Masjid Agung Palapa Bali, Masjid Megah yang Berada Dekat dengan Patung GWK

Masjid Agung Palapa Bali

via Rizky Travel

Mencari tempat ibadah untuk umat Islam bisa jadi pekerjaan yang cukup memakan waktu selama di Bali. Kondisi seperti ini memang sangat lumrah, mengingat Bali bukan Pulau Jawa yang didominasi oleh masyarakat muslim. Namun, bukan berarti Anda akan kesulitan dalam mencari masjid yang berada dekat dengan tempat wisata. Kalau Anda berada di sekitar Patung GWK, terdapat masjid megah yang disebut dengan Masjid Agung Palapa Bali.

Masjid Agung Palapa Bali 3 » Masjid Agung Palapa Bali, Masjid Megah yang Berada Dekat dengan Patung GWK

via @ad.aryani

Lokasi yang berada dekat dengan berbagai tempat wisata, membuat tempat ini bisa jadi pilihan melaksanakan ibadah wajib bagi wisatawan muslim. Saat berkunjung ke masjid ini, Anda akan menemukan bangunan tempat ibadah yang berukuran luas. Fasilitas yang ada di dalam masjid juga mampu membuat para pengunjung yang tengah beribadah bisa merasa nyaman.

Desain Arsitektur Megah di Masjid Agung Palapa Bali

Bangunan Masjid Agung Palapa memiliki desain bangunan yang sederhana tetapi menawarkan kesan yang megah. Kesederhanaan tersebut dilihat pada desain arsitektur masjid yang sengaja dibangun dengan desain terbuka. Anda tidak akan mendapati keberadaan dinding penutup di sekeliling bangunan. Sebagai gantinya, Anda akan menjumpai beberapa pilar berukuran besar yang menopang bagian atap masjid.

Masjid Agung Palapa Bali 1 1024x768 » Masjid Agung Palapa Bali, Masjid Megah yang Berada Dekat dengan Patung GWK

via Rizky Travel

Desain bangunan yang sengaja dibuat dengan tanpa dinding, memberikan kesan bahwa Masjid Agung Palapa terlihat luas. Selain itu, Anda juga dapat melaksanakan ibadah salat dengan nyaman karena memperoleh suasana sejuk dengan semilir angin yang dapat dirasakan secara langsung. Hanya saja, Anda bakal merasa suasana yang sangat dingin kalau singgah ke Masjid Agung Palapa pada malam hari.

Masjid Agung Palapa Bali 2 » Masjid Agung Palapa Bali, Masjid Megah yang Berada Dekat dengan Patung GWK

via Rizky Travel

Di bagian depan, Anda akan menjumpai motif poleng atau kotak hitam putih yang mewarnai bagian luar masjid. Sementara itu, pada bagian atapnya, Masjid Agung Palapa menggunakan desain arsitektur berupa atap limas berundak yang merupakan desain atap yang banyak dijumpai pada bangunan masjid di Jawa yang telah berakulturasi dengan budaya Hindu.

Mengenai fasilitas yang tersedia, Masjid Agung Palapa memberi kenyamanan bagi para pengunjung. Masjid Agung Palapa kerap digunakan sebagai tempat beristirahat para wisatawan muslim yang datang dari berbagai wilayah di nusantara. Saat berkunjung ke masjid ini, Anda tak perlu khawatir dengan ketersediaan area parkir. Pihak pengelola masjid telah menyediakan lahan terbuka berukuran cukup luas yang berguna sebagai area parkir.

Kebersihan masjid juga terjaga dengan baik. Anda dapat menemukan area wudhu yang disertai dengan banyak keran air. Ketersediaan keran air dalam jumlah banyak tersebut, membuat para jamaah yang ingin melakukan salat secara bersamaan, tidak perlu antre terlalu lama saat mengambil wudhu. Selepas salat berjamaah, Anda dapat menghabiskan waktu dengan beristirahat di masjid yang memiliki desain seperti pendopo ini.

Masjid Agung Palapa yang Menjadi Wujud Toleransi Beragama

Keberadaan Masjid Agung Palapa yang berada dekat dengan Pantai Dreamland dan GWK memang menjadi solusi bagi wisatawan muslim saat mencari tempat ibadah. Namun, keberadaan masjid ini juga menjadi lambang bahwa toleransi umat beragama di Bali masih terjaga dengan baik. Apalagi, tak jauh dari Masjid Agung Palapa terdapat bangunan gereja yang ditujukan masing-masing untuk penganut Katolik dan Protestan.

Bagi wisatawan yang ingin mencari keberadaan Masjid Agung Palapa, dapat menemukannya di Jl. Pecatu Indah Resort, Pecatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan. Lokasinya hanya terpisah jarak sekitar 6,2 km dari Patung GWK. Sementara itu, Pantai Dreamland berjarak kurang lebih 4 km dari lokasi masjid. Sangat strategis, bukan?