Liburan Budaya Menyaksikan Pertunjukan Tari Barong Ubud

tari barong Ubud

via Shutterstock

Menyaksikan pertunjukan tari barong bisa jadi salah satu aktivitas menarik untuk mengisi waktu liburan ke Bali. Untuk menyaksikannya, Anda bisa menuju ke berbagai tempat yang ada di pulau seribu pura ini. Salah satunya, Anda dapat pula mempertimbangkan untuk menyaksikan pertunjukan Tari Barong Ubud.

tari barong Ubud 3 1024x576 » Liburan Budaya Menyaksikan Pertunjukan Tari Barong Ubud

via The Bali

Tari Barong Ubud diselenggarakan di kawasan Ubud yang terkenal sebagai pusat kesenian dan budaya. Dengan menyaksikan pertunjukan ini, Anda tidak akan kesulitan dalam mengatur itinerary liburan. Apalagi, kawasan Ubud juga dikenal sebagai wilayah yang penuh dengan pilihan destinasi menarik, termasuk di antaranya adalah Monkey Forest, Bukit Campuhan, ataupun rafting Sungai Ayung.

Keunikan Menyaksikan Pertunjukan Tari Barong Ubud

Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis tari barong yang ada di Bali, seperti barong macan, barong gajah, barung asu, ataupun barong ket. Nah, pertunjukan tari barong Ubud secara khusus hanya menampilkan pementasan tari barong ket. Tarian tradisional ini menggunakan barong yang merupakan kombinasi antara naga, sapi, macan, singa, serta ular.

tari barong Ubud 2 » Liburan Budaya Menyaksikan Pertunjukan Tari Barong Ubud

via Wisatabaliku

Barong ket memililik penampilan yang cukup mengerikan. Topeng barong didominasi oleh warna merah. Tubuh dari barong ket juga sangat tinggi dan panjang. Selanjutnya, di sekujur tubuh barong ket, Anda akan menjumpai keberadaan bulu yang dibuat dari serta daun tanaman kering.

Selain itu, barong ini dibuat dari kulit sapi yang di permukaannya terdapat beragam jenis ukiran. Sebagai tambahan, Anda akan melihat puluhan cermin kecil yang menempel di atas permukaan kulit sapi tersebut. Dengan penampilan seperti itu, tak heran kalau tari barong Ubud cukup menarik perhatian seolah memiliki magis tersendiri kepada para penontonnya.

tari barong Ubud 1 » Liburan Budaya Menyaksikan Pertunjukan Tari Barong Ubud

via Shutterstock

Untuk menggerakkan barong kat yang berukuran begitu besar itu, dibutuhkan 2 orang yang masing-masing ditempatkan di depan dan belakang. Penari yang ada di bagian depan, disebut dengan juru bapang pertama. Sementara itu, penari kedua yang posisinya di belakang, merupakan juru bapang kedua. Dalam pementasan tari barong ubud, biasanya disertai dengan tarian rangda.

Sosok rangda dan barong memang tidak bisa terlepaskan satu sama lain. Rangda di satu sisi merupakan simbol kejahatan yang ada di masyarakat Bali. Sementara itu, barong ket yang meski memiliki tampilan mengerikan, ternyata merupakan simbol dari kebajikan. Pementasan tari barong ubud, merupakan perseteruan antara kedua pihak bertentangan itu.

Tari barong Ubud yang memperlihatkan perseteruan antara barong ket dan Rangda disertai dengan suara musik tradisional. Alat musik tradisional yang dipakai adalah gamelan khas Bali yang disebut dengan gamelan semar pegulingan. Nada yang muncul dari gamelan ini, mungkin akan terdengar cukup aneh saat Anda mendengarnya pertama kali.

Jadwal dan Tarif Pertunjukan Tari Barong Ubud

Kalau Anda tertarik untuk menyaksikan pertunjukan tari barong Ubud, ada 4 lokasi di Ubud yang bisa dikunjungi. Jadwalnya secara lengkap bisa Anda lihat sebagai berikut:

1. Sandi Swara Wantilan
Pertunjukan di tempat ini dilaksanakan pada hari Senin pukul 19.00 sampai 20.30 dengan harga tiket Rp75 ribu.

2. Puri Saren Ubud
Pertunjukan tari barong Ubud di Puri Saren dilaksanakan 2 kali dalam seminggu, yakni Rabu dan Jumat. Pelaksanaannya dilakukan pada rentang pukul 19.30 hingga 21.00, dengan harga tiket Rp80 ribu.

3. Pura Dalem Ubud
Pada hari Kamis, Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari barong Ubud di Pura Dalem Ubud. Waktu pementasannya sama, dengan harga tiket murah meriah, hanya Rp50 ribu.

Itulah info menarik tentang pertunjukan tari barong Ubud yang bisa Anda saksikan di Bali. Selamat menonton, ya!