Pantai Gili Putih Sumberkima, Pantai Pasir Cantik yang Unik dan Selalu Berubah Bentuk

Pantai Gili Putih Sumberkima

via itasalma.magical

Kabupaten Buleleng di Bali kini punya surga destinasi wisata terbaru, namanya Pantai Gili Putih Sumberkima. Pantai yang satu ini merupakan sebuah pulau kecil yang berupa gundukan pasir putih di tengah lautan. Keberadaannya menjadi lokasi yang tepat bagi para wisatawan untuk singgah ketika menuju ke Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.

Pantai Gili Putih Sumberkima 4 1024x1024 » Pantai Gili Putih Sumberkima, Pantai Pasir Cantik yang Unik dan Selalu Berubah Bentuk

via hansburhanu_____

Pantai Gili Putih Sumberkima dikenal sebagai destinasi wisata baru yang ada di Kabupaten Buleleng. Pemerintah setempat pun menyadari betul terkait potensi besar yang dimiliki oleh pulau kecil ini. Ditambah lagi, tak menutup kemungkinan kalau para wisatawan akan terus berdatangan karena tertarik dengan fenomena unik yang dimilikinya.

baca juga: Air Terjun Tembok Barak Sambangan, Destinasi Wisata Alam Terbaru di Buleleng

Pantai Gili Putih Sumberkima yang Selalu Berubah Bentuk

Pantai Gili Putih ini merupakan sebuah pulau kecil yang sejatinya telah terbentuk cukup lama. Hanya saja, dalam perjalanan waktu, ukuran dari pulau ini terus mengalami perluasan. Menariknya lagi, proses perluasan daratan dari pulau ini berlangsung secara alami tanpa disertai dengan campur tangan manusia.

Pantai Gili Putih Sumberkima 3 1024x768 » Pantai Gili Putih Sumberkima, Pantai Pasir Cantik yang Unik dan Selalu Berubah Bentuk

via rizkyiman_p

Situasi lautan juga berpengaruh pada luas dari daratan pulau kecil ini. Ketika dalam kondisi pasang, Anda bisa menemukan daratan dengan luas hanya 600 meter persegi. Namun, lain halnya ketika Anda memutuskan untuk datang ke pulau kecil di tengah laut ini pada kondisi air laut surut. Bisa dipastikan bahwa luas daratannya bakal berlipat-lipat.

baca juga: Danau Tamblingan, Danau Eksotis dengan Pemandangan yang Indah di Buleleng

Ketika dalam situasi yang surut, wisatawan juga bisa menemukan fenomena menarik di Gili Putih Sumberkima. Fenomena unik tersebut adalah munculnya daratan yang menghubungkan antara Pantai Gili Putih Sumberkima dengan pantai Penggambetan. Jaraknya memang cukup jauh, sekitar 1,5 km. Namun, akan jadi pengalaman cukup menarik untuk berjalan di dataran tersebut.

Sebaliknya, ketika air tengah pasang, jalanan yang menghubungkan kedua pantai ini tidak akan bisa dilihat keberadaannya. Sebagai gantinya, akses menggunakan perahu merupakan cara yang dapat digunakan untuk sampai dan menikmati suasana liburan di Pantai Gili Putih Sumberkima.

Aktivitas Wisata Selama di Pantai Gili Putih Sumberkima

Ketika berada di Pantai Gili Putih Sumberkima, wisatawan dapat mencoba berbagai aktivitas yang tak kalah seru. Saat kemunculan awalnya, para warga lokal kerap berdatangan ke pantai pasir putih ini dengan tujuan untuk memancing ikan.

Pantai Gili Putih Sumberkima 2 1024x774 » Pantai Gili Putih Sumberkima, Pantai Pasir Cantik yang Unik dan Selalu Berubah Bentuk

via itasalma.magical

Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan, aktivitas yang dapat dilakukan juga semakin banyak. Anda dapat menghabiskan waktu dengan mencoba melihat keindahan alam bawah laut di sekitar Gili Putih Sumberkima. Selain itu, berburu foto instagramable juga tak kalah menariknya.

Cara Menuju Lokasi Pantai Gili Putih Sumberkima

Pulau kecil ini menjadi bagian dari wilayah administratif Desa Sumberkima yang ada di Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk bisa datang ke pulau ini, Anda dapat menggunakan layanan penyeberangan memakai perahu yang berangkat dari Pelabuhan Bangsal.

baca juga: Air Terjun Sekumpul Buleleng, Keindahan Tersembunyi di Bali

Pantai Gili Putih Sumberkima 1 1024x768 » Pantai Gili Putih Sumberkima, Pantai Pasir Cantik yang Unik dan Selalu Berubah Bentuk

via gittapramesti

Perahu nelayan dengan kapasitas sekitar 5 orang siap mengantar Anda. Tarif yang dikenakan untuk setiap keberangkatan adalah sekitar Rp350 ribu sampai Rp400 ribu per perahu. Sebelum berangkat ke pulau ini, pastikan untuk membawa peralatan snorkeling dan baju ganti.

Sebagai tambahan, Anda juga perlu menyediakan stok makanan dan minuman yang mencukupi. Apalagi, mengingat pulau ini merupakan sebuah dataran kecil di tengah lautan yang tidak dihuni oleh manusia.