Pelabuhan Tribuana Kusamba, Akses Murah Liburan ke Nusa Penida

Pelabuhan Tribuana Kusamba

via Bali Post

Nusa Penida kini menjadi destinasi wisata yang populer di mata para wisatawan. Di Nusa Penida, Anda bisa mendapati keberadaan pantai yang cantik, eksotis, dan suasananya juga masih alami. Tingginya kunjungan wisata ke Nusa Penida pun ditunjang dengan kemudahan akses transportasi yang tersedia.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menuju ke Nusa Penida. Salah satunya adalah dengan menuju ke Pelabuhan Tribuana Kusamba yang ada di Kabupaten Klungkung. Keberadaan pelabuhan ini menjadi sarana penyeberangan alternatif ke Nusa Penida selain penggunaan layanan penyeberangan serupa yang bisa dijumpai di Sanur dan Padang Bai.

Pelabuhan Tribuana Kusamba merupakan pelabuhan tradisional. Selain pelabuhan ini, Anda juga bisa mendapati keberadaan pelabuhan tradisional lain yang lokasinya juga tidak berjauhan. Pelabuhan tersebut di antaranya adalah Pelabuhan Banjar Bias, Pelabuhan Segara, dan yang terakhir, Pelabuhan Kampung.

Pelabuhan Tribuana Kusamba 1 » Pelabuhan Tribuana Kusamba, Akses Murah Liburan ke Nusa Penida

via Gangga Express

Penyeberangan ke Nusa Penida Menggunakan Sampan dan Boat di Pelabuhan Tribuana Kusamba

Sebagai pelabuhan tradisional, fasilitas yang bisa dijumpai di Pelabuhan Tribuana Kusamba tentunya cukup terbatas. Jauh berbeda dibandingkan dengan pelabuhan seperti Sanur, Gilimanuk, ataupun Padang Bai. Meski begitu, para wisatawan yang berkenan menuju ke Nusa Penida, dapat menjumpai berbagai layanan penyeberangan di sini.

baca juga: Air Terjun Seganing Nusa Penida, Air Terjun Istimewa yang Keindahannya Tersembunyi

Opsi kapal yang menyediakan layanan penyeberangan ke Nusa Penida dari Pelabuhan Tribuana Kusamba cukup banyak. Kalau ingin murah, Anda bisa menggunakan layanan penyeberangan yang disediakan oleh nelayan setempat. Hanya saja, layanan penyeberangan ini dilakukan menggunakan sampan yang cukup sederhana.

Pelabuhan Tribuana Kusamba 2 » Pelabuhan Tribuana Kusamba, Akses Murah Liburan ke Nusa Penida

via Bali Post

Selain itu, di Pelabuhan Tribuana Klungkung juga terdapat layanan penyeberangan menggunakan kapal. Akses transportasi menggunakan kapal pun jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan sampan milik nelayan. Meski, tentu saja harga yang perlu Anda bayarkan juga lebih tinggi.

Jumlah penyeberangan yang dilakukan lewat Pelabuhan Tribuana Kusamba per harinya juga cukup banyak. Apalagi, saat ini angka kunjungan ke Nusa Penida mencapai kisaran 2.000 sampai 2.500 wisatawan per hari. Pada musim liburan, jumlah penyeberangan ke Nusa Penida dari pelabuhan ini bisa mencapai angka 30 kali perjalanan.

Mereka yang menggunakan layanan penyeberangan ke Nusa Penida di pelabuhan tradisional ini bukan hanya para wisatawan. Ada pula masyarakat lokal yang turut menggunakannya. Umumnya, masyarakat lokal Bali yang memanfaatkan layanan penyeberangan ini bertujuan untuk melakukan persembahyangan.

baca juga: Rumah Pohon Batu Molenteng Atuh Area, Penginapan dan Tempat Foto Instagramable di Nusa Penida

Pelabuhan Tribuana Kusamba 3 » Pelabuhan Tribuana Kusamba, Akses Murah Liburan ke Nusa Penida

via Gangga Express

Keberadaan pelabuhan ini juga mampu meningkatkan penghasilan masyarakat yang tinggal di sekitar pelabuhan, utamanya para petani garam. Wisatawan yang tengah melakukan penyeberangan, kerap menghabiskan waktu untuk belanja berbagai produk yang bisa dijumpai di area sekitar pelabuhan. Apalagi, garam yang bisa didapatkan di sini merupakan garam kualitas bagus dengan harga murah. Dengan uang Rp20 ribu, Anda sudah bisa membawa pulang garam berkualitas tinggi.

baca juga: Pura Goa Giri Putri Nusa Penida, Pura Unik dengan Berhiaskan Stalaktit dan Stalagmit Alami

Lokasi Pelabuhan Tribuana Kusamba

Lokasi Pelabuhan Tribuana Kusamba berada tidak jauh dari Pantai Kusamba. Bahkan, bisa dibilang kalau keberadaannya bersebelahan. Secara administratif, Pelabuhan Tribuana ini juga masuk dalam wilayah Desa Kusamba yang ada di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Dengan adanya pelabuhan ini, Anda dapat menggunakan opsi transportasi lebih banyak untuk bisa liburan ke Nusa Penida. Semoga bermanfaat, ya.