Nasi Jinggo Bali, Kuliner Murah Meriah ala Nasi Kucing dari Pulau Dewata

nasi jinggo bali

Siapa bilang kalau biaya makan di Bali mahal? Tengok saja keberadaan nasi jinggo Bali, kuliner murah meriah yang harganya cocok dengan isi kantong seorang backpacker. Tak heran kalau menyebut nasi jinggo sebagai nasi kucing versi Pulau Dewata.

Sebagai kuliner murah meriah, nasi jinggo Bali ini merupakan menu yang merakyat. Cara penyajiannya juga sangat sederhana. Nasi putih dibungkus menggunakan daun pisang. Penampilan tersebut tidak hanya membuatnya terlihat menarik, tapi juga menimbulkan aroma yang khas dan sedap.

nasi jinggo bali 1 » Nasi Jinggo Bali, Kuliner Murah Meriah ala Nasi Kucing dari Pulau Dewata

via Grid

Menu Nasi Jinggo Bali

Lalu, apa saja lauk yang bisa diperoleh dari nasi kucing ala Pulau Dewata Bali ini? Sekilas, penampilannya tidak jauh berbeda dengan nasi kucing. Hanya saja, ketika membuka bungkus nasi ini, Anda akan memperoleh sajian dengan menu yang lebih lengkap.

Dengan uang yang tak banyak, Anda akan mendapatkan nasi yang menggunakan lauk berupa ayam suwir, serundeng, serta tempe goreng. Sebagai pelengkap, terkadang Anda juga akan memperoleh mi goreng sebagai tambahan.

Serundeng pada nasi jinggo dibuat dengan menggunakan campuran antara parutan kelapa dengan lengkuas, asam, serta gula jawa. Sementara itu, lauk ayam suwir nasi jinggo Bali dibuat dengan bumbu kunyit bakar, kencur, cabe rawit, serta lengkuas.

nasi jinggo bali 2 » Nasi Jinggo Bali, Kuliner Murah Meriah ala Nasi Kucing dari Pulau Dewata

via Jual Nasi Kotak Bali

Ketika dibuka, penampilan suwir ayam pada nasi ini juga akan cukup mirip dengan ayam rica-rica. Apalagi, rasanya juga agak sedikit lezat. Tidak ketinggalan, nasi ini juga dilengkapi dengan sambal terasi dengan kombinasi rasa pedas dan asam.

Tak jarang, ada pula warung tradisional yang menawarkan nasi jinggo menggunakan nasi kuning. Selain itu, ada pula warung yang mencoba memberikan variasi lauk. Anda tidak hanya memperoleh lauk utama berupa daging ayam, tapi bisa pula menemukan nasi dengan lauk daging babi atau sapi.

baca juga: Sate Babi Bawah Pohon, Kuliner Jalanan Favorit di Pulau Bali

Lokasi Berburu Nasi Jinggo Bali

Untuk mendapatkan kuliner murah meriah khas Bali ini juga sangat mudah. Anda dapat menemukannya di beragam warung pinggir jalan yang ada di Kota Denpasar atau kota-kota lainnya di Bali. Bahkan, ada pula restoran yang menyediakan menu ini kepada para tamunya.

Sebagai tambahan, nasi jinggo juga tidak pernah terlupakan pada setiap upacara keagamaan yang berlangsung di Bali. Misalnya, pada perayaan upacara ngaben, ulang tahun, atau ketika prosesi pertunjukan ogoh-ogoh yang dilaksanakan pada malam sebelum perayaan Nyepi.

baca juga: Wisata Kuliner Halal di Bali: Bebek Tepi Sawah Ubud

Harga Nasi Jinggo Bali

Seperti yang telah disebutkan, menu tradisional Bali ini bisa diperoleh dengan banderol murah meriah. Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp4 ribu sampai Rp5 ribu untuk memperoleh seporsi nasi bungkus ini.

Namun, lain halnya kalau Anda membeli nasi jinggo di Bandara Internasional Ngurah Rai. Di bandara juga tersedia menu murah meriah ini. Hanya saja, harganya melambung hingga 3 kali lipat, tepatnya Rp15 ribu. Di waktu yang sama, penampilannya juga menjadi lebih berkelas.

baca juga: Bali Strawberry Farm and Restaurant, Kulineran Sambil Metik Buah Stroberi Menarik Loh

Karena porsinya yang tak terlalu banyak, tak jarang kalau satu porsi tidaklah cukup. Tak jarang kalau seorang pembeli bisa sekaligus menghabiskan 2 sampai 3 porsi nasi jinggo Bali. Apalagi, pedagang nasi ini juga bisa dijumpai di malam hari, ketika para pedagang lain sudah mulai sulit ditemukan.