Liburan ke Nusa Penida Lanjut ke Lombok, Bagaimana Caranya?

Liburan Nusa Penida Lombok 1200x480 » Liburan ke Nusa Penida Lanjut ke Lombok, Bagaimana Caranya?

Nusa Penida kini jadi destinasi wisata yang sangagt populer di Bali. Tak heran kalau banyak wisatawan yang menyempatkan waktunya untuk menikmati waktu liburan di wilayah Nusa Penida. Selepas dari aktivitas liburan di sini, wisatawan pun kerap tidak segera pulang. Sebagai gantinya, tak sedikit wisatawan yang meneruskan waktu liburan ke Pulau Lombok.

Seperti halnya Nusa Penida, keberadaan tempat wisata di Lombok juga sangat indah. Di pulau yang terkenal sebagai pulau seribu masjid ini, Anda akan mendapati deretan wisata alam dengan pemandangan memukau. Apalagi, wisatawan tak hanya bisa menikmati pemandangan pantai dan wisata bahari. Di sini juga terdapat aktivitas menantang melakukan pendakian ke puncak Gunung Rinjani.

Namun, satu hal yang perlu diketahui ketika ingin melakukan perjalanan liburan ke Nusa Penida yang kemudian dilanjutkan ke Pulau Lombok. Hal tersebut tak lain adalah ketersediaan sarana transportasi yang menghubungkan antara kedua tempat ini. Anda mungkin mengharapkan bahwa tersedia layanan penyeberangan langsung antara kedua lokasi. Hanya saja, kondisi tersebut tidak memungkinkan, paling tidak untuk saat ini.

Pelabuhan di Nusa Penida Bali

Perlu Anda ketahui, ada 4 pelabuhan utama yang bisa dijumpai di Pulau Nusa Penida. Empat pelabuhan ini jadi pintu masuk para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Nusa Penida. Di waktu yang sama, 4 pelabuhan ini juga menyediakan opsi para wisatawan dalam melanjutkan aktivitas liburan.

baca juga: Pantai Banah Nusa Penida, Pantai Unik dengan Tebing Berlubang

1. Toya Pakeh
Pelabuhan Toya Pakeh bisa dijumpai di bagian barat Nusa Penida. Di sini, Anda akan mendapati kondisi pelabuhan yang sederhana dengan nuansa tradisional. Bahkan, Anda bisa menemukan keberadaan perahu nelayan di pelabuhan ini. Untuk sarana penyeberangan wisatawan, di sini Anda bisa menjumpai layanan penyeberangan menggunakan fast boat dari dan menuju ke Pantai Sanur.

2. Dermaga Nyuh
Seperti halnya Toya Pakeh, Dermaga Nyuh juga merupakan pelabuhan yang menyediakan layanan penyeberangan cepat ke Pantai Sanur. Dari pelabuhan ini, wisatawan hanya butuh waktu perjalanan sekitar 35 menit untuk sampai ke Pantai Sanur.

3. Sampalan
Pelabuhan Sampalan memiliki lokasi yang berada di sebelah timur Nusa Penida. Di sini, Anda bisa menjumpai layanan penyeberangan kapal menuju ke Pantai Kusamba dan Pantai Sanur. Perjalanan dari Pelabuhan Sempalan, biasanya butuh waktu sekitar 40 menit.

baca juga: Mata Air Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Renang Alami di Pinggir Tebing

4. Buyuk
Terakhir, Anda dapat menemukan keberadaan Pelabuhan Buyuk. Di sini Anda bisa menjumpai kapal roro serta feri yang melayani penyeberangan ke Nusa Penida. Kapal roro menjadi sarana untuk pengangkutan berbagai jenis bahan makanan pokok yang berangkat dari Kusamba dan Padang Bai.

Tips Transportasi dari Nusa Penida ke Lombok

Nah, Anda sudah mengetahui empat pelabuhan yang bisa dijumpai di Nusa Penida. Lalu, bagaimana dengan perjalanan ke Lombok? Seperti yang telah disebutkan, Anda tak akan bisa menjumpai layanan penyeberangan secara langsung ke Lombok. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan layanan penyeberangan menuju ke Padang Bai yang ada di Pelabuhan Buyuk.

Selanjutnya, dari Pelabuhan Padang Bai, terdapat layanan penyeberangan menggunakan kapal feri menuju ke Lombok. Tak hanya itu, kalau ingin perjalanan yang lebih cepat, Pelabuhan Padang Bai juga memiliki layanan penyeberangan menggunakan kapal cepat. Dengan begitu, Anda pun tinggal memilih jenis transportasi menuju Lombok yang bisa digunakan.

Selamat berlibur dan semoga perjalanannya menyenangkan, ya!