Peramalan Ketut Liyer, Populer Berkat Film Hollywood Eat Pray Love

peramalan ketut liyer

Apakah anda pernah membaca novel atau menonton film berjudul ‘Eat, Pray, Love’. Novel yang dijadikan film ini dibintangi oleh Julia Robert. Film ini pun memiliki judul yang sama dengan novelnya. Film ‘Eat, Pray, Love’ sangat populer pada tahun 2010.

Eat, Pray, Love menceritakan perjalanan hidup seorang novelis bernama Elizabeth Gilbert, dimana peran ini diperankan oleh Julia Robert.Elizabeth diceritakan berkelana ke beberapa negara dan salah satu negara yang Ia kunjungi adalah Indonesia. Tempat yang dipilih saat diIndonesia adalah Pulau Bali.

baca juga: Wisata Budaya Menyaksikan Kemegahan Pura Luhur Lempuyangan Bali

peramalan ketut liyer 2 1024x576 » Peramalan Ketut Liyer, Populer Berkat Film Hollywood Eat Pray Love

via YouTube

Berkat film ini yang menjadikan Bali sebagai salah satu lokasi syutingnya, Bali semakin terkenal dan diminati oleh wisatawan, terutama pada tempat-tempat atau objek wisata yang dikunjungi oleh tokoh Elizabeth.

Salah satu yang ikut populer karena ‘Eat, Pray, Love’ adalah Ketut Liyer. Ketut Liyer ini muncul dalam cerita di novel ini. Ketut Liyer merupakan seseorang yang meramal Elizabeth Gilbert dan mengajarkannya ilmu kebatinan. Namanya semakin terkenal ketika Eat, Pray, Love menjadi sebuah film.

baca juga: Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma, Wisata Budaya Gratis di Gianyar

Ketut Liyer juga merasa bersyukur karena berkat ramalannya pada Elizabeth Gilbert dapat mendatangkan rezeki untuk keluarganya.

Siapa Sih Ketut Liyer?

Ketut Liyer sendiri memang seorang dukun tradisional Bali. Para turis asing menyebut kakek yang satu ini sebagai ‘traditional healer’, sebuah istilah untuk orang-orang yang melakukan pengobatan secara tradisional, bagi orang Bali profesi ini disebut ‘balian’.

Berkat ketenaran film tersebut, rumah Ketut Liyer pun juga menjadi ramai dikunjungi banyak orang. Para wisatawan tersebut penasaran dan ingin mencoba diramal oleh Ketut Liyer. Setiap orang yang ingin diramalnya, pasti akan datang lebih awal. Rumah Ketut Liyer sendiri berada di Jalan Raya Pengosekan, Ubud.

baca juga: Desa Wisata Blimbingsari, Wisata Budaya Sekaligus Bukti Toleransi Beragama di Bali

Prosesi Peramalan Ketut Liyer

Ketut Liyer secara pribadi adalal orang yang ramah, jadi selama proses meramal akan terasa menyenangkan. Ketut Liyer akan memulai meramal para pasiennya dengan tutur lembutnya sambil mengajak bercanda.

Setelah itu wajah dari sang pasiennya akan ditilik, mulai dari alis, mata, hidung, hidung, bibir akan memaparkan kepribadian. Setelah itu beralih ke tangan. Garis-garis pada telapak tangan akan dijelaskan satu-persatu.

Kemudian beranjak ke bagian lengan, nadi, serta urat akan dibaca juga oleh beliau. Tidak hanya berhenti dari bagian tubuh itu saja. Beliau akan meminta pasiennya untuk berbalik badan dan memperlihatkan tengkuknya.

Menurutnya tengkuk dari manusia juga memiliki ciri khas dan hal itu dapat dijadikan bahan ramalannya. Bagian akhir dari sesi peramalan adalah bagian kaki. Kaki sang pasien akan beliau telusuri sambil mengingatkan agar berhati-hati selama di jalan.

Setiap sesi peramalan akan terasa hangat dan menyenangkan. Banyak nasehat juga diberikan oleh Ketut Liyer. Jadi para wisatawan yang mencoba keahliannya juga merasa senang dengan keramahannya. Meski beliau begitu terkenal, Ia tidak membeda-bedakan orang. Ketut Liyer mau menerima siapapun untuk Ia ramal.

Pastinya kehadiran dari Ketut Liyer ini menjadi penambah daya tarik bagi Pulau Bali. Selain keindahan alamnya yang dimiliki, Bali juga memiliki tokoh terkenal yang dapat didatangi. Jadi kesenangan yang ada di Bali tidak hanya karena objek wisata dan panorama yang indah.