Menyaksikan Gagahnya Patung Kumbakarna Laga di Kebun Raya Bali

Patung Kumbakarna Laga

via Bali Floating Leaf

Kebun Raya Bali terkenal sebagai destinasi wisata keluarga dengan suasana alami dan koleksi flora yang dimilikinya. Namun, daya tarik yang ada di Kebun Raya Bali bukan hanya pada koleksi flora. Di sini, Anda juga bisa menyaksikan kegagahan sosok Patung Kumbakarna Laga yang dibuat berdasarkan cerita Ramayana dalam melawan pasukan kera yang datang untuk menyelamatkan Dewi Sinta.

Sesuai dengan namanya, Kumbakarna Laga merupakan sebuah monumen yang didirikan dengan bentuk sosok Kumbakarna. Bagi Anda yang sering mendengar cerita Ramayana, Kumbakarna merupakan adik kandung dari Rahwana yang kerap dianggap sebagai tokoh antagonis. Padahal, Kumbakarna adalah tokoh kesatria yang berdedikasi.

Patung Kumbakarna Laga 1 818x1024 » Menyaksikan Gagahnya Patung Kumbakarna Laga di Kebun Raya Bali

via Pinterest

Patung Kumbakarna Laga yang Mengambarkan Kepahlawanan

Kumbakarna Laga yang ada di Kebun Raya Bali memang dibangun sengaja untuk memperlihatkan sosok kepahlawanan Kumbakarna. Bagi sebagian besar orang, Kumbakarna yang dikenal sebagai tokoh yang kerap menghabiskan waktunya dengan tidur merupakan tokoh antagonis. Status sebagai antagonis itu tak lain karena keterlibatan Kumbakarna dalam peperangan melawan pasukan monyet yang dipimpin oleh Hanoman dan Sugriwa.

baca juga: Kebun Raya Bedugul Bali, Destinasi Wisata Keluarga di Pulau Dewata

Patung Kumbakarna Laga 2 » Menyaksikan Gagahnya Patung Kumbakarna Laga di Kebun Raya Bali

via Bali Floating Leaf

Namun, siapa sangka kalau perlawanan yang dilakukan oleh Kumbakarna merupakan sebuah sifat kesatria yang perlu dimiliki oleh setiap orang? Sikap yang diperlihatkan oleh Kumbakarna dalam berperang melawan pasukan monyet tersebut bukan dilakukan dengan tujuan untuk membela Rahwana yang telah menculik Dewi Sinta. Perlawanan itu dilakukan oleh Kumbakarna karena berusaha untuk membela tanah airnya, Kerajaan Alengka.

baca juga: Liburan Romantis dan Seru di Ladang Bunga Marigold Bali

Sosok Kumbakarna yang merupakan bertubuh raksasa melakukan perjuangan sampai titik darah terakhir melawan pasukan kera pimpinan Hanoman. Upaya tersebut dianggap penting untuk dilakukan, apalagi setelah melihat gerombolan pasukan kera yang siap menginvasi Alengka. Dengan kekuatan besar yang dimilikinya, Kumbakarna yang terkenal sebagai tukang tidur, berperang melawan para monyet dengan gagah berani.

Berburu Foto Instagramable dengan Patung Kumbakarna Laga

Kumbakarna yang diabadikan dalam bentuk patung di Kebun Raya Bali terlihat begitu beringas dan gagah. Tubuhnya berukuran besar dengan tubuh berwarna putih. Tak lupa, Anda juga akan menemukan keberadaan pakaian perang lengkap dengan mahkota berwarna keemasan yang menempel pada tubuh Kumbakarna. Tak ketinggalan, keberingasan Kumbakarna juga tampak jelas lewat kuku tajam yang ada pada tangan serta kakinya.

baca juga: Wisata Alam Hutan Mangrove Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali yang Menakjubkan

Dalam patung ini, Anda juga akan menjumpai keberadaan pasukan monyet yang mengerubunginya. Kumbakarna terlihat seolah mengalami kesulitan. Apalagi, tubuh raksasanya dipanjat oleh beberapa monyet yang dipimpin oleh Sugriwa dan Hanoman. Dua tangan Kumbakarna terlihat masing-masing mencengkeram pasukan monyet. Kemarahan terlihat jelas di matanya yang melotot, terbuka lebar.

Keberadaan Patung Kumbakarna Laga yang beringas dan gagah ini menjadi salah satu ikon wisata yang ada di Kebun Raya Bali. Para wisatawan yang berkunjung ke kebun raya, kerap menghabiskan waktu cukup banyak untuk berfoto di depan Kumbakarna Laga. Apalagi, suasana yang ada di sekitar patung juga membuat siapapun bakal betah.

Patung Kumbakarna ini bertempat di sebuah taman dengan area yang lapang. Di sekelilingnya, Anda juga akan menemukan taman hijau yang membuat suasana di sekitar patung jadi lebih menarik. Dijamin, Anda tidak akan merasa rugi ketika berkunjung ke sini.