Pantai Kusamba Klungkung, Pantai Berpasir Hitam yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi

Pantai Kusamba Klungkung

Pantai Kusamba Klungkung memang tak sepopuler Pantai Padang-padang ataupun Pantai Nusa Dua. Namun hal ini menjadi daya tarik tersendiri dimana Anda dapat merasakan sensasi private beach. Suasana yang asri dan tenang sangat cocok untuk refreshing. Nama Kusamba berasal dari nama daerah tempat pantai ini berada, yakni Desa Kusamba. Dinamakan dengan nama lokasinya berada sebab agar wisatawan mudah menemukannya.

Desa Kusamba juga dikenal sebagai kampung muslim di Bali dan menjadi yang pertama di Klungkung. Agama islam disebarkan oleh Habib Ali Bin Abubakar Bin Umar Bin Abubakar Al Khamid. Makamnya pun berada di pinggir pantai. Selain makam sang Habib, di Desa Kusamba juga ditemukan Al-Qur’an tertua yang hampir berusia 400 tahun.

baca juga: Pantai Kedungu Tabanan, Pantai Eksotis dengan Pemanganan Sunset yang Sangat Indah

Pantai Kusamba Klungkung 1 1024x683 » Pantai Kusamba Klungkung, Pantai Berpasir Hitam yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi

via Gama Holiday

Sejarah Pantai Kusamba Klungkung

Dalam sejarah, desa dan Pantai Kusamba Klungkung memberikan arti penting bagi Kerajaan Klungkung, dimana desa ini merupakan ibukota kedua. Untuk mendukung pemerintahannya, pemimpin Ida I Dewa Agung Putra Kusamba mendirikan istana di desa ini dengan nama Kusanegara.

baca juga: Air Terjun Dewasana Jembrana, Wisata Alam Tersembunyi yang Belum Terjamah Tangan di Bali

Di Desa Kusamba ini juga pernah terjadi peristiwa heroic, yakni perang Kusamba. Di dalam peritiwa itu, masyarakat Bali mampu mengalahkan pimpinan Jendral AV Micheils. Meski demikian, kehadiran Desa Kusamba tak pernah diketahui secara jelas kapan tanggal dan tahunnya.

Daya Tarik Pantai Kusamba Klungkung

Pantai Kusamba memiliki pasir hitam yang lembut dan berkilau. Pantai berpasir hitam ini memiliki air laut yang biru dan jernih serta ombak yang landai. Panorama di pantai ini juga begitu indah dan masih alami. Pohon nyiur yang melambai-lambai tertiup angin membuat pengunjung merasa nyaman dan sejuk.

baca juga: Samabe Cave Dinner Bali, Pengalaman Makan Malam Romantis di Gua Tepi Pantai

Di sepanjang pantai, Anda dapat menyaksikan perahu cadik nelayan yang berjejer di pinggir pantai. Tak hanya itu, pondok-pondok tempat pembuatan garam juga terlihat di sepanjang pantai. Masyarakat di sekitar pantai ini umumnya berprofesi sebagai nelayan dan petani garam yang masih memegang teguh tradisi. Disini Anda bias secara langsung melihat para nelayan yang menangkap ikan di laut dengan cara yang tradisional.

Pantai Kusamba Klungkung 2 1024x641 » Pantai Kusamba Klungkung, Pantai Berpasir Hitam yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi

via Citizen Bali

Bagi wisatawan asing, pembuatan garam tradisional ala warga Desa Kusamba ini sangat menarik. Para wisatawan banyak mendapat ilmu dan sesuatu yang baru. Para petani garam Desa Kusamba juga dengan ramah menjelaskan bagaimana cara pembuatan garam ala warga Desa Kusamba sejak zaman nenek moyang mereka.

Pantai ini juga sering dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan, misalnya sebagai tempat kegiatan nganyut dalam bagian upacara ngaben. Disini juga terdapat pelabuhan tradisional yang menghubungkan ke Pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Apabila Anda ingin menikmati liburan di pulau tersebut dapat menyewa perahu disini.

Lokasi Pantai Kusamba Klungkung

Pantai Kusamba berada di Desa Kusamba, Kecamatan Dawun, Kabupaten Klungkung, Bali. Dari Kota Semarapura, Anda bias menjangkau Pantai Kusamba sejauh 7 km perjalanan. Sedangkan jika Anda dari Bandara Ngurah Rai Anda hanya membutuhkan 1,5 jam perjalanan.

Objek wisata dekat Pantai Kusamba diantaranya ada Pura Goa Lawa. Jadi ketika Anda berkunjung ke Pantai Kusamba, Anda tidak hanya dibuat terpesona dengan keindahan alamnya, tapi juga muatan sejarahnya.