Pantai Watu Klotok Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

Pantai Watu Klotok Klungkung

Kabupaten Klungkung merupakan salah satu kawasan di Bali yang memiliki banyak tempat wisata. Pantai Watu Klotok Klungkung menjadi satu pantai cantik yang bisa dijumpai di sini. Mungkin anda pernah mendengarnya atau bahkan belum sama sekali. Pantai yang satu ini berada di Dusun Celepik, Desa Tojan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Bagi anda yang sedang merencanakan liburan, maka Pantai Watu Klotok bisa anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata yang anda kunjungi. Pantai Watu Klotok memiliki panorama alam yang begitu eksotis. Anda dapat menghabiskan waktu di pantai ini untuk bersantai, bermain-main, berolahraga dan banyak lagi.

Pantai Watu Klotok Klungkung 1 1024x767 » Pantai Watu Klotok Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

Asal Mula Nama Pantai Watu Klotok Klungkung

Nama dari Pantai Watu Klotok diambil dari istilah ‘watu’ yang artinya adalah batu, dan ‘klotok’ yang artinya bunyi. Jadi, watu klotok memiliki arti batu yang berbunyi. Hal tersebut dikarenakan, konon di pantai ini ditemukan batu dimana ketika batu itu dikocok mengeluarkan bunyi, seolah terdapat ruang dan sesuatu di tengah batu itu.

Daya Tarik Pantai Watu Klotok Klungkung

Pantai Watu Klotok Klungkung memiliki pasir yang berwarna hitam. Jadi, apabila anda bosan dengan berlibur di pantai pasir putih, anda dapat mendatangi Pantai Watu Klotok.

Hamparan pasir hitam tersebut akan terlihat berkilauan ketika terkena sinar matahari. Eksotisnya warna hitam dari pasir, dipadukan dengan birunya hamparan laut, membuat Pantai Watu Klotok memiliki pemandangan yang begitu mengagumkan.

Ombak yang ada di pantai ini cukup tinggi dan memanjang, sehingga dapat digunakan untuk olahraga surfing. Terkadang terlihat turis-turis asing sedang menikmati hebatnya ombak yang ada disini untuk surfing.

Selain pasir hitam dan ombak yang menjadi daya tarik dari pantai ini, pemandangan di sekitarnya pun dapat menarik pengunjung untuk datang. Jika anda berada disini, anda akan menyaksikan pemandangan persawahan hijau dan juga terlihat megahnya sebuah Gunung Agung.

Pastinya Pantai Watu Klotok ini ppas sekali untuk dijadikan tempat bersantai. Anda dapat merasakan hembusan angin laut yang segar sambil emlihat pemandangan sekitar yang menakjubkan. Anda dapat berjalan-jalan di tepi pantai sambil merasakan kaki anda terkena air laut yang dingin.

Pura Watu Klotok

Di sekitar kawasan pantai juga terdapat pura suci yang namanya juga sama dengan pantai ini, yaitu Pura Watu Klotok. Pura ini sering digunakan untuk tempat upacara sakral, seperti upacara untuk memohon keselamatan kesucian dunia. Karena Pantai Watu Klotok ini masih berada di kawasan suci pura, maka jika anda berkunjung diharapkan menjaga kesopanan.

Ketika anda sedang berada di Pantai Watu Klotok anda kemungkinan dapat menjumpai proses pembutan pot bunga yang dilakukan oleh penduduk sekitar. Biasanya pot bunga dihiasi dengan batu sikat. Batu sikat sendiri merupakan batu-batuan kecil yang berada di pinggir pantai dan memiliki bentuk yang halus. Batu sikat biasanya selain dijadikan hiasan pot bunga juga dijadikan hiasan lantai.

Fasilitas Pantai Watu Klotok Klungkung

Di sekitar Pantai Watu Klotok ini memiliki area parkir yang cukup luas dan sudah terdapat toilet serta beberapa pedagang yang menjual makanan. Apabila anda sedang berada di pantai ini, anda dapat menyempatkan diri untuk mencicipi makanan-makanan khas dari Klungkung.

Pantai Watu Klotok Klungkung 2 » Pantai Watu Klotok Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

Lokasi Pantai Watu Klotok Klungkung

Lokasi Pantai Watu Klotok ini apabila dari kota Denpasar berjarak sekitar 30 km. Jika dari arah Denpasar melalui By Pass Ngurah Rai, anda kemudian belok kanan hingga mentok maka anda akan tiba di pantai. Apabila dari pusat Kota Semarapura berjarak sekitar 5 km, berdekatan juga dengan wisata Kertha Gosa.