Nasi Sela Khas Karangasem, Kuliner Nasi Campur Ubi yang Sehat dan Unik

Nasi Sela Khas Karangasem

Menghabiskan waktu liburan dengan berburu kuliner unik di Bali bakal membutuhkan banyak waktu. Dijamin, Anda tidak akan pernah bosan mencicipi kuliner enak dan menyehatkan yang ada di pulau ini. Salah satu makanan enak serta sehat yang bisa Anda temukan di pulau ini adalah makanan yang disebut nasi sela khas Karangasem.

Nasi Sela Khas Karangasem 1 » Nasi Sela Khas Karangasem, Kuliner Nasi Campur Ubi yang Sehat dan Unik

Sesuai dengan namanya, nasi sela ini merupakan nasi yang banyak dijumpai di Kabupaten Karangasem. Masyarakat umum juga kerap menyebut nasi sela sebagai nasi campur ubi. Sebutan itu tidak lain karena nasi ini memang dibuat dengan mencampurkan antara ubi yang disebut dengan kata sela dalam bahasa Bali dan nasi. Dengan begitu, tidak heran kalau kuliner ini memiliki rasa yang begitu unik.

Asal-usul Nasi Sela Khas Karangasem

Keberadaan nasi sela bagi masyarakat Karangasem begitu penting dan punya nilai sejarah tersendiri. Anda bisa mengetahui awal mula kemunculan kuliner unik ini pada tahun 1970-an. Saat itu, masyarakat Bali mengalami krisis pangan. Beras yang menjadi makanan pokok, begitu jarang dijumpai di pasaran.

baca juga: Laklak Pisang Khas Tabanan, Jajanan Tradisional Mirip Crepes yang Enak

Namun, kelangkaan beras di pasaran tidak membuat warga Bali putus asa. Apalagi, orang-orang Bali yang memiliki jiwa seni tinggi, dikenal sebagai pribadi yang kreatif. Dari situlah mereka punya pemikiran untuk mencampurkan bahan lain ke dalam nasi. Bahan yang dipilih adalah ubi dengan tujuan untuk menambah volume makanan.

Nasi Sela Khas Karangasem 3 1024x1024 » Nasi Sela Khas Karangasem, Kuliner Nasi Campur Ubi yang Sehat dan Unik

Dengan latar belakang sebagai makanan yang menjadi pertahanan saat masa krisis, nasi sela punya tempat tersendiri di hati masyarakat Karangasem. Bahkan, saat ini nasi sela khas Karangasem memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak wisatawan yang penasaran dengan rasa nasi ini. Apalagi, campuran ubi di dalamnya, membuat nasi sela punya gizi lebih tinggi dibandingkan nasi putih biasa.

baca juga: Untuk Pencinta Kuliner Pedas, Ini 5 Sambal Khas Bali yang Wajib Dicicipi

Cara Pembuatan Nasi Sela Khas Karangasem

Cara membuat nasi tradisional Karangasem ini juga tidak begitu sulit. Bahkan, cara pembuatannya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan proses penanakan nasi putih biasa. Sebagai tambahan, Anda hanya perlu mencampurkan potongan ubi berbentuk dadu dengan beras.

Nasi Sela Khas Karangasem 2 » Nasi Sela Khas Karangasem, Kuliner Nasi Campur Ubi yang Sehat dan Unik

Sebagai tambahan, Anda juga bisa mencampurkan ketela di dalamnya. Penambahan ubi dan singkong pada nasi sela membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut. Selain itu, Anda juga akan menemukan rasa manis saat mencicipinya.

Cara penyajiaan kuliner khas dari Kabupaten Karangasem ini juga bervariasi. Anda bisa menemukan cara penyajian nasi sela yang disertai dengan jukut atau sayur bejek. Selain itu, ada pula yang menawarkan nasi sela khas Karangasem dengan diserta ayam suwir yang dibuat dari ayam betutu.

Sejatinya, penyajian nasi sela khas Karangasem ini dapat disajikan sesuai dengan selera masing-masing. Oleh karena itu, Anda juga berkesempatan untuk mencicipi nasi ini dengan ditemani kuliner tradisional yang sudah begitu familier di telinga wisatawan, termasuk di antaranya adalah pindang tongkol, sambal matah, ataupun sate lilit.

baca juga: Kuliner Halal Soto Bakso Khas Bali Murah Meriah yang Enak

Tak jarang, nasi sela juga kerap disajikan selayaknya nasi bungkus atau nasi jinggo. Anda dapat menemukan kuliner unik dari Bali ini dengan berkunjung ke Kabupaten Karangasem. Di situ, Anda dapat menemukan cukup banyak restoran dan tempat makan yang menyediakan kuliner nasi sela khas Karangasem.

Foto via Kooliner