Pantai Pemuteran Buleleng, Wisata Pantai dengan Suasana yang Menenangkan

Pantai Pemuteran Buleleng

via Punapi Bali

Memilih wisata pantai di Bali bakal begitu membingungkan. Namun, kalau Anda mencari pantai yang tenang dan cukup sepi, pertimbangkan untuk datang ke Pantai Pemuteran Buleleng. Pantai ini memang terkenal berkat keberadaan Pura Bawah Laut Pemuteran yang unik. Tak heran kalau pantai ini memang terkenal dengan pemandangan alam bawah lautnya.

Pantai Pemuteran Buleleng 2 » Pantai Pemuteran Buleleng, Wisata Pantai dengan Suasana yang Menenangkan

via Vokamo

Namun, daya tarik dari Pantai Pemuteran Buleleng bukan pemandangan bawah lautnya saja. Pantai ini juga dikenal sebagai pantai yang memberikan suasana begitu menenangkan. Suasana alami bisa terasa begitu terasa selama berada di sini. Apalagi, ditunjang dengan dukungan dari masyarakat adat Desa Pemuteran yang sadar betul mengenai pentingnya upaya pelestarian alam di ekosistem pantai.

Bersantai di Pantai Pemuteran Buleleng

Berkunjung ke pantai ini, Anda akan menjumpai pantai dengan hamparan pasir hitam yang cukup luas. Pantai ini juga menawarkan suasana yang begitu menenangkan. Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, kerap menghabiskan waktu untuk bersantai dengan cara berjemur sembari membaca buku.

Pantai Pemuteran Buleleng 3 » Pantai Pemuteran Buleleng, Wisata Pantai dengan Suasana yang Menenangkan

via Vokamo

Suasana di tepi pantai juga terasa begitu rindang. Para wisatawan bisa bersantai di bawah pohon tanpa harus kepanasan. Suasana bersantai begitu menenangkan ketika ditambah dengan semilir angin yang terasa menyejukkan. Karena bangunan untuk fasilitas hiburan di sekitar pantai memang cukup jarang dijumpai.

baca juga: 5 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba saat Pelesir ke Pantai Sanur Bali

Fasilitas Wisata di Pantai Pemuteran Buleleng

Di sini, Anda tak akan menjumpai fasilitas berupa hiburan malam. Jumlah hotel juga sangat terbatas. Secara total, Anda hanya bisa mendapati sebanyak 12 hotel yang menjadi sarana tempat menginap untuk para tamu. Selebihnya, Anda bisa menggunakan alternatif menginap di homestay sederhana.

Pantai Pemuteran Buleleng 1 » Pantai Pemuteran Buleleng, Wisata Pantai dengan Suasana yang Menenangkan

via Punapi Bali

Keterbatasan jumlah bangunan fasilitas pendukung wisata di sini bukan karena minimnya kunjungan wisatawan. Sebaliknya, hal itu merupakan imbas dari aturan yang ditetapkan oleh masyarakat adat Desa Pemuteran. Pembatasan bangunan di tepi pantai, dilakukan untuk menjaga kearifan lokal di Desa Pemuteran yang kesan adatnya masih begitu kental.

baca juga: Brahmavihara-Arama Buleleng, Wihara Terbesar di Seantero Pulau Bali

Menikmati Pemandangan Alam Bawah Laut di Pantai Pemuteran Buleleng

Sebagai gantinya, aktivitas utama berupa menikmati pemandangan alam bawah laut jadi daya tarik utama di sini. Bahkan, keragaman terumbu karang di Pantai Pemuteran Buleleng sudah terkenal di seantero dunia. Aktivitas utamanya adalah diving yang bisa dilakukan dengan tanpa harus jauh-jauh ke tengah laut.

Untuk memperoleh pemandangan alam bawah laut memukau, Anda hanya perlu berenang 10 meter dari bibir pantai. Selain itu, ada pula sarana berupa kapal dengan alas kaca yang bisa menjadi sarana untuk menikmati alam bawah laut pantai ini. Sebagai tambahan, ada aktivitas lainnya berupa jet ski yang bisa Anda lakukan.

baca juga: The Damai Hotel Lovina, Penginapan Mewah yang Mendamaikan Hati di Bali

Lokasi Pantai Pemuteran Buleleng

Pantai Pemuteran Bali bisa dijangkau dengan cara yang tak terlalu sulit. Pantai ini berada sekitar 55 km dari Kota Singaraja. Anda juga bisa datang ke sini secara langsung ketika sampai di Pelabuhan Gilimanuk. Apalagi, jarak antara Pantai Pemuteran dengan Gilimanuk hanya terpisah jarak sejauh 30 km.

Dengan lokasinya yang begitu mudah dijangkau tersebut, Anda bisa menyempatkan waktu untuk datang ke Pantai Pemuteran di Buleleng. Bisa asyik seru-seruan snorkeling dan diving di alam bawah lautnya. Keren!