Melihat Wajah Baru Tukad Bindu Denpasar, Sungai yang Dulu Kotor dan Penuh Sampah

Tukad Bindu Denpasar

via Bali Express

Pemerintah daerah di Pulau Bali terus berupaya untuk meningkatkan potensi wisata wilayahnya masing-masing. Tempat yang dulunya kumuh, disulap menjadi destinasi wisata baru. Salah satunya adalah Tukad Bindu Denpasar. Tukad Bindu ini merupakan sungai di Denpasar yang dulunya dikenal sebagai sungai penuh sampah dan sangat kotor.

Tukad Bindu Denpasar 1 » Melihat Wajah Baru Tukad Bindu Denpasar, Sungai yang Dulu Kotor dan Penuh Sampah

via Bali Express

Sungai ini sudah sangat lama dikenal sebagai sungai kotor dan bahkan menjadi tempat pembuangan limbah rumah tangga warga sekitar. Namun, tahun 2010 menjadi momen transformasi dari sungai ini. Pemerintah setempat mengajak warga untuk mengubah wajah Tukad Bindu Denpasar menjadi lebih baik. Hasilnya pun bisa dilihat seperti yang sekarang.

baca juga: Wisata Edukasi di Museum Bali Denpasar

Tukad Bindu Denpasar Menawarkan Destinasi Wisata Edukatif

Keberadaan Tukad Bindu di Kota Denpasar menyediakan sarana wisata edukatif yang menyenangkan untuk para wisatawan. Sungai yang dulunya kotor, kini sudah berubah menjadi sungai bersih. Sungai ini juga tidak terlalu dalam. Dengan begitu, Anda dapat mengajak si kecil untuk berenang bersama. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas air di Tukad Bindu yang kini sudah begitu bersih.

Tukad Bindu Denpasar 2 1024x768 » Melihat Wajah Baru Tukad Bindu Denpasar, Sungai yang Dulu Kotor dan Penuh Sampah

via Traveling Yuk

Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk bersantai sambil menikmati suasana tenang di tepi sungai. Terdapat tempat duduk nyaman yang bisa Anda gunakan. Kalau mau, ada pula gazebo dengan desain yang begitu unik. Keberadaan gazebo tersebut, secara khusus menghadirkan kesan tradisional dan klasik pada area wisata edukatif di Denpasar ini.

baca juga: Taman Kota Lumintang Denpasar, Sajikan Keindahan Air Mancur Menari yang Memesona

Tukad Bindu Denpasar 4 » Melihat Wajah Baru Tukad Bindu Denpasar, Sungai yang Dulu Kotor dan Penuh Sampah

via Bisnis

Dengan mengajak si kecil berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kepada mereka. Apalagi, Tukad Bindu Denpasar kini menjadi tempat yang begitu ramai. Bahkan, beberapa waktu lalu, delegasi IMF dan Bank Dunia turut menyempatkan waktunya berkunjung ke sini. Selain itu, tempat wisata ini juga disertai dengan beberapa wahana permainan.

baca juga: Kedai Depresso Denpasar, Nuansa Vintage yang Instagramable untuk Pencinta Fotografi

Ada pula 2 lokasi yang menarik sebagai tempat berburu foto instagramable, yaitu Pojok Akuaponik dan Kebun Tanaman Organik. Di kedua tempat ini, para pengunjung bisa menyaksikan taman dengan desain yang cantik. Tak ketinggalan, ada pula taman anggrek yang menawarkan suasana tidak kalah cantik. Sebagai tambahan, di sini juga terdapat beberapa jenis hewan yang sengaja ditempatkan di dalam kandang.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Tukad Bindu Denpasar, Akhir Pekan Saja!

Kalau Anda ingin mencari suasana berbeda di Tukad Bindu, pilih waktu kedatangan di akhir pekan. Pada momen tersebut, Anda akan menjumpai acara spesial bertajuk Peken Nusantara. Acara ini biasanya berlangsung antara pukul 8 pagi sampai selesai. Anda bakal menjumpai beragam aktivitas menarik selama berlangsungnya acara.

Aktivitas utama yang sering dipilih ketika mendatangi Peken Nusantara di Tukad Bindu Denpasar adalah berburu kuliner. Ada deretan kuliner seru dan enak yang bisa Anda temukan. Selain itu, acara ini juga kerap disertai dengan penampilan band musik serta beragam jenis lomba.

Untuk menikmati suasana liburan di Tukad Bindu juga Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Para wisatawan tidak akan dikenai tiket masuk untuk berkunjung ke sini. Anda hanya perlu datang ke lokasinya yang ada di Gang Sikarini, Kesiman Denpasar. Akses masuk menuju tempat ini juga sudah tertata dengan rapi. Jadi, Anda bakal merasa nyaman selama berada di Tukad Bindu.