Mencari Penginapan Nyaman dan Mewah di Bali, Pilih Hotel atau Resort?

penginapan nyaman dan mewah di Bali

Liburan ke Bali dengan disertai bermalam di penginapan mewah dan nyaman, tentu menjadi keinginan banyak orang. Apalagi, Anda bisa menjumpai opsi penginapan dengan kategori mewah di Bali. Anda bisa memilih hotel yang berada di tepi pantai, resort dengan pemandangan gunung, dan sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa hotel dengan resort ternyata merupakan jenis penginapan yang berbeda.

penginapan nyaman dan mewah di Bali 2 » Mencari Penginapan Nyaman dan Mewah di Bali, Pilih Hotel atau Resort?

Hotel dan resort memang kerap menjadi solusi atas keinginan mendapatkan penginapan mewah dan nyaman di Bali. Saat menginap di resort, bisa dipastikan Anda bakal memperoleh kenyamanan dan kemewahan tersebut. Namun, lain halnya ketika memilih bermalam di hotel. Fasilitas yang ada di hotel, bisa saja setara dengan pelayanan dari resort, dan bisa pula memiliki fasilitas yang lebih minim.

Mengenal Perbedaan Hotel dan Resort sebagai Pertimbangan Mencari Penginapan Nyaman dan Mewah di Bali

Oleh karena itu, ketika Anda ingin mencari penginapan yang benar-benar memberikan kenyamanan dan kemewahan, pastikan memilih secara tepat. Tidak ada salahnya pula kalau Anda memiliki pengetahuan terkait perbedaan antara penginapan berjenis resort dan hotel. Beberapa hal yang Anda gunakan sebagai faktor pembeda kedua jenis penginapan ini adalah:

1. Klasifikasi

Ketika mencari penginapan berbentuk hotel, Anda akan memperoleh pilihan hotel mulai dari bintang 1 sampai bintang 5. Label bintang pada hotel-hotel tersebut merupakan salah satu kriteria yang bisa digunakan para tamu untuk menilai kelengkapan fasilitas serta kemewahan sebuah hotel. Hotel bintang 1 bisa didapatkan dengan harga murah. Sementara itu, hotel bintang 5, menawarkan fasilitas yang super lengkap.

Klasifikasi bintang pada hotel sudah memiliki standar yang jelas. Sebagai contoh, pada hotel bintang 1 dan 2, Anda tidak akan mendapati keberadaan ruang rapat. Fasilitas ini biasanya baru dapat dijumpai pada hotel bintang 3. Sementara itu, hotel bintang 4 kerap disertai dengan opsi kamar suite serta restaurant lounge, yang memungkinkan para tamu memesan makanan dari kamar.

Lalu, bagaimana dengan resort? Seperti halnya hotel, resort juga memiliki klasifikasi bintang. Hanya saja, Anda tidak akan menjumpai adanya resort bintang 1 dan bintang 2. Sebagai gantinya, resort hanya tersedia pada tipe bintang 3 sampai bintang 5. Semakin tinggi bintang yang dimiliki sebuah resort, semakin lengkap fasilitas yang mereka punyai.

Kelengkapan fasilitas yang dimiliki resort bintang 5, membuat para tamu bisa menginap dengan sangat nyaman. Anda tidak hanya bisa mendapatkan fasilitas kolam renang luas. Namun, bisa pula menjumpai ketersediaan kamar dalam jumlah lebih banyak, fasilitas antar jemput yang nyaman, dan sebagainya.

2. Pelayanan

Dari segi pelayanan, kedua jenis penginapan mewah ini juga punya perbedaan dalam pelaksanaannya. Pengelola hotel biasanya memiliki standar pelayanan yang jelas, dengan SOP yang wajib dilaksanakan oleh para karyawan. Mereka pun berusaha untuk menjalankan SOP tersebut dengan aturan ketat. Saat menginap di resort, Anda juga akan mendapati SOP serupa. Hanya saja, pelaksanaan SOP oleh para karyawan resort, biasanya lebih santai dan fleksibel, tidak seketat yang didapatkan oleh karyawan hotel.

3. Lokasi

Terakhir, resort dan hotel juga bisa dibedakan dengan melihat lokasi bangunannya. Hotel bisa Anda temukan berada di berbagai tempat, mulai dari di tengah kota, pinggiran, dekat dengan tempat wisata, di atas gunung, dan sebagainya. Namun, lain halnya dengan resort. Anda tidak akan menjumpai resort yang berada di kawasan perkotaan yang sibuk dan penuh lalu lalang kendaraan.

Para tamu yang menggunakan layanan resort merupakan orang-orang yang ingin bersantai. Oleh karena itu, pihak resort berusaha menghadirkan suasana menenangkan, caranya dengan mendirikan bangunan di lokasi yang memadai. Biasanya, Anda akan mendapati keberadaan beach resort atau mountain resort, disesuaikan dengan lokasinya.

Namun, pada kasus tertentu, Anda dapat pula menjumpai keberadaan resort yang ada di tengah kota. Hanya saja, dengan catatan. Resort tersebut mampu memberikan pemandangan pegunungan kepada para tamunya. Pada kondisi seperti ini, resort tersebut layak untuk disebut sebagai bagian dari mountain resort.

Nah, itulah 3 perbedaan mendasar yang dapat Anda ketahui antara resort dan hotel. Dengan berdasarkan pengetahuan ini, Anda sudah bisa memperoleh landasan informasi menemukan penginapan nyaman dan mewah di Bali, kan?