Pantai Segara Kusamba Klungkung, Wisata Pantai dengan Suasana yang Mendamaikan Hati

Pantai Segara Kusamba Klungkung

via Luh De Suryani

Hampir di semua sudut Pulau Bali terdapat wisata pantai dengan keindahan tersendiri. Tak terkecuali Pantai Segara Kusamba Klungkung yang memiliki daya tarik tersendiri dan tentunya tak kalah indah dari pantai populer di Bali.

Asal muasal nama pantai berpasir hitam ini tak lain karena tak jauh dari kawasan Pantai Segara Kusamba berdiri sebuah Pura Segara. Di kawasan ini terkenal sebagai penghasil ikan yang cukup besar, diperkirakan hamper setiap harinya nelayan di Pantai Segara Kusamba menghabiskan 20 ton ikan untuk dikirim ke semua wilayah di Bali.

Pantai Segara Kusamba Klungkung 1 » Pantai Segara Kusamba Klungkung, Wisata Pantai dengan Suasana yang Mendamaikan Hati

via Kusamba

baca juga: Pantai Watu Klotok Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

Daya Tarik Pantai Segara Kusamba Klungkung

Pantai Segara Kusamba Klungkung memiliki pasir pantai yang hitam dan lembut. Pasir hitam ini akan berkilau ketika diterpa cahaya matahari. Di tepian pantai, terdapat kapal nelayan yang berjajar rapi. Sebagian warga sekitar pantai bekerja sebagai nelayan ataupun petani garam menggunakan cara tradisional.

Pantai Segara Kusamba terkenal memiliki keindahan untuk melihat matahari terbit maupun matahari terbenam. Oleh sebab itu sangat tepat untuk berkunjung di waktu terbaik untuk melihat kemegahan sunrise maupun sunset yakni sekitar pukul 04:30 hingga 05:00 WITA atau pukul 17:00 hingga 17:30 WITA.

Pemandangan alam di tempat ini sangat indah. Gugusan kepulauan Nusa Penida dapat dilihat dari seberang lautan. Selain itu, pantai ini membentang luas dari tenggara ke barat laut sehingga dapat melihat kemegahan Gunung Agung yang nampak di kejauhan.

Pantai Segara Kusamba Klungkung 3 » Pantai Segara Kusamba Klungkung, Wisata Pantai dengan Suasana yang Mendamaikan Hati

via Luh De Suryani

baca juga: Pantai Sedayu Klungkung, Pilihan Asyik untuk Aktivitas Liburan Memancing di Bali

Aktivitas liburan yang dapat Anda lakukan di antaranya mamancing, bermain bola voli maupun sepak bola, berjemur hingga berfoto ria. Untuk berenang, sangat tidak disarankan karena kawasan pantai ini memiliki deburan ombak yang lumayan besar.

Pantai Segara Kusamba Klungkung 2 1024x683 » Pantai Segara Kusamba Klungkung, Wisata Pantai dengan Suasana yang Mendamaikan Hati

via Anton Muhajir

Fasilitas Pantai Segara Kusamba Klungkung

Warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan dan petani garam sangat dimanfaatkan, oleh sebab itu Anda akan denagan mudah menjumpai warung makan yang menyediakan olahan seafood hasil tangkapan nelayan lokal. Ada banyak berbagai jenis ikan dan olahan yang dapat Anda pilih sesuai selera Anda.

Selain hidangan, adapula oleh-oleh berbahan dasar olehan ikan yakni pindang. Pindang merupakan hasil olahan ikan dengan cara pengukusan yang diberi sedikit garam. Produk tersebut ditujukan untuk mengawetkan ikan dengan kadar garam rendah. Jenis ikan yang dapat digunakan berbagai jenis dan dapat dipilih sesuai selera Anda.

baca juga: Pantai Tukad Balian, Pantai yang Dipercaya Bisa Menyembuhkan Beragam Penyakit di Bali

Apabila Anda ingin embawa ikan segar untuk oleh-oleh datanglah sekitar pukul 09:00, kemungkinan pada pukul tersebut semua jenis tangkapan ikan belum dibuat pindang, dan Anda boleh membawa oleh-oleh ikan segar. Fasilitas lain yang terdapat di pantai berpasir hitam ini ada kamar mandi, ruang ganti dan juga penyewaan peralatan memancing.

Lokasi Pantai Segara Kusamba Klungkung

Pantai Segara Kusamba beralamat di Jalan Pura Segara, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Dari pusat Kota Semarapura jaraknya sekitar 8 km, sedangkan dari Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dengan berkendara.

Objek wisata yang dekat dengan Pantai Segara Kusamba yakni bukit belong, pura goa lawah, taman kerta gosa, bendungan tukad yeh unda, dan masih banyak lainnya. Jadi, Anda bakal tak bosan deh kalau memilih berkunjung ke tempat wisata alam di Klungkung ini.