Makam Jayaprana Bali Barat yang Menyimpan Kisah Cinta Tragis dengan Panorama Memesona

Makam Jayaprana Bali Barat

via @supawan_07

Cerita mengenai sosok Jayaprana menjadi legenda kisah cinta yang tragis di Pulau Bali. Makam Jayaprana Bali Barat pun menjadi saksi atas kisah cinta tragis tersebut. Para pengunjung kerap datang dari berbagai penjuru Bali. Apalagi, Makam Jayaprana ini juga menjadi tempat berdirinya sebuah pura.

Makam Jayaprana Bali Barat 2 » Makam Jayaprana Bali Barat yang Menyimpan Kisah Cinta Tragis dengan Panorama Memesona

via Travel Today Indonesia

Jayaprana sendiri merupakan sosok yang konon hidup di masa lalu. Jayaprana memiliki seorang istri yang bernama Layon Sari. Konon, hubungan suami istri tersebut memperoleh gangguan dari petinggi kerajaan Bali saat itu. Lewat kuasanya, sang raja pun berusaha untuk memisahkan Jayaprana dengan Layon Sari.

Kisah Cinta Tragis Jayaprana dan Layon Sari di Balik Keberadaan Makam Jayaprana

Jayaprana dikisahkan merupakan seorang yatim piatu yang tinggal di Desa Kalianget, Kabupaten Buleleng. Jayaprana memiliki seorang istri yang cantik jelita bernama Layon Sari. Karena keelokan wajah yang dimilikinya, raja penguasa wilayah setempat memiliki ketertarikan dengan Layon Sari.

Makam Jayaprana Bali Barat 1 » Makam Jayaprana Bali Barat yang Menyimpan Kisah Cinta Tragis dengan Panorama Memesona

via Wisata Bali 2010

Lewat kuasa yang dimilikinya, Sang Raja kemudian memerintahkan Jayaprana untuk melakukan pertempuran menumpas bajak laut. Selanjutnya, Jayaprana melakukan perjalanan ke Bali Barat untuk melaksanakan perintah tersebut. Namun, ketika sampai di Teluk Terima, Patih Sawung Galing membunuh Jayaprana atas perintah Sang Raja Kalianget.

baca juga: Pantai Seseh Bali, Pantai Pasir Hitam Wujud Kerukunan Umat Beragama di Pulau Dewata

Ketika pembunuhan telah berhasil, Sang Raja kemudian mewujudkan minatnya untuk meminang Layon Sari. Hanya saja, hal yang tidak diduga dilakukan oleh Layon Sari. Alih-alih menerima lamaran sang penguasa Kalianget, Layon Sari memilih untuk menolak pinangan tersebut. Dia pun memilih untuk bunuh diri dan menyusul kepergian suaminya.

Panorama Indah di Area Makam Jayaprana Bali Barat

Makam Jayaprana menjadi lokasi peristirahatan terakhir dari Jayaprana. Di sini, Anda juga bisa menemukan makan dari Layon Sari. Sebagai pelengkap, Anda dapat pula menemukan kuburan dari Patih Sawung Galing yang berperan membunuh Jayaprana dalam perjalanannya menunaikan perintah Raja Kalianget.

baca juga: Makam Pangeran Mas Sepuh Bali, Wisata Religi Wali Pitu yang Menjadi Ziarah Umat Hindu dan Islam

Makam Jayaprana Bali Barat 3 » Makam Jayaprana Bali Barat yang Menyimpan Kisah Cinta Tragis dengan Panorama Memesona

via @supawan_07

Di sekeliling makam, Anda akan menemukan keberadaan patung-patung yang merupakan representasi dari Jayaprana, Layon Sari, Patih Sawung Galing, ataupun Raja Kalianget. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa menjumpai adanya patung barung. Bentuk Makam Jayaprana juga didesain rapi sehingga terlihat menarik.

Selain bisa menyaksikan keindahan makam, panorama yang ada di sekitar Makam Jayaprana juga tidak kalah memukau. Apalagi, kompleks makam ini berada di kawasan teluk yang berada tak jauh dari pantai. Makam ini juga masih berlokasi di area yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat.

baca juga: Tradisi Pemakaman Unik Warisan Leluhur di Desa Trunyan Bali

Ada panorama ikonik yang bakal Anda saksikan ketika berkunjung ke Kompleks Makam Jayaprana. Panorama ikonik tersebut adalah jalur pejalan kaki menuju makam. Di sini, Anda akan menemukan jalur pejalan kaki yang dikelilingi oleh pepohonan di kiri dan kanan. Panorama seperti ini, terlihat cantik saat diabadikan dalam sebuah gambar.

Lokasi Makam Jayaprana

Wisata sejarah Makam Jayaprana bisa Anda temukan di wilayah Hutan Teluk Terima yang berlokasi di Desa Sumbre Klambok Gerokgak. Anda dapat menjangkau destinasi ini dengan menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 67 km dari pusat Kota Singaraja. Kalau dari Denpasar, perlu waktu tempuh sekitar 4 jam berkendara untuk sampai ke sini.