Pelabuhan Benoa Bali, Pintu Masuk Jalur Laut Menuju Kota Denpasar


Transportasi laut menuju Bali memang bukan menjadi pilihan utama bagi para wisatawan yang ingin liburan ke Pulau Dewata. Banyak wisatawan yang memilih untuk menggunakan jalur darat ataupun udara. Padahal, Anda bisa menemukan sarana pelayaran nyaman yang bisa mengantar Anda menuju secara langsung ke Pelabuhan Benoa Bali.

Pelabuhan Benoa Bali 1 1024x575 » Pelabuhan Benoa Bali, Pintu Masuk Jalur Laut Menuju Kota Denpasar
via Jatim Net

Ketika menggunakan jalur darat, wisatawan diharuskan untuk melakukan penyeberangan yang berasal dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk. Layanan penyeberangan di jalur ini disediakan oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP). Nah, untuk jalur laut dengan tujuan Pelabuhan Benoa, Anda bisa memanfaatkan layanan dari PELNI.

Sesuai dengan namanya, Pelabuhan Benoa merupakan pelabuhan yang berada Tanjung Benoa dan menawarkan lokasi yang berdekatan dengan Kota Denpasar. Oleh karena itu, ketika menggunakan transportasi air yang berlabuh ke Pelabuhan Benoa, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Denpasar atau destinasi wisata terkenal di Bali dengan lebih singkat dibandingkan jalur transportasi darat.

Keuntungan Menggunakan Jalur Transportasi Laut di Pelabuhan Benoa

Meski menjadi jenis transportasi yang kurang begitu diminati wisatawan lokal, Pelabuhan Benoa sudah beroperasi sangat lama. Pelabuhan ini sudah dibangun dan beroperasi secara resmi pada tahun 1924. Pendirian pelabuhan ini mengacu pada gambar peta pelabuhan yang berasal dari zaman penjajahan Belanda.

Pelabuhan Benoa Bali 2 » Pelabuhan Benoa Bali, Pintu Masuk Jalur Laut Menuju Kota Denpasar
via Kompas

Pelabuhan ini tidak hanya menjadi tempat berlabuhnya kapal yang berasal dari dalam negeri. Anda juga bisa menjumpai kapal-kapal dari berbagai kota di luar negeri yang singgah ke sini. Bahkan, kapal pesiar mewah, banyak yang menyempatkan waktu untuk berlabuh. Lokasinya yang strategis, hanya berjarak 8 km dari pusat Kota Denpasar membuat pelabuhan ini begitu nyaman.

Akses transportasi menuju ke Denpasar juga sangat gampang. Apalagi, Anda akan menjumpai pintu gerbang menuju Tol Bali Mandara yang ada di kawasan sekitar Pelabuhan Benoa.

baca juga: Fakta Unik Jalan Tol Bali Mandara, Jalan Pertama di Pulau Dewata Bali

Fasilitas yang Dimiliki Pelabuhan Benoa Bali

Pelabuhan Benoa Bali 3 1024x680 » Pelabuhan Benoa Bali, Pintu Masuk Jalur Laut Menuju Kota Denpasar
via TTG Asia

Sebagai sebuah pelabuhan berstandar internasional, Pelabuhan Benoa menawarkan fasilitas yang komplet. Anda bisa menemukan keberadaan terminal penumpang domestik dan internasional yang masing-masing berukuran 1.383 meter persegi dan 1.300 meter persegi. Selain itu, pelabuhan ini juga punya panjang alur mencapai 3,9 mil laut dan lebar 1.500 meter. Sementara itu, kedalamannya berada di kisaran 9-13 MLWS.

baca juga: Tukad Unda Bali, Bendungan Cantik untuk Lokasi Prewedding yang Keren

Manajemen pengelolaan pelabuhan berada di tangan PT Pelindo III yang merupakan salah satu BUMN strategis di Indonesia. Anda pun bisa menjumpai beberapa kapal domestik milik PELNI yang melakukan persinggahan ke Pelabuhan Benoa. Empat kapal milik PELNI tersebut adalah KM Awu, KM Tilongkabila, KM Leuser, serta KM Binaiya.

Pelabuhan ini secara khusus menjadi pelabuhan yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia di wilayah bagian timur. Apalagi, Anda akan menemukan rute paling banyak yang ada di Pelabuhan Benoa adalah kapal dengan tujuan wilayah yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Dengan kondisi seperti itu, Pelabuhan Benoa jadi pertimbangan menarik kalau Anda ingin melakukan liburan dengan waktu yang cukup lengang selama di Bali. Sebagai tambahan, pelabuhan ini juga menjadi lokasi yang tepat kalau Anda ingin meneruskan perjalanan liburan ke Pulau Lombok atau pulau-pulau kecil yang ada di wilayah NTT dan NTB. Asyik, kan?


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki