Pilihan Oleh-Oleh dari Bali yang Gampang Dibawa dan Anti Remuk


Membeli oleh-oleh yang kemudian diberikan kepada teman atau saudara menjadi kebiasaan ketika bepergian, termasuk saat berlibur ke Bali. Hanya saja, problem yang sering muncul dan sangat mengganggu adalah karena sulitnya membawa oleh-oleh tersebut. Tak jarang, oleh-oleh dari Bali ternyata dalam kondisi rusak dan remuk ketika sampai di rumah.

Namun, tenang saja. Anda tidak perlu risau karena bentuk oleh-oleh yang tak lagi berwujud saat sampai di rumah. Pilihan oleh-oleh dari Bali yang bisa Anda berikan untuk teman dan saudara, kini sangat variatif. Alih-alih memilih oleh-oleh yang mudah remuk, Anda dapat menjumpai alternatif oleh-oleh yang gampang dibawa. Mau tahu apa saja jenis oleh-oleh yang mudah dibawa dan anti remuk tersebut?

1. Kopi

Oleh Oleh dari Bali 1 » Pilihan Oleh-Oleh dari Bali yang Gampang Dibawa dan Anti Remuk
via instagram.com/bima_suparta/

Industri kopi di Bali saat ini berkembang dengan sangat pesat. Anda dapat memilih untuk membeli kopi Kintamani yang terkenal memiliki cita rasa unik. Kopi ini mempunyai campuran rasa asam yang disertai dengan rasa buah jeruk. Apalagi, kopi ini biasanya ditanam secara bersebelahan dengan buah jeruk khas Kintamani. Kopi ini juga termasuk jenis kopi arabica yang punya kandungan kafein rendah.

Di Bali, Anda bisa menemukan banyak merek kopi kemasan yang menawarkan kualitas premium. Jenis kopi yang bisa didapatkan juga tidak hanya kopi kintamani. Anda dapat menjumpai pula kopi jenis lain, termasuk di antaranya adalah kopi robusta dengan tingkat kafein tinggi. Pilihan merek yang bisa dipertimbangkan di antaranya adalah Revolver Espresso, Black Eye Coffee, ataupun Bhineka Djaja.

2. Cokelat

Oleh Oleh dari Bali 2 » Pilihan Oleh-Oleh dari Bali yang Gampang Dibawa dan Anti Remuk
via instagram.com/ubudraw/

Selain kopi, Anda dapat pula memanfaatkan cokelat sebagai pilihan oleh-oleh anti remuk dari Bali. Seperti halnya kopi, cokelat merupakan jenis tanaman yang biasa ditanam di dataran tinggi. Anda pun dapat menemukan produk cokelat yang dibuat secara khusus menggunakan biji kakao yang berasal dari Pulau Bali. Cara membawa oleh-oleh ini juga mudah, karena tersedia dalam kemasan bubuk, batangan, atau permen.

Mengenai lokasi berburu oleh-oleh cokelat dari Bali, Anda bisa menjumpainya di berbagai lokasi. Pod Chocolate jadi produk cokelat yang terkenal, dan memiliki kafe yang berlokasi di Petang, Badung. Selain itu, Anda dapat pula mempertimbangkan untuk mencicipi dan membawa pulang cokelat dari Ubud Raw. Cokelat di sini dibuat dengan bahan campuran berupa kacang-kacangan serta goji berry.

3. Sambal kemasan

Oleh Oleh dari Bali 3 » Pilihan Oleh-Oleh dari Bali yang Gampang Dibawa dan Anti Remuk
via sribu.com/

Pertimbangan oleh-oleh dari Bali yang anti remuk selanjutnya adalah sambal kemasan. Anda bisa menemukan sambal khas Bali yang kini ditawarkan dalam kemasan yang modern. Salah satunya adalah Rasa Lokal yang menyediakan keripik dengan disertai sambal matah dalam kemasan. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan Sambal Bu Susan yang lokasi kedainya bisa dijumpai di Denpasar Utara. Lalu, ada pula alternatif Sambal Bu Emma yang bisa dibawa pulang.

4. Baju Bali

Oleh Oleh dari Bali 4 » Pilihan Oleh-Oleh dari Bali yang Gampang Dibawa dan Anti Remuk
via www.instagram.com/tropicakhasbali/

Selain membawa oleh-oleh dari Bali berupa makanan, tidak ada salahnya kalau Anda memilih untuk membawa baju Bali sebagai buah tangan. Baju Bali biasanya dibuat dengan motif yang mencolok dengan gambar bunga-bunga khas. Oleh-oleh jenis seperti ini sangat fungsional karena bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Pilihan model yang bisa dibeli juga variatif, dapat disesuaikan dengan selera.

Untuk membawa pulang oleh-oleh berupa baju khas Bali, Anda bisa menemukannya di berbagai tempat dengan mudah. Anda bisa menjumpai oleh-oleh ini di Krisna Pusat Oleh-Oleh, pasar-pasar tradisional yang kerap menjadi pusat berburu oleh-oleh, Hawai Oleh-Oleh, dan sebagainya.

Nah, itulah 4 pertimbangan oleh-oleh khas Bali yang bisa menjadi opsi buah tangan tanpa perlu ribet karena remuk dan sulit untuk bisa dibawa. Semoga bermanfaat, ya.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki