Pantai Pandan Nusa Penida, Keindahannya Tak Kalah Dibandingkan Phi Phi Island di Thailand

Pantai Pandan Nusa Penida

via Detik Travel

Keindahan pantai di Nusa Penida memang sudah terkenal luas. Pantai Pandan Nusa Penida adalah salah satunya. Bahkan, ketika berkunjung ke pantai ini, Anda bisa merasakan suasana yang tak kalah memukau dibandingkan dengan Phi Phi Island yang dikenal sebagai destinasi wisata populer di Thailand.

Pantai Pandan Nusa Penida ini merupakan sebuah pantai yang lokasinya tersembunyi. Tidak heran kalau Anda harus menempuh perjalanan dengan medan yang cukup sulit untuk menjangkau tempat ini. Oleh karena itu, persiapkan kondisi fisik agar fit dan bisa mengikuti jalur trekking menju ke pantai ini.

Pantai Pandan Nusa Penida 3 » Pantai Pandan Nusa Penida, Keindahannya Tak Kalah Dibandingkan Phi Phi Island di Thailand

via Detik Travel

Jalur yang dilewati memang sangat sulit, karena berupa daerah perbukitan. Melihat pemandangan dari atas bukit tersebut, Anda bisa menyaksikan view yang tidak kalah dengan gugusan Pulau Wayag yang ada di Raja Ampat. Dengan pemandangan indah selama perjalanan, trekking sekitar30 menit tidak akan terasa melelahkan.

Daya Tarik Pantai Pandan Nusa Penida

Sesampainya di Pantai Pandan Nusa Penida, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan hamparan pasir putih yan bersih dan luas. Kombinasi pasir putih yang bersih dengan air laut jernih menjadi pemandangan yang benar-benar menyejukkan. Tak heran kalau para wisatawan menyebut pantai ini tak kalah indahnya dibandingkan dengan Phi Phi Island.

baca juga: Crystal Bay Nusa Penida, Pantai dengan Air Laut Super Bening

Pantai ini juga merupakan sebuah pantai yang sepi pengunjung. Oleh karena itu, tidak heran kalau pantai ini serasa milik pribadi. Medan yang sulit memang membuat para wisatawan berpikir ulang ketika merencanakan perjalanan ke pantai ini.

Pantai Pandan Nusa Penida 1 1024x575 » Pantai Pandan Nusa Penida, Keindahannya Tak Kalah Dibandingkan Phi Phi Island di Thailand

via waklaba

Aktivitas Wisata di Pantai Pandan Nusa Penida

Di waktu yang sama, hal tersebut membuat pantai ini selalu terjaga keindahannya. Selain itu, suasana sepi di pantai ini juga memberi kebebasan kepada para wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas. Tentunya, dengan catatan, Anda harus tetap menjaga kebersihan serta keasrian pantai ini, ya.

baca juga: Pura Goa Giri Putri Nusa Penida, Pura Unik yang Berada di Dalam Gua

Aktivitas pertama yang sering dilakukan ketika berkunjung ke sini adalah memancing. Tak lupa, Anda juga perlu membawa tenda atau tempat tidur hammock. Sangat disayangkan kalau Anda sudah datang ke sini tanpa menyempatkan waktu untuk menginap.

Pantai Pandan Nusa Penida 4 » Pantai Pandan Nusa Penida, Keindahannya Tak Kalah Dibandingkan Phi Phi Island di Thailand

via Detik Travel

Di malam hari, jangan lupa juga untuk menyalakan api unggun. Menemani suasana malam yang dingin, Anda bisa merasakan kehangatan. Tak lupa, pastikan untuk memanggang ikan hasil tangkapan. Kalau mau, Anda juga bisa berbaur dengan masyarakat lokal yang biasa main ke pantai ini.

Saat berkunjung ke sini, pastikan juga untuk membawa kamera tahan air. Dengan begitu, Anda bisa puas berburu foto instagramable. Selain itu, pastikan juga kamera tersebut dalam kondisi baterai yang penuh.

baca juga: Pantai Banah Nusa Penida, Pantai Unik dengan Tebing Berlubang

Cara Menuju Lokasi Pantai Pandan Nusa Penida

Lalu, bagaimana cara untuk menyaksikan keindahan pantai ini secara langsung. Tidak terlalu sulit. Pertama, Anda bisa menggunakan layanan penyeberangan dari Pantai Sanur menuju Pelabuhan Buyuk Nusa Penida menggunakan fast boat. Tarifnya, sebesar Rp150 ribu per orang.

Dari pelabuhan tersebut, perjalanan dapat dilanjutkan ke Crystal Bay menggunakan jukung yang memiliki biaya sewa Rp250 ribu per jukung. Dari Crystal Bay Anda bisa menggunakan jasa guide yang dapat mengantarkan Anda ke lokasi pantai ini. Biasanya, jasa guide tersebut dipatok dengan banderol Rp250 ribu per malam.