Loloh Cemcem, Minuman Tradisional Khas Bali yang Berkhasiat Tinggi

loloh cemcem

via detik

Liburan ke Bali tak sekadar kesempatan untuk melihat pesona wisata indah yang ada di sana. Di waktu yang sama, Anda juga perlu mencicipi keragaman kuliner yang ditawarkan oleh Pulau Bali. Salah satu kuliner khas Bali yang perlu Anda coba adalah minuman bernama loloh cemcem.

Loloh cemcem menjadi salah satu minuman tradisional yang berasal dari Desa Penglipuran, Bangli. Sebagai informasi tambahan, Desa Penglipuran di Bangli merupakan wilayah yang terkenal dengan kekayaan alamnya. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa loloh cemcem merupakan salah satu bukti kekayaan hasil olahan dari Desa Penglipuran.

loloh cemcem 2 1024x555 » Loloh Cemcem, Minuman Tradisional Khas Bali yang Berkhasiat Tinggi

via KSM Tour

Khasiat Loloh Cemcem untuk Kesehatan

Minuman tradisional loloh cemcem dikenal sebagai minuman yang berkhasiat tinggi untuk kesehatan. Perlu diketahui, masyarakat Desa Penglipuran, biasa mengonsumsi minuman ini sebagai jamu atau minuman kesehatan. Meski disebut begitu, Anda tidak akan mendapati rasa pahit yang biasa hadir pada minuman jamu.

baca juga: Es Kolak Ancruk Khas Singaraja, Minuman dari Buleleng yang Menyegarkan

Minuman ini juga dibuat dari bahan-bahan alami, terlihat dengan warna hijau yang mencolok pada minuman ini. Penampilan warna hijau pada loloh cemcem pun tak jauh berbeda ketika Anda mendapati jus sayur. Hanya saja, tidak akan ada rasa pahit pada minuman ini. Apalagi, tak jarang ada penambahan berupa seruta daging kelapa muda di dalamnya.

Bahan utama dari pembuatan loloh cemcem dari Desa Penglipuran ini adalah daun cemcem yang juga disebut dengan daun kloncing. Daun ini, oleh masyarakat setempat, dipercaya mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit. Beberapa di antaranya adalah tekanan darah tinggi serta melancarkan gangguan pencernaan.

baca juga: Sensasi Makan Bareng Mayat Hidup dan Monster di Restoran Frankenstein Laboratory

Rasa Segar Loloh Cemcem Khas Desa Penglipuran

Nah, seperti yang telah disebutkan, minuman tradisional khas Bali ini tidak menghadirkan rasa pahit ketika diminum. Sebaliknya, Anda akan menemukan kombinasi antara rasa asam, asin, manis, serta sedikit pahit dari minuman ini. Biasanya, masyarakat Bali meminum loloh cemcem dalam kondisi dingin.

loloh cemcem 2 1 » Loloh Cemcem, Minuman Tradisional Khas Bali yang Berkhasiat Tinggi

via detik

baca juga: Pantai Balangan Uluwatu Bali, Pantai Indah yang Wajib Dikunjungi di Pulau Dewata

Dalam proses pembuatannya, daun cemcem yang menjadi bahan utama dicampur dengan bahan lain. Bahan lain di antaranya adalah daun jarak pagar, daun sirih, kayu manis, daun dhadhap, buah kelapa, gula aren, serta air kelapa. Sebagai pelengkap, serutan buah kelapa muda menjadi bahan yang tak boleh ditinggalkan.

Cara untuk mendapatkan minuman tradisional khas Bali ini juga sangat mudah. Anda bisa menjumpai minuman loloh cemcem khas Desa Penglipuran dalam kondisi kemasan. Dalam bentuk kemasan, Anda bisa menjumpai loloh cemcem khas Desa Penglipuran dalam ukuran 600 ml. Minuman tersebut, bisa Anda beli dengan harga yang murah. Cukup mengeluarkan uang Rp5.000, Anda sudah bisa memperoleh khasiat kesehatan dari minuman tradisional ini.

Sebagai tambahan, ada pula tempat makan dan restoran yang menyediakan minuman tradisional ini dalam daftar menunya. Jadi, kalau Anda ingin mencicipi minuman kesehatan ini dalam bentuk penyajian yang lebih modern, bisa menuju ke warung makan terdekat. Hanya saja, tak semua orang suka dengan cita rasa dari minuman ini. Namun, kalaupun Anda tak suka dengan rasanya, jangan langsung membuangnya ya. Boleh jadi minuman ini bakal cocok dilidah orang terdekat, ya kan? So, minuman ini cukup cocok Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.