Penangkaran Penyu Deluang Sari, Wisata Edukatif Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Para Penyu

Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penyu adalah salah satu hewan yang hampir punah keberadaannya. Untuk mengurangi kepunahan dari penyu ini, didirikanlah tempat-tempat guna menangkarkan penyu-penyu tersebut. Penangkaran Penyu Deluang Sari adalah salah satu area penangkaran yang bisa ditemukan di Bali. Anda yang sedang liburan di Bali dapat mengunjungi tempat yang satu ini.

Salah satu faktor dari kepunahan penyu adalah karena masih maraknya perburuan penyu untuk diambil dagingnya. Kemudian telur-telur penyu juga sering diambil oleh manusia. Agar keberadaan penyu tetap ada, maka pemerintah mengeluarkan undang-undang mengenai pelarangan perburuan penyu. Selain itu, pihak swasta dan lembaga swadaya masyarakat serta pemerintah turut andil dengan membuat penangkaran penyu.

Penangkaran Penyu Deluang Sari 1 1024x682 » Penangkaran Penyu Deluang Sari, Wisata Edukatif Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Para Penyu

Di Indonesia terdapat beberapa penangkaran penyu tersebar di belahan provinsi, dan salah satunya yang ada di Deluang Sari, Bali ini. Dengan didirikan oleh lembaga swadaya masyarakat serta bekerja sama dengan World Wildife Fund (WWF) dan pemerintah setempat, berdirilah tempat penangkaran ini.

baca juga: The Garden Bali, Tempat Penitipan Sekaligus Liburan Anak yang Edukatif

Penangkaran Penyu Deluang Sarisendiri adalah delta kecil yang ditumbuhi dengan hutan bakau, terdapat pantai pasir putih dengan gelombang yang tenang, dan tepat menghadap ke Pelabuhan Benoa. Deluang Sari dijadikan sebagai tempat untuk menangkarkan penyu karena memiliki sistem ekologi yang utuh, lalu pantainya juga memiliki kondisi yang bersih dan terjaga, dan hutan bakau yang ada disini subur.

Di Deluang Sari anda akan menjumpai kolam atau bak penampungan yang disediakan sebagai tempat merawat penyu mulai dari yang baru menetas hingga yang telah dewasa. Bahkan di penangkaran ini terdapat juga penyu yang usianya mmencampai usia 70 tahunan. Para pengunjung yang datang disini dapat memegang penyu-penyu yang ada secara langsung, masuk ke dalam kolam penangkaran, memberi makan, bahkan juga dapat berfoto-foto.

Tidak hanya dapat melihat penyu. Anda yang datang ke penangkaran penyu di Deluang Sari ini juga dapat meliahat beberapa satwa lainnya, seperti berbagai jenis ayam aduan, burung-burung liar, kelelawar, iguana, serta melihat aksi-aksi dari satwa-satwa tersebut.

baca juga: Atlas Pearl Farm Bali, Asyiknya Liburan Edukatif Memanen Mutiara Sambil Belajar

Sebagai pelengkap fasilitas di Deluang Sari, terdapat juga berbagai restoran, jadi jika anda ingin beristirahat sambil mengisi perut tidak perlu khawatir mencari tempat lagi. Dan juga, anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Deluang Sari, maka terdapat juga toko cinderamata.

Biaya Masuk Penangkaran Penyu Deluang Sari

Bagi anda yang ingin main-main bersama dengan para penyu, maka anda akan dikenai biaya tiket masuk ke penangkaran ini. Untuk tiket masuknya dikenai biaya sekitar IDR 10.000 per orang. Penangkaran Penyu Deluang Sari dapat anda jadikan sebagai destinasi liburan selama anda di Bali. Pastinya akan seru melihat penyu dan aneka satwa lainnya disini.

Lokasi Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran penyu Deluang Sari ini berlokasi di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Berjarak kurang lebih 27 kilometer dari kota Denpasar dan menempuh perjalanan sekitar 35 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Untuk sampai ke tempat penangkaran perlu menyebrang dari pelabuhan Benoa dengan menyewa glass bottom boat. Glass bottom boat ini dapat memuat 10 orang penumpang. Jadi, saat anda ingin berkunjung ke Penangkaran Deluang sari bawa juga rombongan anda, seperti keluarga atau teman-teman anda.

gambar via balicantik ewikq