Menikmati Keindahan Danau Batur dari Pucak Mangu Gunung Catur

Pucak Mangu Gunung Catur

via mart_ille

Aktivitas mendaki gunung di Bali bisa jadi pilihan kegiatan yang sangat menantang. Biasanya, para pendaki kerap memilih Gunung Batur ataupun Gunung Agung sebagai pilihan lokasi pendakian. Namun, selain kedua gunung tersebut, ada pula gunung lain yang tak kalah cantik. Salah satunya, Anda bisa memilih mendaki Pucak Mangu Gunung Catur.

Pucak Mangu Gunung Catur 4 » Menikmati Keindahan Danau Batur dari Pucak Mangu Gunung Catur

via mdsuarjana_

Popularitas Gunung Catur memang masih sangat minim. Para pendaki yang berkunjung ke Bali, lebih memilih untuk menjelajah Gunung Batur dan Gunung Agung. Di waktu yang sama, masyarakat lokal juga kurang begitu mengenal keberadaan gunung ini. Ya, nama Gunung Catur memang kurang familier. Masyarakat setempat lebih mengenal Gunung Catur sebagai lokasi berdirinya Pura Pucak Mangu.

Keindahan Pucak Mangu Gunung Catur yang Tak Kalah dengan Gunung Agung dan Gunung Batur

Pucak Mangu Gunung Catur 2 » Menikmati Keindahan Danau Batur dari Pucak Mangu Gunung Catur

via asiatarnowska

Gunung Catur merupakan gunung tertinggi keempat yang ada di Bali, dengan ketinggian mencapai 2096 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini merupakan gunung yang sudah tidak lagi aktif, lokasinya berada di kawasan kaldera Bedugul. Karena lokasinya tersebut, Anda dapat menyaksikan keindahan Danau Beratan secara langsung dari puncak Gunung Catur.

baca juga: Buda Kliwon Pegat Uwakan, Momen Penutup Rangkaian Perayaan Hari Raya Galungan di Bali

Gunung Catur secara administratif menjadi bagian dari Desa Pelaga, Kecamatan Pelaga. Puncak yang ada di gunung ini memang dikenal dengan nama Pucak Mangu atau Puncak Mangu. Di sini, berdiri sebuah pura yang masih tetap dimanfaatkan sebagai lokasi beribadah umat Hindu Bali. Oleh karena itu, selama melakukan pendakian ke sini, Anda bakal cukup banyak bertemu dengan masyarakat lokal.

Pucak Mangu Gunung Catur 1 » Menikmati Keindahan Danau Batur dari Pucak Mangu Gunung Catur

via mart_ille

Jalur pendakian Puncak Gunung Catur menawarkan pemandangan yang alami. Pintu masuk utama yang bisa digunakan untuk mendaki Gunung Catur adalah Desa Pelaga. Selain itu, konon ada pula jalur pendakian serupa yang berawal dari titik keberangkatan di Besakih. Hanya saja, informasi jalur pendakian via Besakih sangat minim, sehingga jarang dimanfaatkan.

Selama melintasi jalur pendakian via Desa Pelaga, Anda akan menemukan rute yang masih asri. Kawasan di sekitar Gunung Catur memang masih sangat alami. Pepohonan terasa begitu rindang dan menyejukkan. Kawasan hutan ini juga dikenal sebagai habitat berbagai jenis hewan. Seringkali, Anda bakal menjumpai keberadaan monyet liar yang cukup nakal di sini.

Trek yang ada dalam jalur pendakian Gunung Catur juga cukup ramah untuk para pendaki pemula. Pada titik awal pendakian, Anda akan menemukan jalur yang cukup landai. Suasana yang hijau dan lembab, membuat Anda bisa mendaki dengan nyaman tanpa kepanasan. Kondisinya mulai berbeda ketika Anda berada di lokasi dekat puncak yang memiliki jalur cukup curam.

Pemandangan Spesial di Puncak Gunung Catur Bali

Ketika berada di Puncak Gunung Catur, Anda akan menjumpai dua pohon besar yang lokasinya saling berhimpit. Masyarakat setempat menyebut kedua pohon ini sebagai pintu masuk menuju Pura Pucak Mangu. Karena bentuknya yang identik, kedua pohon ini kerap disebut sebagai pohon kembar.

baca juga: Pantai Pangkung Tibah Tabanan, Pantai Cantik dengan Suasana Tropis yang Khas di Bali

Pucak Mangu Gunung Catur 3 » Menikmati Keindahan Danau Batur dari Pucak Mangu Gunung Catur

via aththoriq_

Ada hal yang harus Anda perhatikan ketika berada di kawasan Puncak Gunung Catur. Anda perlu memastikan untuk bertindak dengan sopan. Gunakan pakaian selayaknya seperti ketika berkunjung ke pura. Ingat, di sini berdiri sebuah pura penting, yakni Pura Pucak Mangu. Anda perlu mengikuti aturan yang ada agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.