Nasi Angin Khas Tabanan, Kuliner Pinggir Jalan Murah Meriah di Bali

Nasi Angin Khas Tabanan

via Instagram.com/madewedastra

Makan belum lengkap kalau tanpa disertai dengan nasi. Hal ini tentunya berlaku di berbagai tempat di Indonesia, termasuk Bali. Saat berlibur ke pulau ini, Anda dapat menjumpai begitu banyak kuliner nasi yang enak. Di samping itu, tak sedikit pula kuliner nasi khas Bali yang bisa didapatkan dengan harga murah, salah satunya adalah nasi angin khas Tabanan.

Nasi Angin Khas Tabanan 1 1024x683 » Nasi Angin Khas Tabanan, Kuliner Pinggir Jalan Murah Meriah di Bali

via Instagram.com/madewedastra

Nama dari nasi ini memang cukup unik, nasi angin. Kuliner nasi angin ini bisa Anda temukan dengan begitu gampang ketika berkunjung ke Kabupaten Tabanan. Meski, tak menutup kemungkinan kalau nasi angin khas Tabanan juga bisa dijumpai di wilayah kabupaten lainnya di Bali.

baca juga: Nasi Jinggo Bali, Kuliner Murah Meriah ala Nasi Kucing dari Pulau Dewata

Nasi Angin Khas Tabanan Kuliner Murah di Malam Hari

Pada awal kemunculannya, nasi angin merupakan kuliner nasi dengan lauk sederhana yang dijual pada malam hari. Bahkan, waktu buka dari warung ini kerap mulai dilakukan pada tengah malam. Dengan harganya yang murah meriah, nasi angin khas Tabanan menjadi pilihan makanan yang tepat untuk para sopir dan mereka yang tengah begadang. Apalagi, rasa yang dimiliki oleh nasi angin cukup enak, tak jauh berbeda dibandingkan dengan nasi jinggo.

Saat itu, nasi angin ditawarkan dengan lauk yang sederhana. Lauk yang digunakan berupa dendeng dari daging sapi atau potongan daging sapi dengan bumbu manis. Melihat begitu banyak konsumen yang menyukai menu ini, tak heran kalau mulai bermunculan kedai-kedai yang ikut menawarkan nasi angin.

Lauk yang digunakan pada kuliner menu angin khas Tabanan juga mulai mengalami perubahan. Saat ini, kebanyakan nasi angin disertai dengan lauk daging babi yang diolah dengan bumbu manis mirip seperti dendeng. Sebagai pelengkap, Anda juga akan menjumpai nasi ini disertai dengan sayur kul, mi, serta kuah hangat yang dibungkus secara terpisah.

baca juga: Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Pilihan Kuliner Wajib di Ubud

Dengan penyajian seperti itu, nasi angin khas Tabanan cukup membuat kenyang ketika perut keroncongan di malam hari. Dengan menyantap nasi ini, tubuh bisa terhindar dari masuk angin ketika begadang di malam hari. Apalagi, harganya sangat murah. Rata-rata nasi angin bisa didapatkan cukup dengan mengeluarkan uang Rp10 ribu.

Nasi Angin Khas Tabanan 2 » Nasi Angin Khas Tabanan, Kuliner Pinggir Jalan Murah Meriah di Bali

via Pictame

Lokasi Berburu Nasi Angin Khas Tabanan

Bagi Anda yang ingin mencicipi nasi angin murah meriah dari Tabanan ini, bisa menyusuri jalanan sepanjang Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk. Di daerah tepatnya Desa Sembung Gede-Meliling, Anda akan menjumpai deretan warung nasi yang secara khusus menawarkan menu nasi angin. Anda bisa memilih untuk menyantap nasi secara langsung atau membungkusnya.

baca juga: Pink Tempong Denpasar, Sajian Khas Nasi Tempong Banyuwangi dengan Suasana Unik

Warung yang menyediakan nasi angin di Bali juga kerap menyediakan fasilitas yang cukup baik. Dengan fasilitas yang cukup lengkap, warung nasi angin tidak hanya menjadi tempat pemberhentian sopir truk, tetapi juga wisatawan yang bepergian dengan bus ataupun kendaraan pribadi. Apalagi, area parkir yang tersedia cukup luas dan disertai dengan kamar mandi.

Hanya saja, nasi angin ini bukanlah jenis kuliner halal yang disarankan untuk traveler muslim. Dengan lauk babi, tentunya nasi angin menjadi bagian dari makanan nonhalal yang harus dihindari. So, buat Anda yang mengaku beragama Islam, perhatikan hal ini, ya!