Pantai Lebaoh Nusa Lembongan, Wisata Edukatif Melihat Budidaya Rumput Laut Nelayan

Pantai Lebaoh Nusa Lembongan

Banyak wisata pantai yang bisa dikunjungi di Nusa Lembongan. Pantai Lebaoh Nusa Lembongan menjadi opsi wisata pantai berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan. Di sini, Anda memang tidak bisa melakukan akivitas wisata seperti surfing atau snorkeling. Sebagai gantinya, Anda dapat mengajak pasangan atau keluarga untuk melihat secara langsung budidaya rumput laut oleh para nelayan.

Pantai ini memang sudah lama dikenal sebagai pantai lokasi pembudidayaan rumput laut. Petak-petak budidaya rumput laut tersebut membuat pemandangan indah tersendiri yang bisa disaksikan selagi di pantai ini. Apalagi, para nelayan juga terbuka dengan kedatangan para wisatawan. Dengan catatan, Anda tidak melakukan tindakan yang merusak.

Pantai Lebaoh Nusa Lembongan 3 » Pantai Lebaoh Nusa Lembongan, Wisata Edukatif Melihat Budidaya Rumput Laut Nelayan

via Cool 4 My Eyes

Produksi rumput laut para nelayan di Pantai Lebaoh Nusa Lembongan sangat besar. Sebagai buktinya, para nelayan di pantai ini merupakan pemasok utama kebutuhan rumput laut seluruh wilayah Pulau Bali. Dengan kondisi seperti itu, Anda bisa membayangkan betapa besarnya area budidaya rumput laut di pantai ini.

Ekosistem Pantai Lebaoh Nusa Lembongan yang Sangat Cocok untuk Budidaya Rumput Laut

Pantai ini memang memiliki kecocokan sebagai lokasi pembudidayaan rumput laut. Rumput laut bisa tumbuh dengan baik di pantai ini karena keberadaan terumbu karang yang berukuran luas. Ditambah lagi, pantai ini juga merupakan pantai yang dangkal, sehingga rumput laut bisa memperoleh pasokan sinar matahari yang cukup.

baca juga: Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Wisata Antimainstream di Pulau Dewata

Pantai Lebaoh Nusa Lembongan 2 » Pantai Lebaoh Nusa Lembongan, Wisata Edukatif Melihat Budidaya Rumput Laut Nelayan

via Cool 4 My Eyes

Di sisi lain, rumput laut merupakan gulma yang bisa tumbuh dengan subur di pantai dangkal. Tumbuhan ini hanya mampu bertahan pada kedalaman sekitar 200 meter di bawah permukaan laut. Selain itu, tumbuhan ini juga tidak punya akar. Sebagai gantinya, rumput laut punya kemampuan tumbuh yang sangat mudah, terutama pada substrat yang telah mati seperti pasir, kayu, ataupun kulit kerang.

Suasana Tenang Pantai Lebaoh Nusa Lembongan

Meski menjadi lokasi pembudidayaan rumput laut, pantai ini memiliki suasana yang relatif sangat tenang. Anda tidak akan mendapati keramaian wisatawan yang tengah berjemur atau melakukan beragam aktivitas wisata di sini. Oleh karena itu, suasananya sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menjauhkan diri dari keramaian.

baca juga: Devil’s Tears Nusa Lembongan, Pesona Pantai dengan Pemandangan Menakjubkan

Sebagai gantinya, Anda dapat melihat dereta perahu kecil milik para nelayan rumput laut yang tertambat di tepi pantai. Perahu kecil berbentuk sampan itu merupakan moda transportasi utama yang digunakan oleh para nelayan di sini. Perahu itu jadi alat untuk mengangkut hasil panen rumput laut dari laut ke daratan.

Pantai ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk melihat Nusa Lembongan dari sudut pandang lain. Di sini, Anda bisa secara langsung melihat bagaimana perjuangan para nelayan rumput laut memperoleh nafkah setiap harinya. Apalagi, usaha seperti ini sangat jarang dijumpai di Bali, yang notabene merupakan pulau wisata.

Cara Menuju Lokasi Pantai Lebaoh Nusa Lembongan

Lokasi pantai ini memiliki kemudahan untuk bisa dijangkau oleh para wisatawan. Kalau berangkat dari Pulau Bali, perjalanan bisa dilakukan dengan menggunakan layanan penyeberangan memakai speed boat yang ada di Pantai Sanur. Dari situ, perjalanan yang dibutuhkan tidak terlalu lama, hanya 30 menit.

Selagi di Lembongan, Anda juga dapat menyempatkan waktu untuk berkunjung ke destinasi wisata lain. Ada banyak pantai unik dan cantik di pulau kecil ini, di antaranya adalah Dream Beach, Pantai Jungut Batu, Mushroom Bay, ataupun Goa Gala-Gala. Semuanya menyajikan keunikan yang tak Anda temui di pulau utama.