Menelusuri Keunikan Desa Petiga Tabanan, Desa Sentra Tanaman Hias di Bali

Desa Petiga Tabanan

via Balebengong

Nama Desa Petiga Tabanan memang sangat tidak familier di telinga wisatawan. Namanya kalah mentereng kalau dibandingkan dengan desa wisata yang telah berkembang pesat seperti Desa Penglipuran. Namun, siapa sangka kalau Desa Petiga punya potensi wisata menarik. Desa ini memiliki potensi besar karena sejak dulu dikenal sebagai kawasan desa agropolitan tanaman hias.

Desa Petiga Tabanan 3 » Menelusuri Keunikan Desa Petiga Tabanan, Desa Sentra Tanaman Hias di Bali

via Radar Bali

Penetapan Desa Petiga sebagai kawasan desa agropolitan tanaman hias dilakukan oleh mantan Gubernur Bali, Dewa Beratha pada rentang tahun 1990-an. Selanjutnya, masyarakat setempat terus berusaha untuk menjaga kelestarian desanya. Sebagai buktinya, saat ini masih sangat banyak masyarakat yang berprofesi sebagai penjual tanaman hias. Bahkan, aktivitas tersebut mendapatkan dukungan dengan penerapan aturan adat setempat.

Masyarakat Desa Petiga Bali yang Berlomba-lomba Memiliki Kebun Tanaman Hias

Desa Petiga Tabanan 1 » Menelusuri Keunikan Desa Petiga Tabanan, Desa Sentra Tanaman Hias di Bali

via Balebengong

Saat berkunjung ke Desa Petiga Bali, Anda akan menemukan kalau hampir setiap rumah memiliki kebun yang ditujukan sebagai lahan untuk tanaman hias. Di desa ini, ada 3 area dusun yang memang terkenal dengan masyarakatnya yang berprofesi sebagai petani tanaman hias. Tiga dusun yang dimaksud adalah Petiga Kangin, Petiga Blanban, serta Petiga Semingan.

Menariknya, ada pula salah satu dusun yang secara khusus melarang adanya alih fungsi ruang hijau yang ada di depan rumah. Dalam konsep arsitektur tradisional masyarakat Bali, area ini dikenal dengan nama telanjakan. Oleh karena itu, Anda akan menemukan area telanjakan di rumah-rumah yang ada di Desa Petiga, memiliki desain yang cantik dengan keberadaan tanaman hias dalam berbagai bentuk dan warna.

Desa Petiga Tabanan 2 » Menelusuri Keunikan Desa Petiga Tabanan, Desa Sentra Tanaman Hias di Bali

via Balebengong

Tidak hanya memanfaatkan area depan rumah. Warga di Desa Petiga juga melakukan hal serupa untuk area di belakang rumah. Halaman belakang yang dikenal dengan istilah teba, juga digunakan sebagai kebun. Beberapa masyarakat juga memilih untuk menggunakan area teba sebagai sarana etalase yang menjadi upaya untuk memamerkan berbagai jenis tanaman hias yang bisa dibeli pengunjung.

Tidak cukup sampai di situ, kesepakatan warga juga melarang adanya aktivitas penjualan tanah pekarangan yang berstatus milik desa. Tanah pekarangan yang menjadi kepemilikan desa, dikenal dengan istilah sebagai tanah ayahan. Keberadaannya ditujukan untuk kepentingan seluruh warga. Dengan begitu, masyarakat Desa Petiga bisa menjamin kalau tidak ada upaya peralihan kepemilikan dan bisa pula mendorong usaha budidaya tanaman hias warga.

Berbagai Tanaman Hias Cantik di Desa Petiga Tabanan

Kunjungan ke lokasi Desa Petiga di Kabupaten Tabanan, bisa menjadi upaya untuk belanja tanaman hias dengan harga yang murah. Masyarakat setempat mengatakan kalau harga tanaman hias yang mereka tawarkan, jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan tanaman hias yang ditawarkan di Denpasar. Selain itu, varian tanaman hias yang bisa didapatkan di Desa Petiga juga jauh lebih banyak.

Jenis tanaman pisang-pisangan atau yang dikenal dengan nama heliconia bisa ditemui dengan sangat mudah di desa ini. Bahkan, Anda dapat menemukan tanaman heliconia dalam berbagai bentuk. Heliconia denslifora yang menawarkan bentuk bunga pisang-pisangan yang mirip dengan cakar kepiting, bisa didapatkan dengan gampang. Kalau ingin heliconia yang lebih cantik, Anda bisa menemukan heliconia rostrata yang memiliki bentuk bunga menggantung.

Upaya yang dilakukan oleh masyarakat Desa Petiga menjadi bukti, bahwa pilihan hidup menjaga kelestarian lingkungan, bisa berdampak sangat positif. Apalagi, usaha tanaman hias di desa ini, bisa menopang ekonomi warga secara signifikan. Buktinya, banyak masyarakat yang memilih untuk tetap tinggal di desa dan enggan merantau ke kota lain.