Monkey Selfie Bali, Atraksi Unik yang Kini Ngehits di Monkey Forest Ubud


Monkey Forest sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata populer. Di tempat ini, Anda akan menemukan hutan yang dikeramatkan penuh dengan monyet liar. Para pengunjung dapat melakukan interaksi secara langsung dengan para monyet tersebut. Salah satu jenis interaksi yang kini populer di kalangan para wisatawan adalah monkey selfie Bali. Pada kesempatan ini, wisatawan bakal berpose bersama dengan monyet.

Monkey Selfie Bali
via @jansenjonas

Pose monkey selfie memang sangat unik. Pada interaksi ini, Anda akan memperoleh momen seperti tengah berfoto dengan monyet. Menariknya, monyet yang diajak berfoto, bukan terletak di bagian belakang wisatawan atau sejajar. Sebaliknya, monyet tersebut ditempatkan di bagian depan. Dengan pengaturan lokasi seperti ini, hasil jepretan gambar akan memperlihatkan seolah-olah monyet tersebut adalah sosok yang mengambil foto selfie bersama dengan para wisatawan.

Monyet di Monkey Forest Ubud Terkenal Usil

Monyet-monyet yang ada di kawasan Monkey Forest Ubud memang terlihat lucu. Namun, Anda perlu waspada ketika berada di sekitar mereka. Monyet di kawasan ini, dan bahkan hampir di sebagian besar tempat wisata di Bali, merupakan monyet yang terkenal sangat usil. Mereka tidak segan-segan mencuri barang-barang milik para wisatawan. Sudah banyak wisatawan yang mengaku menjadi korban keusilan para monyet tersebut.

Monkey Selfie Bali
via @skafdaniel

Karena terkenal keusilannya tersebut, Anda perlu menjaga keamanan barang-barang pribadi selama berada di Monkey Forest Ubud. Anda juga tidak bisa secara sembarangan mengajak para monyet di tempat ini berfoto bersama. Bisa-bisa, handphone yang bakal digunakan untuk berfoto selfie, raib dibawa kabur oleh monyet. Pada situasi seperti itu, Anda bakal sangat dirugikan. Apalagi, ketika ponsel tersebut memiliki banyak foto selama liburan.

Monkey Selfie Bali Diawali dari Ketidaksengajaan

Munculnya aktivitas monkey selfie di Bali sebenarnya diawali dari sebuah kejadian yang tidak disengaja. Ketika itu, ada seorang pawang kera yang diminta untuk mengambil foto oleh wisatawan. Dia pun tidak keberatan dengan permintaan tersebut. Di waktu yang sama, saat itu pawang tersebut tengah memegang pisang.

Monkey Selfie Bali
via @warrenreeves

Hal yang tak disangka kemudian terjadi. Ada seekor kera yang tiba-tiba berupaya untuk mengambil pisang di tangan pawang tersebut. Padahal, pada momen yang sama, dia sudah menekan tombol pengambilan gambar pada smartphone. Hasilnya, wajah kera itu muncul dalam jepretan gambar, dengan posisi unik seolah tengah berselfie. Wisatawan yang meminta bantuan kemudian menyukai foto unik tersebut.

Dari ketidaksengajaan tersebut, aktivitas selfie monkey kini menjadi hal yang sangat disukai oleh para wisatawan di Monkey Forest Ubud. Bahkan, mereka yang meminta untuk berfoto bersama monyet, tidak hanya para wisatawan mancanegara. Banyak pula wisatawan domestik yang berupaya untuk memperoleh momen unik monkey selfie.

Sejak itu, para pawang yang ada di Monkey Forest memiliki job desc baru. Mereka bakal banyak diminta oleh para wisatawan untuk mengambil momen foto monkey selfie yang unik. Di waktu yang sama, interaksi monkey selfie ini juga membuat pengelola Monkey Forest gembira. Apalagi, kesempatan ini juga menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan Monkey Forest secara lebih mendalam kepada para wisatawan.

Monkey Forest sendiri, saat ini tengah berupaya untuk terus mengembangkan potensi wisatanya. Sebagai buktinya, ada beberapa usaha yang telah dilakukan, di antaranya adalah memperluas area hutan serta mendirikan gedung baru. Hutan yang awalnya hanya seluas 7 hektare, kini dikembangkan menjadi 22 hektare. Dengan begitu, sebanyak 750 monyet di Monkey Forest, tidak akan terganggu oleh kedatangan wisatawan.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki