Mencicipi Keunikan Kuliner Tradisional Mujair Nyat Nyat Khas Kintamani

Mujair Nyat Nyat Khas Kintamani

via Food Kuliner

Olahan makanan laut menjadi jenis makanan yang cukup banyak dijumpai di Bali. Kuliner ikan air tawar juga cukup banyak. Hanya saja, kuliner ikan air tawar biasanya didominasi bahan ikan gurame. Padahal, banyak jenis ikan air tawar lain yang menawarkan rasa enak, termasuk di antaranya adalah ikan mujair atau yang disebut dengan be jaer oleh masyarakat Bali. Satu jenis kuliner berbahan ikan mujair yang terkenal di Bali adalah mujair nyat nyat khas Kintamani.

mujair nyat nyat khas Kintamani 2 1024x576 » Mencicipi Keunikan Kuliner Tradisional Mujair Nyat Nyat Khas Kintamani

via Google

Kawasan Kintamani memang terkenal sebagai daerah penghasil ikan mujair di Bali. Budidaya ikan mujair di Kintamani, utamanya dilakukan di kawasan sekitar Danau Batur. Oleh karena itu, masyarakat Kintamani terbiasa mengolah ikan mujair dalam berbagai bentuk. Mujair nyat nyat merupakan jenis makanan berbahan utama ikan mujair yang paling terkenal. Menu ini tidak hanya menjadi makanan favorit masyarakat lokal, tetapi sering jadi buruan wisatawan.

baca juga: Mencicipi Kelezatan Gurame Jae Lalah Khas Tabanan di Paon Mak Mo

Ikan Mujair Nyat Nyat Khas Kintamani yang Dibuat dengan Bumbu Lokal

Ikan mujair nyat nyat memiliki rasa yang unik. Dalam pengolahannya, ikan mujair biasanya dimasak setengah matang dengan cara digoreng ataupun bakar terlebih dahulu. Mengenai bumbu-bumbu yang dipakai, umumnya adalah bumbu genep atau bumbu lengkap khas Bali. Ikan yang dalam kondisi setengah matang, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yang telah disiapkan.

mujair nyat nyat khas Kintamani 1 » Mencicipi Keunikan Kuliner Tradisional Mujair Nyat Nyat Khas Kintamani

via Food Kuliner

Dalam tahapan ini, ikan mujair berbumbu genep, selanjutnya direbus sampai air rebusan dalam kondisi tandas. Bumbu-bumbu yang digunakan juga merupakan bumbu asli Indonesia. Oleh karena itu, mujair nyat nyat merupakan jenis kuliner khas Bali yang bisa dibilang merupakan salah satu identitas lokal yang masih bertahan di Kintamani hingga sekarang.

Dalam membuat ikan mujair nyat nyat, hal penting yang harus diperhatikan tidak hanya terkait bumbu, tetapi juga jenis ikan. Anda dapat memilih untuk memanfaatkan ikan mujair atau ikan nila. Biasanya, masyarakat Kintamani lebih memilih untuk menggunakan ikan yang dibudidayakan di kawasan Batur. Alasannya, ikan dari Danau Batur punya rasa yang khas dan tidak bau tanah.

baca juga: Rujak Kuah Pindang Bu Putu, Spesialis Kuliner Rujak Khas Bali

Mencicipi Ian Mujair Nyat Nyat di Tepi Danau Batur yang Indah

Bagi wisatawan yang ingin menikmati sajian mujair nyat nyat yang enak, lokasi yang dapat dituju adalah Danau Batur. Di sini, Anda dapat menjumpai restoran spesialis olahan ikan mujair yang terkenal. Restoran tersebut adalah Restoran Apung Danau Batur. Di sini, Anda dapat memilih olahan nyat nyat yang menggunakan bahan utama berupa ikan mujair serta ikan nila.

mujair nyat nyat khas Kintamani 3 » Mencicipi Keunikan Kuliner Tradisional Mujair Nyat Nyat Khas Kintamani

via Magdalena Eata

Anda tidak perlu khawatir mengenai kualitas rasa dari nyat nyat yang disajikan oleh Restoran Apung Danau Batur. Ikan yang digunakan berada dalam kondisi segar. Pihak restoran pun hanya melakukan pengolahan ketika sudah memperoleh pesanan. Meski begitu, Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama untuk bisa menikmati sajian tradisional yang enak ini. Apalagi, Anda akan memperoleh suguhan pemandangan Danau Batur yang cantik.

Resto Apung Danau Batur bisa Anda temukan berada di alamat Jl. Raya Kedisan, Kecamatan Bangli, Kintamani. Restoran ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.30 sampai pukul 23.00 waktu setempat. Momen terbaik yang bisa anda pilih untuk datang ke Resto Apung Kintamani adalah saat sore hari. Dijamin, bakal dapat pemandangan matahari terbenam yang memesona dan sangat romantis.