Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen


Sejak wabah dan pandemi virus Covid-19 melanda Indonesia, pemerintah sudah berulang kali mencoba membuat peraturan yang terkait dengan perjalanan. Peraturan tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran virus. Apalagi kalau perjalanan tersebut dilakukan dari dan ke wilayah-wilayah yang cukup ramai seperti Bali. 

Pemerintah telah menetapkan bahwa semua orang baik wisatawan ataupun orang dengan keperluan lainnya yang akan masuk ke Bali wajib melakukan tes swab antigen. Peraturan tersebut dibuat oleh Pemprov Bali dan dituangkan dalam Surat Edaran (SE) nomor 1 tahun 2021 guna mencegah peningkatan kasus Covid-19. SE tersebut berlaku mulai 9 Januari 2021 hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun ternyata sekarang ada cara pergi ke Bali tanpa bawa surat Antigen. Cara ini lebih cepat berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang bepergian 1 minggu terakhir dari Jakarta ke Bali, lalu Bali ke Surabaya dan kembali lagi ke Surabaya kemudian ke Jakarta menggunakan pesawat terbang. Selain praktis, e-Hac menjadi aplikasi tepat untuk memudahkan perjalanan di tengah pandemi.

Caranya adalah dengan memakai aplikasi e-Hac yang bisa diunduh melalui Playstore dan Appstore. Aplikasi e-Hac sudah terintegrasi dengan klinik atau rumah sakit sehingga sangat membantu kita saat akan melakukan perjalanan domestik ke luar kota. Aplikasi e-Hac singkatan dari electronic Health Alert Card, merupakan syarat e-card untuk penerbangan menuju luar kota.

Keunggulannya menggunakan aplikasi e-Hac adalah perjalanan kamu bisa menjadi lebih mudah dan lancar menggunakan aplikasi e-Hac. Menggunakan aplikasi ini membuat kamu tidak perlu bawa print hard copy serta tidak perlu melakukan validasi atau cap surat pemeriksaan setiap sebelum berangkat. Karena tiap kali sebelum boarding kamu akan diminta untuk melakukan validasi atau cap surat di bandara.

Cara validasi manual tersebut memaksa penumpang harus antre cukup panjang dan lama. Dengan menggunakan aplikasi e-Hac dari Kementerian Kesehatan RI ini maka kamu tidak perlu lagi antri untuk melakukan validasi atau cap surat hard copy.

Cara Menggunakan Aplikasi e-Hac

Agar bisa menggunakan e-Hac maka kamu harus melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Pertama download aplikasi e-Hac di Google Playstore untuk perangkat Android atau Apps Store bagi yang menggunakan iPhone.
  2. Pilih menu “Bahasa Indonesia” kemudian buat akun bagi kamu yang belum memilikinya. 
  3. Jika sudah memiliki akun bisa langsung melakukan login ke aplikasi e-Hac.

Cara Menambahkan Klinik/RS Tempat Tes Antigen pada Aplikasi E-hac

  1. Langsung masuk ke menu utama, kemudian klik Paspor Kesehatan, kemudian pilih Portal Paspor Kesehatan.
gambar 1 576x1024 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
gambar 1.2 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
  1. Kamu akan mendapat tampilan seperti dibawah ini, lalu klik Copy lalu paste di browser internet kamu.
gambar 2 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
  1. Setelah paste di browser, Scroll kebawah muncul tampilan seperti dibawah ini lalu pilih “Request Hospital/Clinic/laboratory/Visitation”, akan muncul formulir. Lengkapi formulir sesuai dengan tempat dimana kamu ambil tes berdasarkan lokasi kota/kabupaten. Kamu dapat mencari nama klinik atau RS di daerah tersebut, pilih jenis tes dan tanggal tes. 
gambar 3 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
  1. Setelah lengkap pilih “Request” kamu langsung menuju ke tempat tes pilihan dan beritahu kepada staf/front office tempat dimana kamu tes untuk memastikan data kamu telah masuk ke sistem mereka. Di bawah penulis memilih Ubud sebagai lokasi tes antigen sebagai syarat melakukan penerbangan domestik dari Bali menuju Kota Surabaya.
gambar 4 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
  1. Apabila pemeriksaan sudah selesai kamu bisa menunggu antara 15 menit sampai 1 jam, setelah itu kamu dapat lihat hasilnya di aplikasi E-Hac dengan cara masuk ke menu Paspor Kesehatan, lalu ke Daftar Test Lab
gambar 5.1 576x1024 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
gambar 5.2 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
  1. Pada menu “Daftar Lab” dapat dilihat semua daftar tes yang pernah kamu lakukan lengkap dengan hasilnya. Pilih hasil tes untuk memunculkan kode QR yang nantinya akan di scan oleh petugas bandara sebagai syarat masuk ke Bali ataupun wilayah lainnya.
gambar 6.1 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
gambar 6.2 576x1024 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen
  1. Klik “Tampilkan dokumen” maka kamu akan mendapati hasil pemeriksaan dalam bentuk surat.
gambar 7 » Begini Cara Naik Pesawat Pergi ke Bali Tanpa Bawa Surat Antigen

Aplikasi e-Hac menjadi cara masuk bandara tanpa print surat antigen sehingga kamu tidak perlu mengalami antrian panjang hanya untuk melakukan validasi manual oleh petugas. Perjalanan bisa menjadi lebih cepat menggunakan aplikasi e-Hac tersebut.

Aplikasi e-Hac sudah terintegrasi dengan banyak Rumah Sakit ataupun Klinik  sehingga saat di dalam perjalanan kamu mengalami kondisi darurat bisa segera mendapatkan penanganan medis. Aplikasi yang tadinya ditujukan untuk perjalanan antar negara tersebut sekarang dipakai juga untuk penerbangan domestik.

Itulah pengalaman penulis menggunakan  aplikasi e-Hac sebagai cara pergi ke Bali tanpa bawa surat Antigen. Dengan cara ini, diharapkan kamu bisa mendapatkan gambaran cara pergi ke Bali tanpa surat antigen yang lebih mudah dan cepat. 


Like it? Share with your friends!

Nirwan

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *