Pantai Jerman Desa Adat, Nama Unik Pantai Yang Cantik di Kuta

pantai jerman desa adat

via Detik

Dilihat dari namanya , Pantai Jerman Desa Adat terlihat tidak lazim sebagai nama sebuah tempat, sebab menggunakan nama negara. Eits! Jangan salah, sebab pantai ini memiliki sejarah yang sangat menarik.

Pantai ini memiliki pasir putih dengan hamparan laut yang bersih tanpa ada karang bebatuan. Tetapi, di pantai ini Anda akan banyak menjumpai kapal nelayan. Sebab sebagian penduduk setempat berpenghasilan sebagai nelayan.

Sejarah Pantai Jerman Desa Adat

Dulunya, pantai ini merupakan pelabuhan Kuta, di situ para pedagang dari luar Bali berlabuh dengan membawa barang dagangan untuk bertransaksi. Menurut catatan Pierre Dubois, dalam kedudukannya sebagai pejabat pemerintah Belanda, yang diizinkan untuk tinggal di daerah Kuta pada tahun 1827.

Dahulu, pelabuhan Kuta merupakan pelabuhan yang yerpenting di Bali Selatan waktu itu. Pada abad 19, Mads Lange seorang syahbandar asal Denmark juga menetap dan mendirikan markas dagang disana. Selama tinggal di Bali, ia menjadi perantara raja-raja di Bali dan belanda. Mads Longe meninggal secara misterius. Kuburan Mads Longe terletak di sebelah konco di pinggir sungai tersebut.

pantai jerman desa adat 1 » Pantai Jerman Desa Adat, Nama Unik Pantai Yang Cantik di Kuta

via Detik

Kini pelabuhan Kuta tersebut sudah tidak ada, sebab abrasi air laut. Namanya pun berubah menjadi Pantai Jerman. Mengapa disebut demikian? Sebab setelah pelabuhan sudah tidak ada, pantai itu berubah menjadi perumahan yang dihuni warga Jerman.

Seiring berkembangnya waktu, pantai lantas diganti menjadi Pantai Segara sebab perumahan tersebut tenggelam karena abrasi. Meski memiliki dua nama, pantai ini lebih dikenal sebagai Pantai Jerman Desa Adat.

Daya Tarik Pantai Jerman Desa Adat

Meski satu garis pantai dengan pantai Kuta, pengunjung pantai ini tak terlalu ramai. Suasananya berbanding terbalik, namun hal ini menjadi daya tarik utama bagi pantai Jerman.

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di pantai ini salah satunya berjemur, berenang dan tentunya foto-foto. Di sekitaran pantai, Anda akan banyak menjumpai kapal nelayan dan dapat dijadikan objek foto Anda. Konstur Pantai Jerman Desa Adat cukup luas sehingga memungkinkan untuk bermain sepak bola maupun voli pantai.

baca juga: Keindahan Pantai Kuta, Pesona Pantai yang Tak Lekang Waktu

Satu hal yang spesial dari Pantai Jerman yaitu, Anda dapat melihat pesawat mendarat atau lepas landas dari Bandara Ngurah Rai di bagian kiri pantai. Bersantai menikmati panorama laut, Anda juga akan disuguhi pemandangan pesawat di langit.

Fasilitas dan Biaya Masuk Pantai Jerman Desa Adat

Untuk memasuki area pantai, Anda tak akan dikenai biaya masuk. Namun, fasilitas yang disajikan cukup lengkap seperti banyak warung di sepanjang pantai. Selain itu, ada pula bangku dan payung pantai yang dapat digunakan untuk makan sambil menikmati keindahan pantai.

Lokasi Pantai Jerman Desa Adat

Pantai Jerman terletak di Jalan Wana Segara, Desa Adat Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Di sekitar pantai juga banyak terdapat beberapa pantai lain yang tak kalah cantik. Cara menuju Pantai Jerman sangat mudah. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, anda hanya berkendara selama 10-15 menit saja.

baca juga: Beachwalk Shopping Mall , Wisata Belanja Dekat Pantai Kuta Bali

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, jalan ke Jalan Dewi Sartika setelah samlai di perempatan belok ke kiri menuju Jalan Kartika kemudian sampai di jalan Wana segara, dan sampailah Anda di Pantai Jerman.

Sebelum memasuki area pantai, jarak parkiran cukup jauh dan Anda wajib berjalan kaki untuk sampai ke pantai. Dan jangan lupa untuk mengunci ganda kendaraan Anda.