Menelusuri Keunikan Batik di Desa Budaya Tohpati Klungkung

Desa Budaya Tohpati Klungkung

Bali tidak hanya menarik di pusat kotanya saja, melainkan kawasan desa yang ada di Bali juga menarik. Saat ini banyak sekali wisatawan yang mengunjungi desa-desa di Bali sebagai destinasi liburan mereka. Desa-desa di Bali juga menawarkan beragam keunikan, mulai dari tradisi, keindahan alam, dan banyak lagi. Di Bali terdapat desa yang terkenal akan budaya membatiknya, yaitu Desa Budaya Tohpati Klungkung.

Anda yang datang kesini juga dapat berburu batik. Batik-batik yang ada di Desa Tohpati ini tidak hanya dalam bentuk kain lembaran saja, melainkan juga sudah dikreasikan dalam bentuk pakaian, dasi, gaun, tas, dompet, dan banyak jenis kerajinan lainnya.

Desa Budaya Tohpati Klungkung 2 » Menelusuri Keunikan Batik di Desa Budaya Tohpati Klungkung

Namun, bisa dibilang batik-batik yang ada di desa ini memiliki harga yang cukup mahal karena prosesnya yang menggunakan cara tradisional. Namun, masih ada juga yang memiliki harga cukup murah. Harga tergantung pada kerumitan motif, ukuran, serta jenis kain yang digunakan.

baca juga: Bale Udang Mang Engking, Kuliner ala Pedesaan di Denpasar

Belajar Membatik di Desa Budaya Tohpati Klungkung

Anda dapat membeli kerajinan-kerajinan batik tersebut di butik-butik yang ada. Terdapat juga butik yang tidak hanya menawarkan hasil kreasi batik saja. Melainkan terdapat butik yang juga mempersilahkan wisatawan untuk belajar mengenai teknik membatik. Bagi anda yang ingin belajar membatik, anda dapat datang ke salah satu butiknya, seperti salah satu butik di Desa Tohpati, yaitu butik Phalam Batik. Jika anda ingin mempelajarinya datang saja ke butik tersebut, atau anda bisa mencari tau ke butik lainnya.

Desa Budaya Tohpati Klungkung 3 » Menelusuri Keunikan Batik di Desa Budaya Tohpati Klungkung

Batik yang ada di Desa Budaya Tohpati Klungkungbisa dibilang motifnya tidak begitu berbeda dengan batik-batik lainnya di daerah lain di Bali. Motifnya masih mempertahankan sisi tradisional, dimana terdapat rusa, kura-kura, burung atau naga. Akhir-akhir ini yang sedang berkembang adalah bertemakan pemandangan yang dipadu padankan dengan warna cerah.

baca juga: Wisata ala Pedesaaan di Terasering Sawah Tegalalang Ubud

Pastinya batik-batik yang ada di Desa Tohpatih merupakan batik dengan kualitas yang tinggi. Anda dapat membelinya untuk dijadikan kenang-kenangan atau sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Berkunjung ke Desa Tohpati dijamin tidak akan kalah seru dengan mengunjungi objek-objek wisata seperti pantai, air terjun, atau lainnya. Disini anda dapat merasakan menjadi penduduk lokal dan melihat keseharian dari penduduk lokal. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan Desa budaya Tohpati ke dalam daftar tujuan liburan anda.

Lokasi Desa Budaya Tohpati Klungkung

Desa Tohpati ini berada di wilayah Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali. Dikenal sebagai pusat seni dan budaya di wilayah Kabupaten Klungkung. Jika anda main-main ke desa ini, hal yang paling menarik perhatian adalah batik. Desa Tohpati merupakan pusat dari kerajian batik yang ada di Bali.

baca juga: Tradisi Pemakaman Unik Warisan Leluhur di Desa Trunyan Bali

Karya batik dapat anda jumpai di ruas jalan Desa Tohpati. Penduduk lokal mempertahankan seni batik, sehingga di Desa Tohpati ini terdapat beberapa butik, toko batik. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Desa Tohpati untuk berburu batik. Para wisatawan tersebut banyak memburu batik untuk dijadikan cinderamata.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Desa Tohpati, anda dapat langsung menuju ke lokasinya yang berada di Klungkung. Desa Tohpati terletak kurang lebih 10 menit dari kota Denpasar. Anda dapat mengunjunginya bersama dengan teman-teman atau keluarga anda.

gambar via Bali Hello Travel