Pantai Tegal Besar Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

Pantai Tegal Besar Klungkung

via wisatabali2010

Kawasan Klungkung, Bali memang mungkin tak seterkenal kawasan lain di Bali. Namun, keberadaan Pantai Tegal Besar Klungkung akan mengubah pandangan Anda terkait kawasan ini. Pantai ini terletak di sebelah barat dari Pantai Lepang dan sebelah timur dari Pantai Siyut, ketiga pantai ini masih dalam garis pantai yang sama.

Pantai berpasir hitam ini memiliki banyak daya tarik dan berbeda dari pantai-pantai lain yang sejenis. Selain panorama yang eksotik, ombak yang tinggi dan besar, ada satu lagi hal menarik yang membuat wisatawan banyak berkunjung ke pantai ini yakni pantai ini digunakan penyu untuk bertelur serta burung kokoan yang hinggap di pepohonan di tepian pantai kala sore hari datang.

Pantai Tegal Besar Klungkung 2 1024x768 » Pantai Tegal Besar Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

via wisatabali2010

baca juga: Bukit Belong Gunaksa, Bukit Keren dengan Pemandangan Alam Hijau Klungkung

Daya Tarik Pantai Tegal Besar Klungkung

Pantai ini memiliki pasir hitam yang lembut dan berkilau ketika diterpa cahaya matahari. Ada banyak kapal nelayan yang berjejer di tepian pantai, hal ini karena sebagian besar penduduk sekitar bermata pencaharian sebagai nelayan dan menggantungkan penghasilan dari berdagang di area pantai.

Pantai ini terkenal memiliki ombak yang besar dan populer di kalangan peselancar. Ombak yang besar sangat cocok bagi peselancar untuk surfing. Namun, ombak yang besar ini tidak cocok bagi Anda yang peselancar pemula. Ombak yang besar pula, membuat pantai ini tidak dapat digunakan untuk aktivitas berenang sebab ada arus laut yang kuat di bulan0bulan tertentu.

Pantai Tegal Besar Klungkung 3 » Pantai Tegal Besar Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

via wisatabali2010

Ketika senja datang, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan sebab keindahan matahari terbenam yang indah dan dinanti-nanti oleh wisatawan. Dan uniknya lagi, ketika sore hari bukan hanya pengunjung manusia saja yang datang tetapi juga ada burung pencari ikan (burung kokoan) yang hinggap dan bermalam di pohon-pohon yang berada di sekitar lingkungan pantai.

baca juga: Taman Gili Kerta Gosa, Tempat Wisata Bersejarah Peninggalan Kerajaan Klungkung

Hal menarik lainnya di pantai ini ialah banyaknya penyu yang datang ke tepi pantai untuk bertelur. Hal ini biasanya terjadi pada bulan Mei sampai bulan Juli, sehingga disekitar pantai ada papan peringatan melarang untuk menangkap penyu di sekitar pantai tersebut.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan selama di pantai ini diantaranya memancing, berjemur, berfoto, berjalan-jalan disekitar pantai, dan lain-lain. Untuk masuk ke pantai ini, wisatawan tidak dikenakan biaya alias gratis. Di tepi pantai terdapat warung-warung warga yang menyediakan berbagai minuman dan makanan ringan.

Lokasi Pantai Tegal Besar Klungkung

Pantai Tegal Besar terletak di Banjar Tegal Besar, Kelurahan Takmung, Kecamatan Bajarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali. Dari bandara Ngurah Rai dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam dengan berkendara. Atau jika Anda dari Denpasar dapat menempuh perjalanan kira-kira 35 menit berkendara.

baca juga: Jivva Beach Club Bali, Tempat Nongkrong Asik di Tepian Pantai Lepang, Klungkung

Pantai Tegal Besar Klungkung dekat dengan berbagai objek wisata diantaranya ada kerta gosa, pantai siyut, pantai lepang, pantai watu klotok, dan masih banyak lainnya. Untuk menunjang sector pariwisata, pantai ini sudah memiliki akses jalan yang telah diaspal.

Apabila ada sampah yang datang dari laut, masyarakat setempat akan membersihkannya, sehingga pantai ini tetap terjaga kebersihannya. Namun, wisatawan juga harus ikut serta menjaga kelestariannya agar pantai ini tetap bersih dan jauh dari sampah. Yang pasti, Anda harus memastikan, bahwa bersenang-senang tidak harus mengotori lingkungan, setuju?