Pantai Yeh Gangga Tabanan, Pantai dengan Suasana Religius Tempat Pelaksanaan Upacara Melasti

Pantai Yeh Gangga Tabanan

via maplogs

Pantai Yeh Gangga Tabanan mungkin terdengar cukup asing bagi wisatawan. Namun, pantai ini banyak dikenal warga lokal, sebab dijadikan untuk tujuan upacara Melasti dan pelepasan abu kremasi saat upacara Ngaben.

Pantai Yeh Gangga memiliki kondisi yang masih sangat tenang serta nyaman untuk para pengunjung. Alam yang masih terjaga dan alami akan menemani Anda selama berkunjung. Tak heran, banyak pengunjung yang merasakan nuansa privasi yang lebih maksimal.

Pantai Yeh Gangga Tabanan 1 1024x683 » Pantai Yeh Gangga Tabanan, Pantai dengan Suasana Religius Tempat Pelaksanaan Upacara Melasti

via panduanwisata

Daya Tarik Pantai Yeh Gangga Tabanan

Pantai Yeh Gangga memiliki pasir berwarna hitam yang lembut. Ombak yang cukup besar menabrak tebing seakan menjadi melodi untuk menemani Anda. Bukit kehijauan terlihat di sisi timur sedangkan di sisi selatan akan terlihat hamparan sawah. Pantai ini juga menjadi muara beberapa sungai kecil disekitarnya.

Meski ombak Pantai Yeh Gangga terlihat tennag, Anda tidak diizinkan untuk berenang sebab arus laut di bawah air dapat menyeret apapun hingga kekedalaman. So, menikmati pantai cukup dengan melihat pemandangan yang disajikan dan tentunya pas untuk menjauh dari pusat keramaian.

Pantai Yeh Gangga Tabanan 2 1024x682 » Pantai Yeh Gangga Tabanan, Pantai dengan Suasana Religius Tempat Pelaksanaan Upacara Melasti

via maplogs

Ikon Pantai Yeh Gangga Tabanan ialah pemandangan pura yang terletak di atas bongkahan batu karang besar, yang mana di bawah tempat pura tersebut berdiri, ada lubang tembus pada batu karang tersebut, sehingga pura tersebut dikenal dengan nama Pura Batu Bolong.

baca juga: Terasering Jatiluwih Tabanan, Wisata Alami yang Menyejukkan Mata

Terlihat indah dan unik, terlebih saat senja, di saat matahari tenggelam dan seakan membuat semburat cahaya kecil yang seolah keluar dari lubang batu di bawah pura tersebut.

Pura Batu Bolong di Pantai Yeh Gangga Tabanan

Untuk menuju pura ini, Anda dapat melalui tangga kayu yang juga merupakan satu-satunya jalan untuk menaiki batu tersebut. Sedangkan menuju batu karang tersebut, dapat menaiki kapal nelayan.

Pantai Yeh Gangga Tabanan 3 » Pantai Yeh Gangga Tabanan, Pantai dengan Suasana Religius Tempat Pelaksanaan Upacara Melasti

via kabarnusa

Ketika upacara melasti diadakan, maka akan terlihat pagelaran budaya yang dihadiri umat hindu lengkap dengan gamelan yang mengiringi prosesi upacara adat. Sebagai pengunjung, Anda diizinkan melihat prosesi upacara adat melasti maupun pelepasan abu jenazah di upacara ngaben.

baca juga: Pantai Melasti Tabanan, Keindahan Mini Waterfall dengan Langit Senja yang Indah

Biaya Masuk dan Fasilitas Pantai Yeh Gangga

Untuk masuk ke area pantai, Anda tak dikenakan biaya masuk. Hanya tiket parkir saja yakni Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat. Meski jarang dikunjungi wisatawan namun pantai ini sudah memilikk fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya tempat parkir, toilet, warung makan, restoran, villa, resort dan bungalow.

baca juga: Menyaksikan Kemegahan Patung Budha Tidur Vihara Dharma Giri di Tabanan

Lokasi Dan Cara Menuju Pantai Yeh Gangga Tabanan

Pantai Yeh Gangga berlokasi di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari Kota Denpasar, Anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 31 km atau dari kota Tabanan dengan jarak tempuh 10 km.

Selama perjalanan menuju Pantai Yeh Gangga Tabanan Anda akan disuguhi pemandangan persawahan. Selain itu, perjalanan yang jauh dapat Anda sempatkan untuk mampir ke sejumlah objek wisata selama perjalanan seperti Tanah lot, Alas kedaton, Taman kupu-kupu dan Taman ayun.

Disarankan, apabila Anda menuju Pantai Yeh Gangga Tabanan, untuk menyewa travel plus sopir sebab perjalanan yang jauh serta jalan yang banyak cabangnya. Agar tidak tersesat itu adalah pilihan terbaik. Dengan begitu, liburan pun bisa dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan.