Liburan dengan Anggota Keluarga ke Bali, Enaknya Menginap di Hotel atau Villa?


Liburan bersama keluarga kerap menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia, Bali merupakan opsi yang utama. Nah, saat liburan ke Bali, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan penginapan yang tepat untuk aktivitas liburan keluarga tersebut. Pastikan bahwa penginapan bisa memberi rasa nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

hotel atau villa di bali

Terkait pemilihan penginapan untuk liburan keluarga ke Bali, Anda bisa memilih untuk menginap di berbagai jenis penginapan yang tersedia. Anda dapat memilih untuk menginap di hotel atau vila. Kedua penginapan ini memang sama-sama menawarkan layanan akomodasi untuk para wisatawan. Namun, keduanya juga punya perbedaan krusial terkait fasilitas serta suasana yang didapatkan. Lalu, untuk liburan keluarga, enaknya pilih hotel atau villa?

Mengenal Perbedaan Layanan Hotel dan Villa di Bali

Untuk bisa menentukan apakah lebih nyaman menginap di hotel atau villa saat liburan keluarga ke Bali, Anda perlu mengetahui perbedaan keduanya. Ada 4 faktor yang bisa menjadi pembeda, yaitu:

hotel atau villa di bali

1. Bangunan

Bangunan hotel dan villa memiliki perbedaan mencolok. Hotel memiliki standar yang dikenal dengan bintang. Hotel bintang 3 beda dengan hotel bintang 5, dengan jumlah kamar jauh lebih banyak. Bangunan yang mereka miliki juga berupa gedung bertingkat dengan deretan kamar di dalamnya. Terkadang, hotel juga disertai dengan berbagai perabotan unik serta pemilihan cat yang menarik untuk memberi suasana berbeda.

Lain halnya dengan villa yang tidak punya standardisasi khusus. Ukuran bangunan villa disesuaikan dengan kemampuan modal pemilik serta ketersediaan lahan. Selain itu, bentuk bangunan juga bisa berbeda satu sama lain, dan masing-masing bangunan villa punya ciri khas tersendiri. Hanya saja, mayoritas villa yang ada di Bali menawarkan suasana penginapan semi terbuka yang memungkinkan para tamu menikmati keindahan alam Bali.

2. Fasilitas

Dari segi fasilitas, hotel memiliki sarana yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan villa. Di dalam hotel, Anda bisa mendapati keberadaan fasilitas berupa ruang pertemuan, restoran, kolam renang, ataupun pusat kebugaran yang dapat diakses secara bebas oleh para tamu. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak tamu yang menginap di waktu bersamaan saat bermalam di hotel.

Kondisi berbeda bakal Anda dapatkan saat menginap di villa. Fasilitas yang disediakan oleh pemilik villa merupakan sarana khusus yang ditujukan untuk tamu yang tengah menginap. Kelengkapan fasilitasnya juga bergantung dengan ukuran villa. Pada villa yang besar, Anda bisa saja menjumpai keberadaan jacuzzi, kolam renang, gym, dan sebagainya. Selain itu, villa juga memberi privasi lebih baik dibandingkan dengan hotel.

3. Pelayanan

Dari segi pelayanan, hotel memiliki banyak pegawai yang siap membantu Anda selama 24 jam. Anda dapat menemukan layanan room boy, housekeeping, resepsionis, dan sebagainya kapan saja. Namun, kondisi berbeda ketika Anda menginap di villa. Villa merupakan penginapan yang berusaha untuk menghadirkan suasana rumah di tempat liburan. Oleh karena itu, Anda tidak akan menemukan keberadaan pegawai yang siap membantu selama 24 jam.

4. Suasana

Hotel dan villa juga memiliki perbedaan pada suasana yang dirasakan oleh para tamu. Saat menginap di hotel, Anda akan merasa benar-benar tengah berada di tempat liburan. Suasananya jauh dari kesan rumahan. Sementara itu, villa memiliki keutamaan karena mampu menghadirkan suasana rumah di tempat liburan. Saat menginap di villa, Anda tidak akan kesulitan dalam melakukan interaksi anggota keluarga layaknya di rumah. Apalagi, saat ini banyak tersedia villa di Bali yang memiliki daya tampung banyak orang.

Nah, itulah 4 perbedaan antara hotel dan villa. Anda bisa menggunakan perbedaan tersebut sebagai upaya untuk memilih penginapan yang tepat saat liburan keluarga ke Bali. Semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki