Lengis Tandusan, Minyak Kelapa Tradisional Penuh Manfaat dari Bali

Lengis Tandusan Bali

via Lengis n Telengis Bali

Masyarakat Bali di zaman dulu mengerti secara betul kalau kekayaan alam yang mereka miliki dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Kelapa menjadi salah satu kekayaan yang masuk dalam kategori ini. Masyarakat Bali pun terbiasa mengolah kelapa menjadi beragam jenis bentuk, termasuk di antaranya adalah lengis tandusan Bali.

lengis tandusan Bali 2 » Lengis Tandusan, Minyak Kelapa Tradisional Penuh Manfaat dari Bali

via Radar Bali

Lengis tandusan Bali merupakan minyak kelapa yang dibuat serta diolah secara tradisional oleh masyarakat Bali. Minyak kelapa ini memiliki beragam jenis kegunaan. Anda dapat menggunakannya selayaknya minyak goreng. Selain itu, bisa pula memanfaatkan minyak ini untuk minyak rambut ataupun perawatan kulit.

Cara Pembuatan Lengis Tandusan Bali

Minyak kelapa tradisional dari Bali ini sebenarnya bisa dibuat oleh siapa saja. Cara pembuatannya tidak begitu sulit. Alat-alat yang diperlukan juga tidak banyak. Hanya saja, Anda harus telaten dan sabar dalam membuatnya. Apalagi, proses pembuatan minyak ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

lengis tandusan Bali 1 » Lengis Tandusan, Minyak Kelapa Tradisional Penuh Manfaat dari Bali

via Lengis n Telengis Bali

Tahap pertama pembuatan lengis tandusan Bali diawali dengan membuat santan. Anda harus memastikan kalau santan yang dipakai merupakan santan asli. Kalau perlu, Anda bisa memerasnya sendiri dari kelapa. Jangan menggunakan santan yang dijual dalam kemasan di toko-toko.

Selanjutnya, Anda tinggal memasak santan tersebut. Anda tidak perlu menggunakan wadah khusus untuk memasaknya. Hal yang paling penting, Anda harus memastikan kalau pemasakan santan untuk pembuatan lengis tandusan Bali itu dilakukan dalam waktu sekitar 4 jam.

Setelah proses pemasakan cukup, Anda akan menemukan kalau ada bagian terpisah pada santan yang dimasak. Minyak akan muncul pada bagian atas. Minyak inilah yang disebut sebagai lengis tandusan Bali. Sementara itu, ampasnya jangan langsung dibuang. Ampas yang disebut dengan telengis ini bisa dimakan ataupun dibuat pepes.

baca juga: Pepes Telengis Khas Bali, Dijamin Tak Puas Kalau Hanya Satu Bungkus

Manfaat Lengis Tandusan Bali

lengis tandusan Bali 3 » Lengis Tandusan, Minyak Kelapa Tradisional Penuh Manfaat dari Bali

via Lengis n Telengis Bali

Minyak kelapa tradisional Bali ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu tinggi. Anda dapat memanfaatkannya untuk beragam jenis aktivitas. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai sarana untuk melembabkan bibir secara alami. Minyak kelapa ini juga berguna untuk menghilangkan rasa pegal serta linu.

Bagi para pengusaha spa, lengis tandusan Bali juga bisa dimanfaatkan. Pemakaian lengis tandusan untuk spa biasanya kerap disertai dengan campuran minyak lavender. Tidak kalah manjurnya, Anda juga bisa memanfaatkan lengis tandusan untuk mengatasi rambut yang pecah-pecah. Fungsinya sebagai minyak goreng juga bisa membuat masakan jadi lebih enak.

Untuk mendapatkan lengis tandusan yang asli tanpa campuran di Bali bisa cukup sulit. Apalagi, lengis tandusan yang ada di pasar, kerap sudah dalam kondisi tercampur, sehingga harganya murah. Untuk mendapatkan lengis tandusan Bali yang asli, Anda bisa berkunjung ke Karangasem. Di sini, ada cukup banyak produsen lengis tandusan tradisional.

baca juga: Mengetahui Perbedaan Pura Desa, Puseh, dan Pura Dalem

Memilih lengis tandusan sebagai sarana oleh-oleh juga jadi pilihan menarik. Apalagi, cara pengawetan minyak tandusan ini tidak terlalu sulit. Anda dapat menempatkannya di lemari es dalam wadah botol plastik. Hal yang perlu Anda ketahui, minyak lengis yang berkualitas, merupakan minyak yang gampang beku.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan minyak lengis di magic com untuk sarana pengawetannya. Anda tidak perlu khawatir kalau metode pengawetan di magic com bisa merusak nutrisi dari minyak ini. Suhu yang dimiliki oleh magic com tidak merusak struktur minyak.