Pepes Telengis Khas Bali, Dijamin Tak Puas Kalau Hanya Satu Bungkus

Pepes Telengis Khas Bali

Kuliner pepes menjadi jenis makanan yang sudah begitu familier di telinga serta lidah orang Indonesia. Apalagi, Anda dapat menemukan beragam jenis pepes yang menawarkan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya, Anda juga dapat mencicipi pepes telengis khas Bali ketika tengah berlibur ke Pulau Dewata.

Ketika mencicipi kuliner pepes telengis khas Bali, Anda bakal tergoda dengan cita rasanya yang unik. Apalagi, pepes jenis ini hanya bisa Anda temukan selama liburan ke Bali. Cara menikmati lauk yang satu ini juga begitu sederhana. Anda bisa menikmatinya dengan disertai dengan nasi hangat. Sekali santap, dijamin Anda tidak akan berhenti cukup dengan satu bungkus pepes.

Pepes Telengis Khas Bali 2 » Pepes Telengis Khas Bali, Dijamin Tak Puas Kalau Hanya Satu Bungkus

via Bali Travel News

Apa Itu Pepes Telengis Khas Bali?

Pepes telengis merupakan jenis pepes yang dibuat dengan bahan utama sari ampas yang berasal dari pembuatan minyak kelapa tradisional Bali. Minyak kelapa tradisional tersebut merupakan minyak tandusan. Pada proses pembuatan minyak tandusan, Anda akan melihat adanya pemisahan antara bagian ampas dengan minyak kelapa.

baca juga: 10 Kuliner khas Bali yang Wajib untuk Kamu Cicipi saat Melancong ke Pulau Dewata

Untuk mendapatkan bahan baku telengis untuk pembuatan pepes telengis khas Bali juga tidak begitu sulit. Masyarakat Bali menggunakan minyak tandusan dari kelapa untuk beragam aktivitas. Minyak ini terkadang menjadi campuran untuk bahan masakan. Selain itu, ada pula masyarakat yang menggunakan minyak tandusan untuk minyak rambut.

Pepes Telengis Khas Bali memiliki Rasa yang Unik

Pepes telengis memiliki rasa yang begitu berbeda dibandingkan dengan pepes jenis lainnya. Ketika menyantap kuliner ini, Anda akan menemukan kalau pepes telengis hadir dengan beberapa kombinasi rasa. Anda tidak hanya akan menemukan rasa manis, tetapi juga gurih. Ditambah lagi, pepes ini juga memiliki bau yang cukup harum. Hal ini cukup lumrah, mengingat bahan utamanya berasal dari kelapa.

baca juga: Laklak Men Gabrug Denpasar, Sajikan Jajanan Tradisional Khas Bali Fresh From The Oven

Proses pembuatan pepes telengis khas Bali tidak terlalu sulit. Bumbu yang digunakan untuk memasak pepes telengis adalah bumbu genep. Seperti diketahui, bumbu genep merupakan standar bumbu yang kerap digunakan oleh masyarakat Bali dalam memasak beragam jenis masakan. Sebagai pelengkap, Anda juga terkadang bisa menjumpai pepes telengis yang disertai dengan udang.

Setelah itu, bumbu yang telah dicampur dengan udang dan telengis, dibungkus dengan daun pisang. Proses pemasakan pepes ini tak jauh berbeda dibandingkan dengan pepes lain. Anda bisa memasaknya dengan cara dikukus. Pepes ini pun terasa lebih nikmat kalau disantap dalam kondisi hangat.

baca juga: Warung Tekor Denpasar, Sajikan Kuliner Legendaris Khas Bali Nasi Tekor

Untuk mencoba pengalaman mencicipi kuliner tradisional Bali ini juga begitu gampang. Anda akan menemukan begitu banyak penjual makanan yang menyediakan pepes telengis. Harganya juga begitu murah. Satu bungkus pepes telengis, bisa Anda dapatkan cukup dengan harga Rp3 ribu sampai Rp5 ribu.

Para traveler muslim juga tidak perlu khawatir kalau ingin mencicipi kuliner tradisional yang hanya ada di Bali ini. Apalagi, bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pepes telengis khas Bali merupakan bahan-bahan yang halal. Anda tidak akan menjumpai bahan-bahan tidak halal dalam proses pembuatan pepes telengis.

Tertarik untuk mencicipi kuliner ini, kan? Selain rasanya lezat, harganya juga murah. So, tak perlu pikir panjang lagi. Pastikan untuk tidak melewatkan pepes khas Bali ini saat berlibur ke sana.