Melihat Keunikan Pohon Taru Menyan, Pohon Ajaib dari Bali

Pohon taru menyan

via Bali Gateaway

Desa Trunyan menjadi desa wisata yang punya tradisi unik di Bali. Tradisi tersebut adalah pemakaman yang dilakukan tanpa mengubur mayat. Sebagai gantinya, jenazah tersebut hanya diletakkan berjajar di bawah pohon ajaib, bernama pohon taru menyan.

pohon taru menyan 3 » Melihat Keunikan Pohon Taru Menyan, Pohon Ajaib dari Bali

via BBCI

Meski tak ada proses penguburan, wisatawan yang berkunjung ke Desa Trunyan tidak terganggu dengan bau busuk dari mayat. Hal inilah yang membuat pohon taru menyan disebut sebagai pohon ajaib. Keberadaan pohon ini mampu menghilangkan bau busuk yang biasanya muncul dari mayat.

baca juga: Monkey Forest Ubud, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bali

Pohon Taru Menyan Berusia Ratusan Tahun

Pohon taru menyan yang berdiri di Desa Trunyan ini memang dikenal sebagai pohon yang misterius. Masyarakat setempat tidak ada yang tahu kapan pohon ini berdiri. Hanya saja, banyak yang mengungkapkan kalau pohon misterius ini telah berusia ratusan tahun. Bahkan, ada pula sumber yang menyebutkan kalau taru menyan merupakan pohon tua berusia 1.000 tahun.

Kemisteriusannya pun semakin menguat dengan adanya bau wangi yang muncul dari pohon ini. Banyak masyarakat di Desa Trunyan yang memercayai bahwa pohon ini adalah pohon tertua yang ada di Pulau Bali. Tak hanya itu, pohon ini juga dipercaya mampu mengambil nutrisi dari mayat yang diletakkan di bawahnya.

pohon taru menyan 1 » Melihat Keunikan Pohon Taru Menyan, Pohon Ajaib dari Bali

via Berkabar

baca juga: Tradisi Pemakaman Unik Warisan Leluhur di Desa Trunyan Bali

Tidak hanya itu, sisi misterius yang dimiliki pohon taru menyan juga bisa dilihat dari kemampuannya untuk hanya hidup di Desa Trunyan. Kemampuan pohon ini dalam menghilangkan bau busuk mayat sudah begitu terkenal. Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk menanam taru menyan di tempat lain.

Hanya saja, upaya penanaman taru menyan di lokasi selain Desa Trunyan berakhir sia-sia. Berbagai cara yang telah dilakukan, tidak mampu menumbuhkan pohon ajaib ini. Oleh karena itu, tak heran kalau masyarakat Bali pun begitu menganggap Desa Trunyan sebagai area yang sakral dan ajaib.

pohon taru menyan 2 1024x769 » Melihat Keunikan Pohon Taru Menyan, Pohon Ajaib dari Bali

via Bali Gateaway

baca juga: Pura Taman Ayun Bali, Pura Bersejarah dengan Pemandangan yang Memukau

Kawasan di Sekitar Pohon Taru Menyan yang Bersih dan Sakral

Kesan mengerikan biasa muncul ketika berkunjung ke area pemakaman. Namun, kesan tersebut tidak akan Anda rasakan saat datang ke area pemakaman yang ada di Desa Trunyan. Sebaliknya, masyarakat Desa Trunyan menganggap bahwa kawasan ini terjaga kebersihannya, baik dari segi batiniah ataupun lahiriah.

Pohon taru menyan yang berusia ratusan tahun, dipercaya mampu menyerap segala hawa negatif yang ada di sekitarnya. Pohon raksasa dengan sulur yang menjalar ke berbagai arah membuatnya terlihat begitu menarik. Keberadaan tulang belulang serta tengkorak yang ada di sekitarnya juga tak mampu mengurangi daya tarik pohon ajaib ini.

Masyarakat Desa Trunyan yang berkunjung ke pemakaman ini tidak merasakan rasa tidak nyaman selama berkunjung ke sana. Keberadaan tulang belulang serta tengkorak yang berserakan, tak memunculkan rasa sedih. Bahkan, tradisi ini menjadi kebiasaan yang dilakukan secara turun-temurun oleh warga Desa Trunyan. Di samping itu, kebiasaan menguburkan mayat di desa ini jadi daya tarik wisata unik.

Untuk bisa menyaksikan keajaiban dari pohon taru menyan, Anda dapat berkunjung secara langsung ke Desa Trunyan. Anda dapat naik perahu yang berangkat dari dermaga Desa Penelokan di Kintamani. Perjalanan menuju ke tempat ini, biasanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit.