Pemandian Air Panas Penatahan, Pilihan Berendam di Air Hangat Bernuansa Alami di Bali

Pemandian Air Panas Penatahan

Pemandian Air Panas Penatahan adalah pemandian air panas dengan area sekitar yang begitu asri. Alam terbuka disekitarnya benar-benar menambah kesan santai dan rileks. Anda dapat merasakan sensasi hangat dari airnya dan udara sekitarnya yang sejuk. Benar-benar kombinasi yang pas.

Pemandian Air Panas Penatahanberada di atas area kurang lebih seluas 2,1 hektar. Kawasan yang ada disini dirawat dengan baik kebersihannya sehingga anda yang berkunjung pun akan merasa nyaman. Disekitar pemandian terdapat taman-taman cantik yang tertata rapi. Difasilitasi juga dengan area parkir yang cukup luas, cafetaria, restoran, serta resort dan tempat menginap.

Pemandian Air Panas Penatahan 2 1024x681 » Pemandian Air Panas Penatahan, Pilihan Berendam di Air Hangat Bernuansa Alami di Bali

via Booking

Sumber air panas dari pemandian Penatahan ini berasal dari pura yang berada di areal pemandian yaitu Pura Yeh Panes. Lokasinya pun berada di tepi sungai Yeh Ho. Pemandangan disekitarnya didominasi oleh pohon-pohon rindang serta sawah.

Kadar belerang serta mineral yang ada di Air panas Penatahan ini cukup tinggi. Namun, bau belerangnya tidak begitu menyengat. Ideal juga untuk dijadikan sebagai penyembuhan penyakit kulit. Selain itu juga dapat melepaskan rasa penat anda serta membantu pemulihan rematik. Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapat di Air Panas Penatahan ini.

baca juga: Pemandian Air Panas Toya Bungkah – Keindahan Alam dan Khasiat Kesehatan Menyatu di Kintamani

Dua Kategori Kolam di Pemandian Air Panas Penatahan

Pada area Air Panas Penatahan ini tersedia dua kategori kolam, yakni untuk umum dan privat. Bagi anda yang ingin berendam tanpa ada gangguan, anda dapat memilih kolam privat. Disudut area kolam privat, anda dapat menemui pancuran air panas.

Kolam privat terdapat 8 kolam, dimana terbagi menjadi 4 kolam privat di bagian bawah yang terdapat tembok penyekat tanpa ada atap, kemudian 4 kolam lagi berada di bagian atas. Di bagian atas ini dikelilingi dengan dinding yang terbuat dari bambu.

Untuk kolam umum terdapat 3 tipe kolam. Pertama, berlokasi dekat dengan pinggir sungai. Memiliki ukuran terkecil dan dilengkapi dengan pancoran bambu yang mengalirkan air panas. Suhunya, kurang lebih 38 – 40 derajat celcius.

Kolam umum kedua, memiliki ukuran yang lebih besar dari kolam umum pertama dengan kedalaman sekitar 80 cm. Tempat yang satu ini biasanya disukai oleh anak-anak. Kolamnya yang cukup besar membuat suhu di area ini tidak begitu panas atau biasa saja.

Kolam umum ketiga adalah kolam umum yang paling besar. Terletak di bagian atas dengan kedalaman 115 – 180 meter. Kolamnya juga bukan berisi air yang mengandung belerang. Orang-orang yang memilih di kolam ini biasanya ingin melihat keindahan pemandangan sungai.

baca juga: Wisata Pemandian Air Panas Banjar, Sumber Air Panas Berusia Ratusan Tahun di Bali

Biaya Tiket Masuk Pemandian Air Panas Penatahan

Untuk tiket masuk ke Air panas Penatahan ini adalah untuk kolam umum yaitu IDR 10.000 per orang dan untuk kolam privat yaitu IDR 25.000 per jam. Air Panas Pentahan beroperasi dari pukul 07.00 – 20.00 waktu setempat. Agar bisa lebih puas berendam di kolam, pastikan untuk datang di siang hari.

Lokasi Pemandian Air Panas Penatahan

Bagi anda yang tertarik ingin berkunjung, Pemandian Air Panas Penatahan ini berlokasi di Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya apabila dari Bandara kurang lebih 35 km, pusat kota Tabanan sekitar 13 km, dan dari Denpasar sekitar 25 km. Anda dapat melakukan perjalanan dengan meggunakan kendaraan pribadi ataupun rental mobil dengan sopir di Bali.