Pendakian Gunung Abang Kintamani, Pilihan Aktivitas wisata Penuh Tantangan di Bali

Gunung Abang Kintamani

Bagi anda para pecinta alam yang ingin mencari spot indah untuk dikunjungi, maka anda bisa datang ke gunung yang satu ini, yaitu Gunung Abang Kintamani. Gunung Abang merupakan gunung tertinggi ketiga yang ada di Pulau Bali. Gunung ini berada di Kintamani, Bangli, Bali. Anda yang suka mendaki gunung, dapat menjadikan Gunung Abang sebagai destinasi anda.

Gunung Abang Kintamani ini satu lokasi dengan Gunung Batur, posisinya sendiri berhadap-dapan, Gunung Abang berada di sebelah timur dan Gunung Batur di sebelah barat. Memiliki ketinggian sekitar 2152 meter di atas permukaan laut, Gunung Abang merupakan titik tertinggi dari pematang kaldera yang mengelilingi Gunung Batur yang luasnya 13,8 x 10 km.

Gunung Abang Kintamani 1 1024x768 » Pendakian Gunung Abang Kintamani, Pilihan Aktivitas wisata Penuh  Tantangan di Bali

Jalur Pendakian Menuju Puncak Gunung Abang Kintamani

Untuk menuju ke kaki gunungnya memakan waktu kurang lebih 40 menit dengan mengendarai mobil. Rute yang ditempuh adalah dari Kota Bangli lurus ke utara, arah Kintamani. Sesampainya di Museum Geopark berbelok ke kiri arah Suter.

baca juga: Batur Mountain View, Penginapan Murah di Kintamani dengan Sajian Pemandangan Gunung Batur

Jika sudah sampai di pertigaan lurus saja ambil jalan kecil masuk ke tengah-tengah hutan. Bisa dibilang jalanannya dalam kondisi rusak dan memiliki ukuran satu mobil. Setelah sampai di kaki gunung, anda mungkin dapat mempersiapkan diri sejenak seperti pemanasan sebelum akhirnya mendaki. Awal dari track pendakian terbilang cukup menanjak, namun sekitar 15 menit perjalanan, jalan yang dilalui menjadi agak datar.

Gunung Abang Kintamani 2 » Pendakian Gunung Abang Kintamani, Pilihan Aktivitas wisata Penuh  Tantangan di Bali

Apabila ketika anda mulai melakukan pendakian dan melihat cahaya merah di langit, maka hal tersebut merupakan lereng Gunung Abang yang sedang terbakar. Perjalanan anda akan dilalui oleh abu sisa kebakaran hutan. Selama perjalanan anda mungkin akan menemui hutan yang gelap dengan pohon-pohon besar. Tanah pijakannya sedikit gembur dan berdebu, jadi hati—hati bagi anda mungkin saja anda bisa terpeleset.

baca juga: Candi Gunung Kawi Tampaksiring, Candi Megah Penuh Nilai Sejarah di Gianyar

Sama seperti gunung-gunung yang ada pada umumnya, alam sekitarnya menyuguhkan pemandangan pepohonan, dan jalur tracking menuju puncak gunung yang dipenuhi dengan tanaman dan semak-semak. Walaupun begitu setelah sampai di atasnya nanti segala rasa lelah anda akan terbayarkan.

Dipuncak terdapat sebuah candi yang terbuat dari batu bata tanpa tembok yang berdiri kokoh. Lalu, disebalahnya terdapat tiga buah pelinggih yang kondisinya sudah hancur. Pemandangan yang ada di Gunung Abang ini benar-benar memanjakan mata, pas juga dijadikan sebagai tempat untuk berselfie-selfie.

Lokasi Gunung Abang Kintamani

Bagi anda yang tertarik untuk mendaki di Gunung Abang, maka Gunung Abang ini berlokasi di Desa Abangsongan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. jika anda bingung mengenai lokasinya, maka anda dapat mencarinya di Google maps. Bagi anda yang merupakan pemula dalam hal mendaki gunung, Gunung Abang ini bisa dibilang medannya masih sulit.

baca juga: Pura Gunung Lebah, Wisata Religi di Tengah Keindahan Alam Ubud

Seperti yang anda ketahui jika mendaki gunung dibutuhkan perlengkapan-perlengkapan yang cukup agar anda tidak kesusahan selama perjalanan. Jadi, pastikan anda membawa perlengkapan yang cukup seperti makanan dan minuman, obat-obatan, dan hal penting lainnya.

Jika anda ingin juga mengabadikan keindahan alam di sekitar Gunung Abang, jangan lupa juga untuk membawa kamera anda. Dan juga sebelum anda menuju ke Gunung Abang, cek terlebih dahulu cuacanya, agar petualangan anda tidak terhambat.

*gambar via Epictio