Menyaksikan Keindahan Bali dari Jembatan Tukad Bangkung Plaga yang Megah

Jembatan Tukad Bangkung

via putrasyah

Menikmati keindahan alam di Pulau Bali dapat dilakukan dengan banyak cara. Bahkan, pemandangan indah tersebut dapat pula Anda saksikan selama di perjalanan. Salah satunya adalah ketika Anda melintasi Jembatan Tukad Bangkung Plaga. Jembatan ini dikenal sebagai salah satu jembatan termegah yang ada di seantero Pulau Bali.

Jembatan Tukad Bangkung merupakan sebuah jembatan baru yang proses pendiriannya diawali pada tahun 2001. Dana yang dipakai untuk membangun jembatan megah ini tidak tanggung-tanggung, mencapai Rp49 miliar. Proses penyelesaiannya baru berakhir pada tahun 2006. Menariknya lagi, semua dana pembangunan berasal dari APBD Provinsi Bali, bukan APBN.

Jembatan Tukad Bangkung Plaga 3 » Menyaksikan Keindahan Bali dari Jembatan Tukad Bangkung Plaga yang Megah

via putrasyah

Desain Arsitektur Megah Jembatan Tukad Bangkung Plaga

Pembangunan Jembatan Tukad Bangkung merupakan upaya pemerintah setempat dalam menghubungkan tiga kabupaten di Bali. Tiga kabupaten yang dimaksud adalah Bangli, Badung, serta Buleleng. Keberadaannya pun membuat Bali sebagai wilayah yang memiliki salah satu jembatan terpanjang dan tertinggi di Indonesia. Jembatan ini juga menggantikan peran jembatan lama yang berjarak hanya sekitar 500 meter.

Jembatan Tukad Bangkung Plaga 1 » Menyaksikan Keindahan Bali dari Jembatan Tukad Bangkung Plaga yang Megah

via panduadjiehot

Jembatan Tukad Bangkung dibangun dengan teknologi canggih balanced cantilever. Pihak pengembang mengungkapkan kalau kekuatan jembatan ini bisa tahan selama 100 tahun. Tak hanya itu, desain arsitektur dari Jembatan Tukad Bangkung juga sangat kokoh. Ketahanannya diperkirakan mampu berdiri meski terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7 skala richter.

baca juga: Agrowisata Kebun Buah Naga Mengwitani, Pilihan Suasana Liburan Baru di Bali

Jembatan Tukad Bangkung Plaga 2 » Menyaksikan Keindahan Bali dari Jembatan Tukad Bangkung Plaga yang Megah

via phiya_agustin

Jembatan ini memiliki panjang mencapai 360 meter. Jalur kendaraan di jembatan ini memiliki panjang mencapai 9,6 meter. Ukuran jalur yang cukup luas, membuat Jembatan Tukad Bangkung bisa dilintasi oleh kendaraan berukuran besar. Selain itu, kekokohan jembatan ini juga ditunjang dengan pondasi pilar sedalam 41 meter di bawah tanah. Sementara itu, pilar paling tinggi di jembatan ini punya ketinggian mencapai 71,14 meter.

baca juga: Wisata Murah Menyaksikan Kebun Bunga Gumitir Desa Plaga di Bali

Jembatan Tukad Bangkung Plaga Berdiri di Atas Lahan Hijau yang Cantik

Pemerintah sengaja mendesain Jembatan Tukad Bangkung dengan desain terbuka. Tidak ada atap yang menutupi bagian atas dari jembatan. Hal ini dilakukan bukan dengan tujuan untuk meminimalkan biaya pembangunan yang sudah sangat besar. Namun, desain ini memiliki fungsi agar para pengguna jalan dapat memanfaatkan jembatan sekaligus menikmati keindahan alam Desa Plaga.

Jembatan Tukad Bangkung Plaga 4 » Menyaksikan Keindahan Bali dari Jembatan Tukad Bangkung Plaga yang Megah

via panduadjiehot

Selama melintas di Jembatan Tukad Bangkung, Anda akan menemukan pemandangan indah berupa pepohonan rindang di sepanjang mata memandang. Suasana yang alami memang menjadi daya tarik para wisatawan untul melintas di jembatan ini. Tak heran, ketika berada di sini, Anda akan cukup sering menjumpai wisatawan yang tengah singgah atau beristirahat sejenak.

baca juga: Bali Elephant Camp Plaga, Pengalaman Tak Terlupakan Bermain-main dengan Gajah

Saat berada di atas jembatan, Anda dapat mencoba aktivitas berburu foto yang menarik. Banyak objek foto yang bisa Anda bidik selama di sini. Kalau kondisi jalanan tengah sepi, Anda dapat mencoba untu berfoto dengan berpose di tengah jalan. Selain itu, menikmati suasana sore hari di Jembatan Tukad Bangkung juga menjadi aktivitas yang tak kalah asyik.

Sebagai tambahan, Jembatan Tukad Bangkung juga kerap dipilih sebagai lokasi untuk jogging serta bersepeda. Kalaupun Anda merasa lelah setelah berolahraga, bisa berhenti sejenak sambil menikmati pemandangan yang ada. Asyik, kan? Semua itu bisa Anda nikmati secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.