Nasi Lawar Kuwir, Kuliner Halal Khas Bali dengan Tanpa Campuran Babi

nasi lawar kuwir khas Bali

via Perut Gendut

Nasi lawar kuwir khas Bali, namanya memang kurang begitu familier. Apalagi, kalau dibandingkan dengan kuliner Pulau Dewata lainnya seperti ayam betutu, sate lilit, ataupun babi guling. Nah, khusus bagi traveler muslim, nasi lawar kuwir ini bisa jadi alternatif kalau ingin mencari makanan halal. Apalagi, selain memiliki cita rasa khas Bali, kuliner ini juga dibuat tanpa menggunakan daging babi di dalamnya.

Hanya saja, tak semua warung yang menjual nasi lawar memang menggunakan bahan yang aman bagi traveler muslim. Ada beberapa tempat yang masih memakai bahan utama dari daging babi dalam proses pembuatan nasi lawar khas Bali. Nah, nasi lawar yang tak dilengkapi dengan daging babi, disebut dengan nasi lawar kuwir.

nasi lawar kuwir khas Bali 1 » Nasi Lawar Kuwir, Kuliner Halal Khas Bali dengan Tanpa Campuran Babi

via @cenjkt

Penamaannya memang berbeda dengan nasi lawar biasa. Karena, alih-alih menggunakan daging babi, nasi lawar ini dibuat menggunakan daging luwir yang tak lain adalah sebutan untuk daging bebek oleh masyarakat Bali. Sementara itu, lawar sendiri, dalam bahasa Bali, memiliki arti sayuran kacang panjang yang kemudian dipotong dan dicampur dengan kelapa dan rempah-rempah. Sebagai pelengkap, biasanya terdapat sate lilit yang disertai dengan jukut ares atau sup batang pisang.

Bahan-Bahan yang Dipakai Membuat Nasi Lawar Kuwir Khas Bali

Nasi yang dipakai untuk membuat nasi lawar kuwir tak ubahnya seperti nasi putih biasa. Biasanya, nasi disajikan dalam kondisi hangat dengan disertai sate lilit, yang bisa saja terbuat dari bahan daging ayam atau ikan. Selain itu, di dalamnya juga telah terdapat beragam jenis lauk yang dicampur dengan sayur, di antaranya adalah suwiran ayam betutu, dan tentunya daging kuwir.

nasi lawar kuwir khas Bali 2 » Nasi Lawar Kuwir, Kuliner Halal Khas Bali dengan Tanpa Campuran Babi

via Perut Gendut

Untuk mencicipi nasi khas Bali ini, Anda juga tak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. Biasanya, seporsi nasi lawar kuwir, bisa diperoleh dengan harga berkisar antara Rp12 ribu sampai Rp20 ribu. Anda tinggal mencari tempat yang sesuai, baik terkait selera ataupun harganya.

Tempat Berburu Nasi Lawar Kuwir Khas Bali Favorit

Mencari tempat yang menyajikan nasi lawar kuwir khas Bali yang enak, tidak sulit. Daerah yang cocok untuk Anda sambangi ketika mencari kuliner ini adalah kawasan Canggu. Di sini, Anda akan mendapati beberapa tempat dengan sajian nasi lawar kuwir yang begitu melegenda dan populer di telinga wisatawan ataupun masyarakat lokal, yaitu:

1. Nasi Lawar Kuwir Men Koko
Nasi Lawar Kuwir Men Koko bisa jadi pertimbangan pertama. Di sini, Anda bisa memperoleh seporsi nasi lawar kuwir disertai dengan sup dan es teh dengan harga hanya Rp17.500. Menariknya lagi, Anda juga akan memperoleh suguhan pemandangan alami berupa hamparan sawah yang hijau.

2. Nasi Lawar Kuwir Pan Sinar
Beralih ke Denpasar, tepatnya di Jl. Kroya, Gang Cempaka Nomor 1, Anda bisa mendapati nasi lawar kuwir yang tak kalah enaknya. Nasi tersebut adalah sajian dari Rumah Makan Nasi Lawar Kuwir Pan Sinar yang telah berdiri sejak tahun 1996. Hanya saja, nasi lawar kuwir di tempat ini perlu dipertanyakan kehalalannya, karena mereka juga menyajikan kuah komoh yang tak lain adalah darah mentah.

Itulah tips wisata kuliner khas Bali, yakni nasi lawar kuwir yang bisa jadi pertimbangan menarik ketika liburan ke Pulau Dewata. Dijamin deh, kelezatan kuliner ini tak akan kalah dibandingkan dengan menu khas lainnya yang bisa Anda temukan di pulau dengan deretan pantai yang cantik ini. Selamat berlibur, ya!