dengan banyak orang sekaligus. Nah, saat liburan ke Bali Anda bisa menemukan beragam oleh-oleh makanan yang enak. Salah satu pertimbangannya adalah kue bagiak. Meski, kuliner ini juga bisa Anda temukan selagi berada di Banyuwangi.

Kue Bagiak 1 » Kue Bagiak, Cemilan Khas Bali yang Cocok Jadi Pilihan Oleh-Oleh

via Viva

Nama kue ini mungkin kurang begitu familier di telinga wisatawan. Popularitasnya masih kalah kalau dibandingkan dengan pie susu ataupun pia bali yang sudah begitu terkenal sebagai pilihan oleh-oleh makanan yang enak dari Pulau Bali. Namun, cita rasa yang ditawarkan oleh bagiak, tidak kalah jika dibandingkan dengan dua kue tersebut.

Cara Membuat Kue Bagiak Khas Bali

Kue yang satu ini biasanya memiliki bentuk potongan persegi panjang. Mendengar namanya, Anda juga akan teringat dengan kue berasal dari Sulawesi yang disebut dengan nama kue bagea. Keduanya memang punya kemiripan. Hanya saja, kue bagea biasanya dibuat dengan cara dibakar dan dibungkus menggunakan daun.

baca juga: Laklak Men Gabrug Denpasar, Sajikan Jajanan Tradisional Khas Bali Fresh From The Oven

Selain itu, bagea juga menggunakan campuran rempah-rempah seperti kayu manis serta cengkih. Kue bagea pun akan terasa memiliki aroma yang lebih wangi dibandingkan dengan bagiak dari Bali. Meski begitu, Anda tidak akan mendapati kue bagiak memiliki rasa yang tidak enak. Bahkan, kualitas rasa dari bagiak, begitu disukai oleh para wisatawan.

Sementara itu, kue bagiak khas Bali dibuat dengan bahan yang lebih sederhana. Kue ini menggunakan bahan utama berupa tepung sagu. Selanjutnya, Ada penambahan bahan lain di antaranya adalah minyak nabati, gula, serta mentega. Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menambahkan bahan seperti kelapa parut sangrai ataupun telur.

baca juga: Berkeliling Sanur Night Market Alias Pasar Malam Sindu, Aktivitas Antimainstream di Bali

Pilihan rasa dari kue bagiak khas Bali juga begitu beragam. Anda akan menemukan bagiak khas Bali yang ditawarkan dengan rasa jahe, susu, kayu manis, nanas, ataupun kacang. Kue ini punya ciri khas tekstur yang renyah saat digigit. Ukurannya yang tak begitu besar, sekitar ukuran jempol orang dewasa, membuatnya sebagai pilihan tepat ketika menikmati kopi ataupun teh pada sore hari.

Begitu Mudahnya Belanja Kue Bagiak Khas Bali yang Enak

Kue bagiak khas Bali ini bukanlah kue yang sulit untuk ditemukan. Anda dapat menjumpai kue ini dengan begitu mudah saat berkunjung ke toko pusat oleh-oleh di Bali, termasuk di antaranya adalah Krisna. Bahkan, saat ini Anda dapat pula menjumpai oleh-oleh kue bagiak dari Bali dengan memanfaatkan marketplace online.

Pilihan merek kue bagiak dari Bali juga begitu beragam. Salah satu merek bagiak yang terkenal adalah Bali Jejeg. Bagiak Bali Jejeg bisa Anda temukan dalam 4 varian rasa, yakni orisinal, pandan, nangka, serta stroberi. Harganya juga begitu mudah. Sekotak bagiak khas Bali dengan bobot 155 gram, bisa Anda peroleh cukup dengan mengeluarkan uang Rp15 ribu.

Menariknya lagi, kue ini terbilang sebagai kue yang mampu bertahan lama. Meski proses pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet, kue bagiak dapat bertahan dalam waktu lebih dari satu bulan. Oleh karena itu, Anda tak perlu khawatir kue ini kedaluarsa saat sampai di rumah. Selamat mencicipi dan semoga sesuai dengan selera, ya!