Liburan Anti-Mainstream di Bali, Menginap Sekaligus Mencoba Yoga di Anand Ashram Ubud

Anand Ashram Ubud

Berlibur ke Pantai Kuta sudah biasa. Ingin coba hal yang berbeda di Bali? Datang saja ke Anand Ashram Ubud. Di sini, Anda berkesempatan untuk mencoba pengalaman liburan yang berbeda. Tempat ini tak sekadar hotel biasa, tapi juga dikenal sebagai fasilitas untuk melakukan yoga dan meditasi.

Anand Ashram Ubud ini kerap disebut-sebut sebagai tempat yang bisa menjadi sarana untuk merasakan suasana spiritual. Apalagi, menurut penganut agama Hindu, yoga memang dikenal sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada para dewa. Namun, tentu aktivitas ini tak terbatas pada penganut agama Hindu.

Anand Ashram Ubud 2 » Liburan Anti-Mainstream di Bali, Menginap Sekaligus Mencoba Yoga di Anand Ashram Ubud

Para wisatawan yang beragama lain juga diperbolehkan untuk turut serta mencoba yoga di sini. Alih-alih menganggapnya sebagai pengalaman spiritual, yoga bisa pula diperlakukan sebagai sarana untuk menjaga kebugaran. Oleh karena itu, tak heran kalau yoga begitu populer di berbagai penjuru dunia.

Tarif Menginap di Anand Ashram Ubud

Seperti yang telah disebutkan, Anand Ashram Ubud tak hanya menyediakan fasilitas meditasi serta yoga. Tempat ini juga sekaligus menyediakan tempat menginap untuk para pengunjung. Tarif yang dikenakan oleh pihak penginapan, berkisar antara Rp280 ribu sampai Rp420 ribu per malam.

Anand Ashram Ubud 1 » Liburan Anti-Mainstream di Bali, Menginap Sekaligus Mencoba Yoga di Anand Ashram Ubud

Terdapat 3 pilihan kamar yang bisa digunakan di Anand Ashram Ubud, yakni:

-Private Room
Private room memiliki kapasitas untuk 2 orang, dengan 2 tempat tidur single. Di dalamnya, tersedia pendingin kipas angin, kamar mandi shower air hangat, serta kamar mandi terpisah. Kamar ini dipatok dengan harga US$30 per orang atau sekitar Rp420 ribu per malam. Tersedia ekstra bed dengan tambahan biaya US$10 atau sekitar Rp140 ribu.

-Hut
Kamar ini hanya berkapasitas untuk 1 orang. Fasilitasnya tak jauh berbeda dengan private room, hanya saja tak ada fasilitas ekstra bed. Tarifnya pun sama, yakni Rp420 ribu per orang per malam.

-Female Dormitory
Terakhir adalah bunk bed di dorm wanita. Kamar ini berkapasitas untuk 6 orang dengan tarif US$20 per orang per malam atau setara Rp280 ribu.

Tarif tersebut tidak hanya dikenakan untuk sarana menginap. Pihak pengelola Anand Ashram juga menggunakan tarif tersebut sebagai biaya untuk memberi panduan kepada tamu selama di fasilitasnya. Para pengunjung pun memperoleh beberapa fasilitas selama menginap di sini, di antaranya adalah:

– Sarapan dan makan siang
– Air minum gratis
– Aksesinternet Wifi
– Handuk, selimut, serta seprai kasur yang diganti secara mingguan

Perlu diperhatikan, ketika menginap di sini, Anda tidak akan memperoleh fasilitas perlengkapan mandi seperti shampo, pasta gigi, sabun, dan sebagainya. Demikian pula tidak adanya fasilitas dapur ketika Anda ingin memasak makanan sendiri.

Peraturan yang Harus Ditaati Selama Menginap di Anand Ashram Ubud

Selama bermalam di sini, para pengunjung juga harus mematuhi beragam aturan. Aturan-aturan tersebut di antaranya adalah:

– Kewajiban makan makanan vegetarian. Tak diperbolehkan mengonsumsi daging, minuman beralkohol, merokok, ataupun narkoba.

– Para pengunjung diharuskan untuk mengenakan pakaian yang sopan.

– Semua tamu yang menginap, diharuskan untuk kembali ke fasilitas Anand Ashram Ubud paling lambat pukul 10 malam.

Selain itu, para tamu yang menginap minimal selama 3 hari. Kalau kurang dari 3 hari, tak boleh bermalam di sini. Pembayaran yang dikenakan juga merupakan sifatnya donasi, dan harus dibayarkan di muka. Sebagai tambahan, tamu juga tak diperbolehkan untuk meminta refund.

Tamu yang menginap di sini, minimal telah berusia 12 tahun. Waktu check in paling awal adalah pukul 1 siang. Sementara itu, waktu check out, paling akhir adalah pukul 11 siang.

gambar via Anand Ashram