Melihat Keunikan Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki, Gereja Katolik Pertama di Bali

Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki

via Gereja Katolik

Masyarakat Bali memang identik sebagai pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Namun, bukan berarti Anda tidak akan menjumpai penganut agama lain di sini. Salah satu bukti keragaman agama di Bali adalah dengan melihat keberadaan Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki Tuka. Gereja ini dikenal sebagai gereja Katolik pertama yang ada di Bali.

Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki 2 » Melihat Keunikan Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki, Gereja Katolik Pertama di Bali

via Gereja Katolik

Sebagai gereja Katolik pertama di Bali, Anda akan menemukan banyak keunikan yang ada di dalamnya. Apalagi, upaya yang dilakukan oleh pendeta Katolik untuk menyebarkan agama adalah dengan memanfaatkan budaya. Tak heran kalau Anda akan menjumpai bangunan yang punya unsur Bali sangat kental. Bahkan, para jemaat yang berkunjung dan beribadah ke gereja ini juga tak ubahnya seperti umat Hindu yang datang ke pura.

Sejarah Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki Tuka di Bali

Gereja Tritunggal Maha Kudus Paroki memiliki sejarah yang sangat panjang. Eksistensi gereja ini dapat ditelusuri pada zaman sebelum penjajahan. Peresmian keberadaan bangunan gereja ini berlangsung pada tanggal 14 Januari 1937. Saat itu, peresmiannya dilakukan oleh Mgr. Abraham yang berasal dari Kota Michigan, Amerika Serikat. Hanya saja, bangunan gereja masih sangat sederhana, dengan lantai tanah dan ukuran hanya 10 x 7,5 meter.

Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki 1 » Melihat Keunikan Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki, Gereja Katolik Pertama di Bali

via Gereja Katolik

Keberadaan Gereja Paroki Tuka ini juga menjadi jembatan berdirinya gereja-gereja lain di Pulau Bali. Bahkan, Gereja Paroki Hati Kudus Yesus yang ada di Palasari, merupakan salah satunya. Menurut catatan sejarah, saat itu terdapat beberapa umat dari Paroki Tua yang melakukan perjalanan bersama dengan umat dari Paroki Gumbrih ke bagian barat Pulau Bali bersama dengan Pastor Simon Buis.

Gereja Tritunggal Maha Kudus Paroki Tuka Adalah Bethlehem dari Bali

Peran Gereja Paroki Tuka di Bali sangatlah penting. Bahkan, gereja ini memperoleh julukan sebagai Bethlehem dari Bali. Julukan tersebut disematkan untuk menggambarkan betapa pentingnya peran dari Gereja Tritunggal Maha Kudus Paroki di Tuka. Julukan itu disematkan karena peran dari gereja yang merupakan jembatan awal dalam penyebaran agama Katolik di Pulau Bali.

Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki 3 » Melihat Keunikan Gereja Katolik Tritunggal Maha Kudus Paroki, Gereja Katolik Pertama di Bali

via Eve Lineseva

Keberadaan umat Katolik yang awalnya hanya berada di Tuka, kemudian berlanjut ke beberapa wilayah. Saat ini, Babakan, Kulibul, serta Palasari kerap disebut sebagai kantong-kantong umat Katolik di Bali. Hal ini memperlihatkan keberhasilan pendeta dari Gereja Paroki Tuka yang memanfaatkan budaya sebagai sarana untuk menyebarkan agama Katolik.

Desain Bangunan Gereka Paroki Tuka yang Khas Bali

Biasanya, bangunan gereja menggunakan desain interior dan eksterior ala Eropa. Namun, lain halnya kalau Anda berkunjung ke Gereja Paroki Tuka. Gereja ini, bisa dibilang menggunakan tema tradisional Bali secara penuh. Anda tidak akan menjumpai keberadaan menara ataupun salib berukuran raksasa. Sebagai gantinya, terdapat angkul-angkul atau pintu gerbang khas Bali yang biasanya ada di pura.

Bangunan utama gereja juga memiliki keunikan tersendiri. Bangunan ini sengaja dibangun dengan desain wantilan. Warna merah dan emas begitu mendominasi desain bangunan. Selain itu, terdapat kori atau pintu utama yang merupakan pembatas antara halaman dengan dengan bagian halaman dalam. Kori, umumnya bakal Anda jumpai ketika berkunjung ke pura.

Di bagian dalam, Anda juga akan menjumpai keberadaan museum. Hanya saja, akses masuk ke museum tidak terbuka untuk umum. Namun, para wisatawan tetap diperbolehkan kalau ingin berkunjung dan berkeliling gereja. Dengan catatan, Anda tidak menganggu kekhidmatan para jemaat yang tengah beribadah. Mengenai lokasinya, Gereja Paroki Tuka bisa Anda temukan di Jl. Raya Tuka Nomor 23, Banjar Tuka, Badung.