Mengenal 5 Jenis Makhluk Halus dan Hantu di Bali yang Telah Ada Sejak Zaman Kuno

Hantu di Bali

Masyarakat Bali memiliki kepercayaan mistis serta hal-hal gaib yang sangat kental. Kepercayaan terhadap hal-hal mistis itu pun tidak kalah kalau dibandingkan dengan masyarakat Jawa ataupun daerah lain. Hal yang cukup menarik, masyarakat Bali juga mengenal berbagai jenis makhluk halus di Bali yang punya ciri khas beda dengan hantu atau makhluk halus di tempat lain.

Hantu di Bali 2 » Mengenal 5 Jenis Makhluk Halus dan Hantu di Bali yang Telah Ada Sejak Zaman Kuno

Nah, hantu yang berasal dari Bali ternyata punya jenis yang berbeda dibandingkan dengan hantu di tempat lain. Penasaran? Berikut ini adalah info mengenai jenis-jenis hantu yang berasal dari Bali:

Kemangmang

Di Jawa, Anda bakal cukup familier dengan cerita keberadaan hantu kepala yang disebut dengan ndas gelundung. Bali ternyata punya versi hantu ndas gelundung sendiri, yang disebut dengan nama kemangmang. Dalam berbagai penampakan, hantu kemangmang memiliki penampilan seperti buah kelapa. Hanya saja, kemangmang memiliki lubang yang konon berfungsi menjadi bagian mulut.

baca juga: Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

Di masa lalu, masyarakat Bali banyak yang mendapati penampakan hantu kemangmang. Biasanya, hantu kemangmang muncul pada malam hari di area sawah atau kebun. Saking seringnya, masyarakat Bali zaman dulu tidak menganggap kemangmang sebagai makhluk halus. Mereka lebih menyebut kemangmang sebagai salah satu hama binatang.

Gregek Tunggek

Hantu di Bali 3 » Mengenal 5 Jenis Makhluk Halus dan Hantu di Bali yang Telah Ada Sejak Zaman Kuno

Gregek tunggek merupakan versi hantu di Bali yang biasa muncul dalam penampakan berupa wanita dengan rambut panjang. Kalau di tempat lain, hantu ini bakal memperoleh sebutan sebagai kuntilanak atau sundel bolong. Biasanya, makhluk halus dari Bali yang satu ini punya kebiasaan menempati rumah kosong, pohon besar, serta area kuburan.

baca juga: Ini Patung Misterius yang Pernah Dibuat Di Bali, Berani Berkunjung?

Tonya

Tonya menjadi jenis hantu dari Bali yang secara perilaku, punya kemiripan dengan tindak-tanduk manusia. Mereka biasa hidup dengan cara bermasyarakat. Bahkan, tonya disebutkan memiliki area perkampungan selayaknya manusia. Bentuk tubuh tonya juga konon mirip dengan manusia. Hanya saja, ada perbedaan berupa tidak adanya lekukan kecil yang lokasinya ada di atas bibir dan di bawah hidung seperti pada manusia.

Memedi

Memedi menjadi jenis hantu asal Bali yang kerap disebut-sebut sebagai makhluk halus yang kerap melakukan penculikan terhadap anak. Hantu yang satu ini disebutkan sebagai jenis makhluk halus yang memang suka bermain-main dengan anak. Meski merupakan sosok yang suka bermain dengan anak-anak, penampilan memedi sangat menakutkan. Memedi kerap disebutkan sebagai makhluk yang berpenampilan gembel dengan kulit sawo matang.

baca juga: Menengok Nuansa Seram Dibalik Kemegahan Hotel P.I Bedugul

Gamang

Hantu di Bali 1 » Mengenal 5 Jenis Makhluk Halus dan Hantu di Bali yang Telah Ada Sejak Zaman Kuno

Gamang menjadi jenis hantu dari Bali yang memiliki bentuk tidak jelas. Oleh karena itu, masyarakat Bali menyebut hantu ini dengan gambang, yang artinya tidak jelas, dengan rambut awut-awutan dan badan yang kotor. Hantu ini punya kebiasaan yang kontras dengan tonya. Mereka lebih terbiasa hidup sendiri. Gamang diketahui kerap hidup dan menempati area sungai atau kali yang berukuran kecil.

Itulah 5 jenis hantu yang dikenal oleh masyarakat Bali. Beberapa di antaranya menjadi jenis hantu yang hanya punya perbedaan nama di tempat lain. Namun, ada pula hantu yang menjadi ‘penduduk’ khas Pulau Bali. Cukup menakutkan, bukan? Hiiii… semoga saja Anda tidak bertemu dengan mereka saat berlibur ke Bali. Namun, kalau Anda penasaran dengan wujud mereka, bisa mencoba berkunjung ke area-area yang dianggap angker.