Misteri Ular Suci Tanah Lot, Ular Misterius Penjaga Pura yang Berbisa Mematikan

Ular Suci Tanah Lot

via Wikipedia

Pura Tanah Lot menjadi salah satu destinasi paling terkenal yang di Pulau Bali. Pemandangan pura ketika matahari terbenam, menjadi daya tarik utama para wisatawan. Selain itu, ada pula fenomena menarik lain yang bisa disaksikan oleh para wisatawan, yakni terkait keberadaan ular suci Tanah Lot.

Ular Suci Tanah Lot 2 » Misteri Ular Suci Tanah Lot, Ular Misterius Penjaga Pura yang Berbisa Mematikan

via Tribunnews

baca juga: Pura Tanah Lot Bali, Destinasi Wisata Paling Indah di Pulau Dewata

Ular suci yang ada di Pura Tanah Lot bukanlah ular biasa. Oleh masyarakat Bali, ular tersebut dianggap sebagai ular keramat. Bahkan, keberadaannya merupakan salah satu eksistensi sosok penjaga dari Pura Tanah Lot. Para wisatawan yang berkunjung ke Pura Tanah Lot, berkesempatan untuk melakukan interaksi secara langsung dengan ular suci ini.

Ular Suci Tanah Lot Memiliki Bisa Lebih Mematikan Daripada Kobra

Ular suci ini memiliki warna perpaduan antara hitam dan putih. Bentuk tubuh ular ini berbeda dengan ular biasa. Bagian ekornya berbentuk pipih. Bentuk seperti ini biasa dijumpai pada spesies ular laut. Hal ini tidak mengherankan, karena ular suci tersebut memang merupakan jenis ular laut yang berasal dari suku elipidae.

baca juga: Gak Hanya Pantai, 7 Air Terjun di Bali ini Suguhkan Pemandangan yang Mengagumkan Lho!

Ular Suci Tanah Lot 3 » Misteri Ular Suci Tanah Lot, Ular Misterius Penjaga Pura yang Berbisa Mematikan

via Nusabali

Ular yang termasuk dalam suku elipidae, dikenal sebagai golongan ular yang punya bisa sangat berbahaya. Ular suci dari Pulau Bali ini, secara khusus menjadi jenis ular yang punya bisa sangat mematikan. Bahkan, bisa dari ular ini, lebih berbahaya kalau dibandingkan dengan bisa ular kobra.

Meski begitu, ada fenomena menarik terkait keberadaan ular tersebut. Konon, tidak pernah ada kejadian wisatawan atau masyarakat yang digigit oleh ular berbisa sangat berbahaya tersebut. Padahal, cukup dengan sekali gigit, siapapun bisa kehilangan nyawanya dalam hitungan menit.

Padahal, keberadaan ular suci menjadi salah satu penarik kedatangan wisatawan. Para pengunjung pura, kerap menyempatkan waktu untuk menyentuh ular ini. Lokasinya berada di dalam gua yang berada di bawah pura. Di dalamnya, Anda juga akan menemukan sosok pawang ular untuk memberi perlindungan ketika terjadi hal tak diinginkan.

Ular Suci Poleng

Ular Suci Tanah Lot 1 1024x683 » Misteri Ular Suci Tanah Lot, Ular Misterius Penjaga Pura yang Berbisa Mematikan

via Wikipedia

Masyarakat Bali menyebut ular suci yang berdiam diri di Pura Tanah Lot dengan nama poleng. Terdapat dua jenis ekor ular suci yang bisa Anda temukan. Ular pertama memiliki warna belang hitam putih. Selain itu, ada pula ular lain yang memiliki warna abu-abu kehitaman. Hanya saja, ular hitam putih yang lebih sering muncul.

baca juga: 7 Aktivitas Menarik di Pantai Tanjung Benoa Bali yang Wajib Kamu Coba

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, ular suci yang ada di Bali ini bukanlah hewan biasa. Ular tersebut adalah jelmaan dari selendang milik Dang Hyang Nirartha. Dang Hyang Nirartha sendiri merupakan sosok yang berperan besar dalam pendirian Pura Tanah Lot. Tujuannya, agar beliau bisa bersemedi dengan tenang tanpa gangguan.

Tahun 1960-an, ular suci yang ada di Pura Tanah Lot jumlahnya sangat banyak. Namun, situasinya saat ini sudah berbeda. Populasi ular suci mulai berkurang. Meski begitu, ular-ular tersebut merupakan jenis ular yang jinak. Tidak pernah ada catatan mengenai penyerangan yang dilakukan ular suci, kecuali ketika ada orang yang benar-benar dianggap sebagai penganggu.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menyentuh secara langsung ular tersebut, bisa berkunjung ke Pura Tanah Lot. Ketika melakukan interaksi, Anda perlu menyumbang seikhlasnya kepada pawang yang menjaganya.