Mengenal Lebih Dekat Sosok Presiden Pertama RI di The Sukarno Center Tampak Siring

The Sukarno Center Tampak Siring

Keberadaan The Sukarno Center Tampak Siring memang tak begitu populer di Bali. Namun, keberadaan tempat wisata edukatif yang satu ini memberi informasi berharga tentang sosok presiden pertama sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Di tempat ini, para wisatawan bisa mengetahui beragam kisah menarik dalam perjalanan hidup seorang Soekarno.

Bangunan The Sukarno Center Tampak Siring dibangun pada tahun 2008. Keberadaan museum ini merupakan upaya penghormatan kepada sosok Soekarno yang merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Apalagi, peran Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia sangat besar. Nah, kalau di luar negeri ada Gandhi Center, Ho Chi Minh Center, dan semacamnya, maka di Indonesia ada museum yang satu ini.

The Sukarno Center Tampak Siring 4 1024x683 » Mengenal Lebih Dekat Sosok Presiden Pertama RI di The Sukarno Center Tampak Siring

Pembangunannya digagas oleh Sukmawati yang tak lain adalah putri dari Soekarno bersama dengan Arya Wedakarna. Sesuai dengan namanya, di tempat ini para wisatawan bisa mendapati keberadaan koleksi yang berkaitan erat dengan Soekarno. Jenis koleksinya pun beragam. Anda bisa menjumpai keberadaan kenang-kenangan yang didapatkan Soekarno dari negara tetangga, lukisan para penggemar Soekarno, atapun kutipan pidato yang menggugah hati dari Soekarno.

The Sukarno Center Tampak Siring 5 » Mengenal Lebih Dekat Sosok Presiden Pertama RI di The Sukarno Center Tampak Siring

Tidak hanya memiliki koleksi yang menarik, bangunan dari museum ini juga cukup menarik. Karena berada di Bali, sangat tidak heran kalau desain arsitektur museum didesain dengan unsur Bali. Sebagai contoh, ketika sampai di bagian depan bangunan, terdapat 2 gerbang yang berbentuk replika kereta kencana. Nah, ketika memasuki bagian dalam, nampak akulturasi budaya Bali dengan Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya lantunan sinden jawa yang disuarakan di area museum.

The Sukarno Center Tampak Siring 3 » Mengenal Lebih Dekat Sosok Presiden Pertama RI di The Sukarno Center Tampak Siring

Ketika sampai di dalam museum, para pengunjung akan serasa berada langsung dan berhadapan dengan sosok proklamator kemerdekaan itu. Tidak ketinggalan, unsur mistis juga melingkupi seluruh ruangan museum. Mengingat, sosok Soekarno memang kerap disangkut pautkan dengan unsur mistis di Pulau Jawa. Selain itu, The Sukarno Center Tampak Siring juga dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki ruang kerja yang sepenuhnya dibangun sebagai replika tempat kerja Soekarno.

The Sukarno Center Tampak Siring Masih Belum Sempurna

Para pengunjung memang sudah bisa datang ke museum ini dengan bebas. Bisa pula melihat beragam koleksi yang ada, seperti foto lama, kutipan pidato, dan lain-lain. Namun, hal yang perlu diperhatikan, museum ini masih terus dalam masa pengembangan.

The Sukarno Center Tampak Siring 1 » Mengenal Lebih Dekat Sosok Presiden Pertama RI di The Sukarno Center Tampak Siring

Rencana awal dari pembangunan museum, diperkirakan bakal rampung pada tahun 2020. Koleksi yang saat ini tersimpan di sana pun hanya sebagian kecil dari seluruh koleksi yang bakal ditampilkan. Namun, langkah untuk penyempurnaan museum yang didedikasikan untuk Soekarno ini masih dilakukan secara bertahap.

Tiket Masuk The Sukarno Center Tampak Siring

Para pengunjung yang ingin datang ke tempat ini perlu membayar tiket, yang untungnya dipatok dengan banderol tak terlalu mahal. Para wisatawan yang berusia dewasa, diwajibkan untuk bayar tiket seharga Rp20.000 per orang. Sementara itu, untuk anak-anak, dikenakan setengah harga, hanya Rp10.000 per orang. Ketika meninggalankan museum, para petugas yang ada di sini akan memberikan kenang-kenangan berupa poster kepada para pengunjung.

Lokasi The Sukarno Center Tampak Siring

Untuk menuju ke tempat wisata edukatif di Tampak Siring ini, Anda bisa datang langsung ke lokasinya. The Sukarno Center beralamat di Jl. Pejeng Kaja, Tampak Siring Nomor 751, Tampak Siring, Kabupaten Gianyar. Lokasi dari museum ini berjarak sekitar 5 km dari Istana Kepresidenan Tampak Siring. Akan cukup menarik untuk berkunjung ke kedua tempat ini. Apalagi, keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan Soekarno.

*gambar via balisenibudaya