Menikmati Keindahan Kolam Bunga Teratai di Bali, Ini Destinasi yang Bisa Anda Tuju!

Kolam Bunga Teratai di Bali

via Koran Buleleng

Bunga Teratai atau lotus menjadi bunga yang menawarkan penampilan begitu cantik. Bagi masyarakat Hindu, bunga teratai punya makna yang begitu dalam. Apalagi, bunga teratai merupakan simbol dari Dewata Nawa Sanga. Dengan simbolisasi yang begitu penting seperti itu, tidak heran kalau Anda dapat menjumpai begitu banyak kolam bunga teratai di Bali.

Menurut kepercayaan para pemeluk Agama Hindu di Bali, bunga teratai merupakan lambang dari delapan penjuru mata angin. Disertai dengan bagian tengah, maka masyarakat Bali mengenal adanya sembilan arah mata angin. Masing-masing arah mata angin juga dipercaya menjadi lambang dari dewa-dewa tertentu. Sebagai contoh, Dewa Brahma merupakan dewa yang dilambangkan di selatan.

Wisata Kolam Bunga Teratai di Bali yang Populer

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Bali, kesempatan menghabiskan waktu liburan dengan datang ke kolam bunga teratai bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan, Anda akan menjumpai begitu banyak kolam bunga teratai. Ditambah lagi, bunga teratai yang bisa Anda temukan juga beragam.

Untuk membantu Anda yang tertarik menyaksikan kolam bunga teratai di Bali yang paling populer, berikut ini adalah pertimbangannya:

1. Kolam Teratai Candidasa

Kolam Bunga Teratai di Bali 3 » Menikmati Keindahan Kolam Bunga Teratai di Bali, Ini Destinasi yang Bisa Anda   Tuju!

via Bali Destination

Destinasi kolam bunga teratai cantik pertama yang sudah sangat populer di Bali adalah Kolam Teratai Candidasa atau yang juga disebut dengan nama Lotus Lagoon. Kolam air yang satu ini dipenuhi dengan begitu banyak bunga teratai yang mengambang di atas permukaan air. Bunga teratai berwarna merah muda, semakin mempercantik tampilan kolam tersebut.

Kolam bunga teratai di Candidasa ini juga bisa Anda saksikan dengan mudah. Lokasi tempat wisata ini tepat berada di tepi jalan. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai keberadaan pura yang terletak di seberang Kolam Teratai Candidasa. Di waktu yang sama, kolam ini juga berada tidak jauh dari pantai. Dengan lokasi seperti itu, Kolam Teratai Candidasa, menawarkan pemandangan yang begitu cantik.

2. Pura Taman Saraswati

Kolam Bunga Teratai di Bali 1 » Menikmati Keindahan Kolam Bunga Teratai di Bali, Ini Destinasi yang Bisa Anda   Tuju!

via Wikipedia

Wisata kolam bunga teratai di Bali yang populer selanjutnya bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Pura Taman Saraswati di Ubud. Pura ini merupakan bangunan tempat beribadah yang secara khusus didedikasikan untuk Dewi Saraswati. Ciri khas utama yang membedakan Pura Taman Saraswati dengan pura-pura terkenal lainnya di Bali adalah keberadaan kolam bunga teratai yang ada di area luar pura.

Kolam bunga teratai yang ada di Pura Taman Saraswati seolah menjadi pintu masuk menuju pura. Di sini, Anda akan menjumpai jalur yang sengaja ditempatkan berada di tengah-tengah kolam. Pura ini sendiri merupakan hasil karya dari I Gusti Nyoman Lempad yang proses pembangunannya berlangsung antara tahun 1951 sampai 1952.

3. Desa Petemon
Keberadaan Desa Petemon sebagai destinasi wisata kolam bunga teratai di Bali memang kalah populer dibandingkan dengan Pura Taman Saraswati dan Kolam Teratai Candidasa. Meski begitu, Desa Petemon merupakan salah satu desa di Buleleng yang dikenal sebagai desa yang melakukan budidaya bunga teratai.

Kolam Bunga Teratai di Bali 2 » Menikmati Keindahan Kolam Bunga Teratai di Bali, Ini Destinasi yang Bisa Anda   Tuju!

via Koran Buleleng

Bunga teratai yang dihasilkan oleh para petani di Desa Petemon begitu cantik. Bahkan, bunga teratai yang bisa Anda saksikan keindahannya di sini telah diekspor tidak hanya ke berbagai negara di Eropa, tetapi juga ke Australia. Selain itu, budidaya bunga teratai di Desa Petemon juga memasok kebutuhan bunga teratai untuk wilayah Denpasar serta Jakarta.

Itulah 3 pilihan destinasi wisata taman bunga teratai yang dapat Anda temukan selama berlibur ke Bali. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga tempat tersebut. Semoga bermanfaat!