Mengenal Jenis Pakaian Adat Bali Berdasarkan Fungsi dan Tingkatannya

Jenis Pakaian Adat Bali

via Baliya

Budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali memang begitu unik. Budaya juga menjadi identitas utama yang membedakan antara masyarakat Pulau Bali dengan masyarakat dari daerah lain. Keunikan budaya Bali bisa dilihat dalam beragam hal, termasuk di antaranya adalah dari jenis pakaian adat Bali yang mereka gunakan.

Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis pakaian adat Bali yang pemakaiannya berbeda-beda. Anda akan menjumpai ada 3 jenis pakaian adat khas Bali, yaitu:

1. Payas agung

Jenis Pakaian Adat Bali 1 1024x683 » Mengenal Jenis Pakaian Adat Bali Berdasarkan Fungsi dan Tingkatannya

via Visesa Ubud

Jenis pakaian adat Bali yang pertama disebut dengan payas agung. Merujuk pada namanya, pakaian ini menampilkan kesan yang mewah dan spesial. Oleh karena itu, tak heran kalau pemanfaatannya juga tidak bisa untuk beragam aktivitas. Payas agung merupakan jenis pakaian yang secara khusus ditujukan untuk acara pernikahan.

baca juga: Desa Bayung Gede, Desa Adat dengan Budaya Tradisional Bali Aga di Bangli

Pakaian ini terlihat mewah dengan perpaduan warna merah, emas, serta putih. Ketiga warna tersebut merupakan warna yang menjadi representasi kemewahan di Bali. Apalagi, pada penggunaanya, payas agung ini juga kerap disertai dengan mahkota yang berukuran cukup besar. Pemakaian mahkota itu tak hanya untuk laki-laki, tetapi juga perempuan.

Payas agung untuk laki-laki kerap disertai dengan keris serta bawahan berupa kain songket yang mewah. Sementara itu, payas agung untuk perempuan menggunakan kain atau sesanteng yang sengaja dililitkan pada bagian tubuh atas. Pada bagian bawahan, terdapat kain tenun songket yang mewah.

2. Payas madya
Payas madya memiliki tingkatan pemakaian yang fleksibel, tidak seperti payas agung. Anda bisa menggunakan pakaian ini untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, aturan terkait cara mengenakannya juga tidak terlalu ketat. Meski begitu, mereka yang mengenakan jenis pakaian adat Bali ini akan terlihat begitu gagah dan cantik.

baca juga: Perang Ketupat Desa Adat Kapal, Tradisi Wujud Rasa Syukur Masyarakat Hindu Bali

Jenis Pakaian Adat Bali 2 » Mengenal Jenis Pakaian Adat Bali Berdasarkan Fungsi dan Tingkatannya

via Baliya

Jenis atasan yang bisa dipakai ketika mengenakan payas madya bisa beragam. Anda dapat memilih untuk memakai baju kaos, kaos polo, ataupun kemeja. Sementara itu, untuk bagian bawahan, harus disertai dengan senteng atau selendang serta kamen.

3. Payas alit
Jenis pakaian adat Bali yang berikutnya disebut dengan nama payas alit. Pakaian adat tradisional yang satu ini menjadi jenis busana yang sering digunakan ketika masyarakat Bali ingin melangsungkan ibadah ke pura. Pakaian ini juga memiliki ciri khas berupa penggunaan kain yang berwarna putih.

baca juga: Rumah Adat Khas Bali, Tak Sekadar Unik, Nilai Filosofinya Juga Tinggi Lho!

Jenis Pakaian Adat Bali 3 » Mengenal Jenis Pakaian Adat Bali Berdasarkan Fungsi dan Tingkatannya

via Cara Kus

Pria Bali yang menggunakan payas alit disertai dengan udang di bagian kepala. Selain itu, kamen di bagian pinggang juga tak terlupakan. Sementara itu, pakaian untuk perempuan berupa kebaya yang disertai dengan kamen serta selendang.

Dari ketiga jenis pakaian adat khas Bali tersebut, Anda bisa memilih payas madya serta payas alit sebagai pilihan oleh-oleh menarik. Harga pakaian adat Bali tidak terlalu mahal. Anda bisa memilih untuk belanja di pasar tradisional untuk bisa mendapatkan harga yang sesuai bujet. Ditambah lagi, Anda juga berkesempatan untuk menawar harga yang dipatok oleh penjual.

Sementara itu, payas agung juga bisa Anda gunakan untuk kesempatan spesial. Apalagi, ketika Anda memutuskan ingin melangsungkan pesta pernikahan yang unik di Bali. Pemakaian payas agung, bisa membuat upacara pernikahan jadi momen yang sulit untuk dilupakan.