Mengenal Tradisi Banjar yang Jadi Keunikan Tersendiri di Bali

Banjar di Bali

via Gusti Bali

Budaya Bali memang dikenal memiliki keunikan kalau dibandingkan dengan budaya di tempat lain. Salah satu keunikan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali adalah terkait banjar. Banjar dikenal sebagai cara pembagian wilayah secara administratif yang hanya bisa Anda jumpai di Bali. Hal ini merupakan wujud nyata dari pemerintah yang ingin melestarikan budaya khas Bali.

Banjar di Bali 2 » Mengenal Tradisi Banjar yang Jadi Keunikan Tersendiri di Bali

via Bali Media Info

Banjar dikenal memiliki fungsi sebagai kesatuan hukum dengan batas-batas wilayah tertentu. Anda bisa mendapati posisi administratif dari banjar berada di bawah kelurahan atau desa. Kalau dibandingkan dengan posisi administratif lainnya, banjar memiliki peran yang sama selayaknya seperti rukun warga.

Sejarah Kemunculan Adanya Banjar di Bali

Menelusuri sejarah kemunculan istilah banjar di Bali, bisa cukup membingungkan. Apalagi, bukti-bukti sejarah dari keberadaan banjar di masa lalu memang cukup sedikit. Masyarakat mengenal asal muasal dari tradisi banjar kebanyakan lewat cerita orang tua.

Hanya saja, hal yang harus bisa dipastikan adalah keberadaan banjar di Bali sudah ada sejak dulu, bahkan sejak zaman prasejarah. Sebagai buktinya, Anda bisa menemukan penyebutan kata banjar dalam Prasasti Goleg Pura Desa yang ditulis menggunakan bahasa Bali kuno. Perlu diketahui bahwa prasasti tersebut memiliki tahun 914 masehi.

Banjar di Bali 1 1024x638 » Mengenal Tradisi Banjar yang Jadi Keunikan Tersendiri di Bali

via Bali Media Info

Prasasti Goleg menyebutkan kalimat “… ser tunggalan banjar di Indrapura.” yang kalau dalam bahasa Indonesia, artinya adanya pengawasan bersama di Indrapura. Selain itu, istilah banjar juga dapat dijumpai pada lontar Maharsi Markandya. Hal yang bisa dipastikan, keberadaan banjar bagi masyarakat Bali, tak hanya berguna untuk aktivitas sehari-hari, tetapi juga untuk kepentingan kegiatan religi.

Fungsi Banjar di Bali

Seperti yang telah disebutkan, keberadaan banjar di Bali sampai saat ini masih terus dipertahankan. Pemerintah pun menetapkan posisi yang jelas untuk banjar. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa terdapat 2 fungsi dari banjar yang keberadaannya diatur oleh peraturan pemerintah Bali. Dua fungsi tersebut adalah:

1. Banjar Dinas
Banjar yang satu ini merupakan satuan yang bertugas dalam menjalankan aktivitas administratif berkaitan dengan pemerintah. Anda bisa mendapati proses pembuatan KTP, Kipem, posyandu, ataupun aktivitas pemungutan suara untuk pilkada ataupun pilpres di Banjar Dinas.

baca juga: Wisata Budaya Menyaksikan Kemegahan Pura Luhur Lempuyangan Bali

2. Banjar Adat
Banjar adat merupakan satuan yang secara khusus menjalankan fungsinya mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan adat. Mereka bakal mengatur adanya beragam pertunjukan tradisional khas Bali yang dalam pengadaannya bertujuan sebagai ritual.

Menjaga Tradisi Banjar di Era Bali yang Modern

Banjar di Bali 3 » Mengenal Tradisi Banjar yang Jadi Keunikan Tersendiri di Bali

via Gusti Bali

Bagi masyarakat Bali, orang pendatang bisa diterima dengan terbuka, termasuk ketika ingin menjadi warga banjar. Hanya saja, proses kepindahan tersebut harus disertai dengan prosedur yang jelas. Sebagai contoh, Anda harus mengurus berbagai administrasi yang diperlukan seperti KTP ataupun Kipem.

baca juga: Tradisi Megibung Karangasem, Wajah Keunikan Budaya Tradisional Bali

Perlu Anda ketahui, bagi masyarakat Bali, keberadaan banjar memiliki nilai yang penting. Di waktu yang sama, keberadaan banjar juga merupakan upaya untuk menjaga nilai kekeluargaan di dalam masyarakat. Dalam setiap aktivitas banjar, masyarakat didorong untuk berpartisipasi secara langsung.

Hal yang sering terjadi di masyarakat Bali, mereka yang tergabung dalam wilayah sebuah banjar, hidup saling tolong-menolong. Sebagai contoh, ketika mengadakan acara pernikahan atau ketika tertimpa musibah kematian. Bisa dipastikan warga sekitar bakal turut berpartisipasi.

Jadi, kalau Anda ingin menetap dalam waktu yang cukup lama di Bali, pastikan untuk mengetahui informasi ini, ya.