Mengenal Lebih Jauh Tentang Pura Kahyangan Jagat, Pura Universal di Bali


1
1 share, 1 point

Para wisatawan mungkin menganggap bahwa pura yang ada di Bali punya status yang setara. Namun, ketika Anda meneliti lebih jauh, ternyata kondisinya tidak seperti itu. Masing-masing pura yang ada di Bali ternyata punya statusnya tersendiri. Bahkan, ada pula pura yang secara khusus ditujukan sebagai tempat ibadah golongan tertentu.

Pura kahyangan jagat merupakan salah satu jenis pura yang ada di Bali. Berbeda dengan jenis pura yang lain, hanya ada sebanyak 9 bangunan pura yang berstatus sebagai kahyangan jagat. Oleh karena itu, pura ini merupakan pura dengan status luar biasa yang begitu istimewa di Pulau Bali. Menariknya lagi, 9 pura berstatus kahyangan jagat di Bali merupakan pura-pura yang terkenal.

Apa Itu Pura Kahyangan Jagat?

Pura kahyangan jagat merupakan jenis pura jagat yang bertujuan untuk membina kerukunan secara universal. Seperti yang telah disebutkan, pura ini merupakan jenis pura jagat yang pendiriannya dilakukan dengan tujuan untuk lokasi pemujaan Hyang Widhi Wasa dengan segala manifestasi-Nya.

pura kahyangan jagat 1 » Mengenal Lebih Jauh Tentang Pura Kahyangan Jagat, Pura Universal di Bali
Sumber: Uzone

Keberadaan pura kahyangan jagat juga hanya terbatas di 9 arah mata angin. Pura ini ditujukan sebagai stana para dewa yang menjadi penjaga di sembilan arah mata angin tersebut. Pura ini juga menjadi tempat pemujaan secara umum dan tidak ada batasan para pengunjung yang melakukan persembahyangan di dalamnya.

Sembilan Pura Kahyangan Jagat di Bali

Seperti yang telah disebutkan, hanya ada 9 pura Kahyangan Jagat yang ada di Pulau Bali. Dari sembilan pura tersebut, 3 di antaranya merupakan pura kahyangan inti Bali. Sementara itu, 6 pura lainnya disebut sebagai Pura Sad Kahyangan. Pura Sad Kahyangan merupakan sebutan untuk pura yang dianggap sebagai sendi-sendi Pulau Bali.

Baca Juga: Pura Besakih, Pura Terbesar dan Terpenting di Pulau Dewata Bali

pura kahyangan jagat 2 » Mengenal Lebih Jauh Tentang Pura Kahyangan Jagat, Pura Universal di Bali
Sumber: pixdaus.com/toonman blchin

Sembilan pura kahyangan jagat yang dimaksud adalah:

1. Pura Besakih

Pura Besakih, seperti yang telah disebutkan, merupakan pura kahyangan inti di Bali. Pura ini merupakan pusat dari seluru Pura Kahyangan Jagat. Oleh karena itu, tidak heran kalau Pura Besakih merupakan lokasi pemusatan kegiatan pura-pura yang ada di Bali.

2. Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu adalah pura kahyangan jagat yang menjadi stana Dewa Wisnu dan lokasinya berada di bagian utara Pulau Bali.

Baca Juga: Keindahan Pura Ulun Danu Batur di Kintamani

3. Pura Andakasa

Pura Andakasa merupakan pura yang menjadi lokasi pemujaan Dewa Brahma. Pura ini bisa ditemukan pada arah selatan Pulau Bali.

4. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang dapat dijumpai di arah timur Pulau Bali. Keberadaannya menjadi istana dari Dewa Iswara dalam menjaga pulau.

5. Pura Batukaru

Pura Batukaru adalah pura yang menjadi istana Mahadewa. Pura ini dapat ditemukan di arah sebelah barat di Pulau Bali.

6. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah terletak di ujung bagian tenggara Pulau Bali. Pura ini menjadi tempat pemujaan manifestasi Dewa Maheswara.

7. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu menjadi pura penjaga Pulau Bali yang ada di arah mata angin barat daya. Pura ini dikenal sebagai stana Dewa Rudra.

8. Pura Bukit Pengelengan

Pura Bukit Pengelengan atau Puncak Mangu terletak di arah barat laut Pulau Bali. Pura ini menjadi tempat pemujaan untuk Dewa Sanskara.

9. Pura Pasar Agung

Terakhir adalah Pura Pasar Agung yang bisa ditemukan di arah timur laut Pulau Bali. Pura ini menjadi istana Dewa Sambhu.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.


Like it? Share with your friends!

1
1 share, 1 point
Imam Baihaki